Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Berbisnis memang bukan perkara yang mudah, dibutuhkan keberanian untuk melangkah dan modal yang tidak sedikit. Pengorbanan yang sangat besar dari waktu sampai tenaga dan hasil yang tidak menentu, hal ini yang membuat banyak orang mundur dahulu sebelum memulai usaha.  

Padahal seperti yang kita ketahui, banyak pebisnis yang sekarang ini sudah besar sekarang ini juga memulai bisnisnya dari tempat yang kecil dengan modal seadanya juga. Bahkan sebagian memulainya benar-benar dari nol. Memang ada banyak resiko ketika awal merintis sebuah bisnis, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan dengan kerja keras yang tak kenal lelah maka semuanya akan terbayarkan dengan bisnis yang mulai berkembang hingga keuntungan yang terus meningkat. 

Bagi kamu yang akan memulai bisnis jangan merasa takut terlebih dahulu! Simak 10 cara memulai bisnis dari nol hingga berhasil berikut. 

1. Yakinkan Dirimu 

Mulailah untuk menetapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila kamu masih setengah hati saat merintis bisnis maka kamu akan sangat mudah untuk dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses justru kamu akan berhenti di tengah jalan. 

Kamu harus mulai untuk meyakinkan diri terlebih dahulu dan membuang jauh-jauh semua ketakutan akan kegagalan. Memulai bisnis dari nol memang rentan terhadap kegagalan, tapi bagi seorang pebisnis sejati pasti mampu bangkit dan belajar dari kegagalan. Jangan mencoba untuk berhenti dan mundur ketika tidak berjalan sesuai dengan rencana. 

2. Melakukan Riset Pasar 

Setelah memiliki keyakinan maka cara memulai bisnis dari nol selanjutnya adalah melakukan riset pasar, melalui riset pasar kamu akan mempelajari dinamika dalam berbisnis. Mulai dari target pasar, karakteristik calon customer sampai siapa yang akan menjadi kompetitor kamu bisa didapatkan dengan melakukan riset pasar yang matang. kamu bisa melakukan riset pasar melalui berbagai marketplace seperti Shopee dan Bukalapak.

Baca Juga : Pahami Cara Riset Produk Terlaris Untuk Mendominasi Market

Kamu tidak bisa memulai bisnis tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu, karena dengan melakuan riset pasar kamu akan lebih tau apa kekurangan dan celah yang dapat kamu manfaatkan. 

3. Tentukan Produk 

Menentukan produk juga merupakan salah satu cara yang cukup krusial, mengingat dalam bisnis kamu harus tau apa yang akan kamu jual kepada kosumen. Penentuan produk ini bisa kamu dapatkan setelah kamu melakukan riset pasar. Agar lebih kelihatan dominan dan berbeda dengan yang lain kamu bisa menjual produk yang unik dan banyak manfaat. 

Selain itu kamu juga bisa menjual produk yang kamu sukai atau kamu memiliki passion dengan itu. Selain karena kamu menyukainya, kedepannya kamu akan lebih bersemangat menghadapi berbagai tantangan dan rintangan sehingga akan lebih cepat dalam meraih kesuksesan. 

4. Persiapkan Modal 

Banyak orang takut untuk memulai bisnis karena mengira bisnis selalu menggunakan modal yang besar. Memang kebanyakan bisnis menggunakan modal besar, tapi tidak semua bisnis harus menggunakan modal besar untuk memulai. Jika kamu kesulitan perihal modal, kamu dapat memulainya dengan berbisnis kecil-kecilan atapun memanfaatkan social media terlebih dahulu. 

Catat semua apa yang akan dikeluarkan dan biaya yang dibutuhkan. Tekan juga pengeluaran yang akan digunakan supaya lebih hemat dan tidak terkesan membuang-buang biaya. Sebagai contoh, jika kamu masih mencoba-coba lebih baik memulai bisnis dengan menjadi dropshiper terlebih dahulu karena dengan itu kamu tidak perlu mempunyai stok barang sehingga dapat menekan pengeluaran. Hal itu akan terbayarkan dengan apa yang nantinya akan didapatkan. 

Baca Juga : Barang Impor dari China Ini Laku Keras di Indonesia

5. Persiapkan Model Bisnis 

Cara memulai bisnis dari nol selanjutnya yaitu mempersiapkan model bisnis. Dengan mempersiapkan model bisnis kamu akan tau mengenai gambaran bisnis yang akan kamu lakukan. Apakah kamu akan membuat dan memproduksi produk kamu sendiri ataukah menjadi distributor sehingga tidak perlu memproduksi produk sendiri. 

Jika kamu tidak ingin memproduksi sendiri maka kamu bisa memilih model bisnis menjadi distributor, kamu bisa memilih untuk menjadi distributor barang impor karena barang impor memiliki lebih banyak peminat dan harga yang lebih murah dari pasaran sehingga kamu dapat menjualnya kembali di masyarakat dengan harga pasaran.  

6. Pelajari Bisnis Plan dengan Baik 

Memulai usaha dari nol berarti perlu adanya perencanaan yang matang. Cara memulai bisnis yang tepat yaitu dengan mempelajari bisnis plan. Setiap perencanaan yang kamu buat dapat dituangkan ke dalam bisnis plan. Di dalam bisnis plan tersebut kamu dapat membuat rencana bisnis kamu dalam beberapa tahun ke depan, tujuan yang akan kamu raih dan bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk meraih tujuan tersebut. 

Bisnis plan sering dianggap sebagai faktor penting sebelum memulai bisnis dari nol. Karena memudahkan dalam proses pemodalan dan untuk menilai apakah bisnis yang akan kamu bangun memungkinkan untuk dimulai. 

Baca Juga : 6 Kesalahan dalam Berbisnis Online yang Harus Dihindari

Selain itu, dengan bisnis plan kamu juga dapat menggunakannya untuk meyakinkan investor supaya ikut andil dalam pengembangan serta pemodalan bisnismu. Buatlah visi misi yang jelas dan berbagai inovasi untuk memberikan kepercayaan terhada bisnismu tersebut. 

7. Fokus Pada Satu Target 

Memang mempunyai banyak lini bisnis akan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Disisi lain mempunyai banyak bisnis dapat merusak fokus yang berujung pada kerugian,. Jangan terlalu terburu-buru ingin menambah keuntungan. 

Akan tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa bisnismu telah benar-benar stabil, baik dari segi sdm, modal, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jika sudah stabil, rancang kembali rencana bisnis selanjutnya dan jangan lupa perlajari kembali bisnis selanjutnya yang akan kamu jalankan. 

8. Pelajari Strategi Bisnis 

Strategi bisnis sangat diperlukan jika kamu berniat memulai bisnis dari nol. Cara tersebut bisa menjadi cara memulai usaha yang menghasilkan keuntungan di jangka panjang. 

Strategi bisnis menjadi peran vital untuk mempertahankan bisnis ketika kondisi pasar dan bisnis sedang mengalami kesulitan baik dari segi internal maupun eksternal. Karena kamu akan memulai bisnis dari nol, maka kamu harus mempersiapkan strategi bisnis yang efektif. 

9. Tingkatkan Kualitas Diri 

Cara memulai bisnis dari nol tentunya tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Di dalam bisnis kamu dituntut untuk selalu belajar meningkatkan kualitas diri, karena di dalam bisnis kamu akan melakukan penjualan, pemasaran dan membangun networking, semua itu harus kamu kuasai. 

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Itulah sebabnya kamu harus terus meningkatkan kualitas diri melalui berbagai cara seperti mengikuti workshop,online course, maupun seminar. Kamu juga harus pelajari kiat sukses dari berbagai mentor yang telah berhasil mengembangkan bisnis mereka sampai dengan sukses.  

10. Evaluasi serta Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan 

Evaluasi menjadi salah satu cara memulai bisnis dari nol yang tidak boleh kamu lewatkan. Melalui evaluasi setiap kesalahan akan dapat dengan mudah untuk diperbaiki. Setiap pebisnis yang baru merintis bisnis tak terlepas dari kesalahan. Maka dari itu evaluasi membantu untuk terus memperbaiki bisnis dalam setiap aspek yang dilakukan. 

Kualitas produk dan layanan juga tak terlepas dari evaluasi, selalu berinovasi serta melakukan dengan semaksimal mungkin terhadap produk dan konsumen. Berikan pelayanan yang terbaik supaya kosumen kamu menjadi lebih betah berlama-lama dengan kamu dan mempercayakan pilihan mereka pada bisnis yang kamu mulai dari nol. 

Itulah beberapa cara memulai bisnis dari nol yang akan membantu kamu dalam merintis bisnis sendiri. Nah buat kamu yang ingin membangun bisnis sendiri tapi masih bingung dan kesulitan kamu bisa mencoba bisnis impor yang ditawarkan oleh AsiaCommerce. 

Bersama AsiaCommerce kamu akan mendapatkan tips dan trik dalam membangun dan mengembangan bisnismu. Tak hanya sampai disitu saja, kamu juga akan diberikan berbagai pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. 

Yuk tunggu apalagi! mulai bisnismu bersama AsiaCommerce, untuk informasi lebih lanjut langsung saja klik disini sekarang juga! 

 

–