Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Pernah nggak sih kamu merasa ingin mendapatkan tambahan penghasilan di luar gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya ? 

Jika iya, inilah saat yang tepat buat kamu! Menjalankan usaha sambil mempertahankan pekerjaan di perusahaan merupakan impian dari sebagian besar orang. Di masa sekarang ini jika hanya bergantung pada gaji saja tidaklah cukup. Banyak orang mulai menjalankan usaha sampingan dari rumah yang menghasilkan keuntungan menjanjikan.

berikut ini AsiaCommerce memberikan beberapa ide usaha sampingan  untuk karyawan tanpa perlu meninggalkan pekerjaan yang dapat menjadi refrensi untuk kamu.

Hasil yang didapatkan dari usaha sampingan dapat kamu jadikan tabungan atau untuk memenuhi kebutuhan lain.  

Manfaat Menjalankan Usaha Sampingan

1. Prospek dimasa Depan yang Lebih Luas 

Keuntungan membangun usaha sampingan ketika masih berstatus menjadi karyawan yaitu prospek yang luas dan matang di masa depan. Usaha sampingan merupakan aset yang sangat berharga yang memiliki keberlangsungan jangka panjang.  

Ketika usaha sampingan yang kamu jalani berjalan lancar, maka kamu tidak perlu khawatir jika nantinya kamu mengajukan resign ataupun terkena korban phk. Prospek lain, kamu berpotensi mengembangkan usahamu menjadi usaha yang lebih besar lagi ke depannya. 

2. Potensi Lemah Finansial Dapat di Minimalisir 

Keadaan finansial yang lemah dan tidak stabil di masa mendatang merupakan hal yang bisa dikatakan lumrah dan kebanyakan di alami oleh pekerja buruh, karena terlalu menggantungan hidup pada gaji karyawan yang didapatkannya.  

Dengan adanya usaha sampingan tentunya bisa dijadikan sumber penghasilan ke-2 setelah pekerjaan utama. Tentunya potensi ketidakstabilan dalam finansial dapat diminimalisir dengan cukup baik mulai dari sekarang. 

3. Membangun Ketrampilan Berusaha Sejak Dini 

Bekerja sebagai karyawan tentunya terbatas usia, semakin tua usia mu maka produktifitas pekerjaanmu akan menurun dan semakin sedikit peluang untukmu bekerja. Di sinilah kamu harus menyusun rencana baru unutuk mempersiapkan masa tua mu nanti. 

Dengan membangun usaha sampingan kamu secara tidak langsung membangun ketrampilan berusahamu sejak dini. Tentunya hal ini mulai dilakukan sejak awal, bukan malah ketika kamu sudah tidak bekerja sebagai karyawan lagi. 

4. Berpotensi Menjadi Pengusaha Besar 

Sekecil apapun usaha yang sedang kamu jalani selama menjadi karyawan, setidaknya itu menjadi modal awal sebelum kamu berusaha untuk mengembangkannya menjadi lebih besar. Membangun usaha berarti juga membangun diri untuk memahami ekonomi dan keuangan. 

Secara tidak langsung kamu akan mendapat banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran untuk lebih memahami potensi diri serta strategi bagaimana cara menjadi pengusaha besar. 

10 Ide Usaha Sampingan Tanpa Tinggalkan Pekerjaan

Supaya pemasukan yang kamu dapatkan semakin banyak, berikut ide usaha sampingan yang dapat kamu jalankan. 

Baca Juga : Barang Impor dari China Ini Laku Keras di Indonesia

1. Membuka Usaha Makanan Ringan 

Ide usaha sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan yang pertama adalah dengan membuka usaha makanan ringan atau camilan. Makanan ringan banyak dicari dan disukai orang untuk mengganjal perut di sela-sela jam kerja maupun ketika sedang bersantai. Berbagai macam makanan ringan seperti gorengan, roti, hingga snack. 

Untuk mulai membuka usaha ini tidaklah sulit, kamu bisa awali dengan menawarkan kepada pada teman atau rekan kerja di kantormu. Modal yang digunakannya pun tidak harus besar, kamu bisa mulai dengan menjual makanan buatanmu sendiri maupun snack dengan harga yang cukup murah. Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu waktu kerjamu. 

2. Membuka Usaha Makanan Siap Saji 

Ide usaha sampingan selanjutnya adalah membuka usaha makanan siap saji. Bagi kamu yang bekerja kantoran pasti seringkali dipenuhi berbagai kesibukan, sehingga kamu tidak sempat untuk memasak dan terus menerus membeli makanan cepat saji yang kurang baik bagi tubuhmu kedepannya. 

Dengan membuka usaha makanan siap saji kamu dapat menawarkan berbagai masakan rumahan khas indonesia yang banyak diminati, seperti rendang, gado-gado, ayam geprek, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga dapat menawarkan berbagai macam sambal yang sangat diminati oleh masyarakat seperti sambal roa, sambah matah, hingga sambal cumi. 

Kamu dapat memulainya dengan menerapkan sistem pre-order terlebih dahulu, dimana kamu dapat menawarkan kepada rekan kerjamu yang ada. Lalu ketika pesanan telah terkumpul, kamu dapat mulai memasaknya sesuai dengan varian masakan yang telah dipesan. 

3. Menjual Stok Foto 

Bagi kamu yang gemar dengan fotografi, menjual hasil jepretanmu di situs penyedia stok dapat menjadi salah satu pilihan. Selain karena mudah dan tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal cukup menggunakan smart phone yang kamu miliki sudah bisa menjualnya di beberapa situs penyedia stok foto. 

Ada berbagai situs stok foto yang dapat kamu gunakan untuk menjual foto, salah satunya adalah Shutterstock. Di sana kamu dapat mengajukan diri sebagai kontributor lalu mulai menjual foto. Kamu dapat menjual foto berupa gambar alam, orang, atau foto barang yang ada di sekitarmu. 

Baca Juga : Cara Mengurus Barang yang Tertahan di Bea Cukai

4. FB/IG Ads Advertiser

 

Ide usaha sampingan berikutnya yaitu menjadi FB/IG Ads Advertiser. Saat ini digital marketing sangat penting dalam bisnis ataupun usaha, khususnya dalam periklanan. Sayangnya sedikit sekali orang yang memiliki kemampuan untuk beriklan di facebook maupun instagram. 

Ini merupakan kesempatan bagi kamu yang memiliki keahlian tersebut untuk membuka usaha sampingan melalui FB/IG Ads Advertiser. Hanya dengan mengandalkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan FB/IG Ads kamu bisa mendapat keuntungan dengan memasang iklan orang lain 

5. Developer Aplikasi 

Teknologi semakin berkembang dengan sangat pesat, sehingga membuka peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Salah satunya adalah jasa pembuatan aplikasi. Jika kamu memiliki skill dan kemampuan di bidang pemrograman, coba untuk memanfaatkannya menjadi usaha sampingan . 

Saat ini banyak sekali perusahaan dan bisnis yang membutuhkan aplikasi akan tetapi tidak punya keahlian untuk membuatnya, sehingga berpeluang sangat besar bagi kamu untuk menjadikannya usaha sampingan. 

6. Affiliator 

Ide usaha sampingan selanjutnya yaitu affiliator, merupakan orang yang bertugas mencari banyak pengunjung ataupun pengguna website merchant melalui kode referal. Jika ada orang yang melakukan transaksi melalui link yang telah diberikan maka kamu akan mendapat komisi. 

Usaha ini merupakan salah satu usaha sampingan dengan modal yang bisa dikatakan kecil, karena sebagian besar media promosi telah di sediakan oleh merchant. 

7. SEO  

Ide usaha sampingan berikutnya adalah menjadi SEO spesialis. Di era digital ini bidang SEO semakin populer terlebih karena jutaan website berlomba-lomba untuk dapat menduduki peringkat pertama di halaman mesin pencarian google, maka tak heran banyak perusahaan yang mencari SEO spesialis.  

Baca Juga : Untung Menjanjikan! Ini Dia 8 Bisnis Tanpa Modal Dan Tips Memulainya

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang SEO inilah kesempatanmu untuk menjadikannya usaha sampingan yang dapat meningkatkan pendapatanmu. 

8. Freelance Guru 

Jika kamu suka mengajar, menjadi freelance guru merupakan salah satu ide usaha sampingan yang dapat kamu jalani. Untuk menjadi freelance guru sendiri, kamu perlu dahulu untuk menguasai beberapa mata pelajaran tertentu seperti bahasa inggris dan matematika yang banyak orang kesulitan menguasainya. 

Selanjutnya kamu dapat menawarkannya kepada orang-orang disekitarmu maupun teman kantormu yang telah memiliki anak yang bersekolah dan mencari guru pengajar. Apalagi ditengah masa pandemi seperti ini kamu tidak perlu berpindah-pindah tempat dan mengeluarkan biaya, karena kamu dapat melakukannya secara online sehingga waktu yang kamu miliki menjadi lebih efisien. 

9. Membuat Toko Online 

Kebiasaan belanja online semakin lama semakin meningkat, tak heran membuat toko online juga dapat menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Terlebih saat ini banyak orang yang lebih memilih belanja online alih-alih pergi ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. 

Untuk mempermudah kamu, saat ini banyak sekali e-commerce ataupun marketplace yang dapat digunakan untuk memulai usaha toko online sendiri, seperti shopee, bukalapak dan lain sebagainya. Kamu dapat menjual berbagai macam jenis prduk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari makanan, pakaian, sampai keperluan sehari-hari. 

Baca Juga : 10 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

10. Reseller 

Ide usaha sampingan terakhir yang bisa kamu jalankan yaitu menjadi reseller produk online yang dapat kamu lakukan melalui internet dan smartphone yang kamu miliki. Untuk menjadi reseller kamu harus mempunyai kemampuan untuk memasarkan produk kepada orang lain. 

Usaha sampingan ini dapat menjadi pilihan yang tepat, karena kamu tidak perlu mempunyai stok barang yang menumpuk, hanya perlu membeli barang sesuai dengan kebutuhan saja. Modal yang digunakan pun tidak terlalu tinggi, kamu bisa memulai dengan jumlah yang sedikit dahulu, kemudian jika memang peminat dan permintaan pasarnya tinggi kamu bisa melakukan pemesanan produk tersebut kembali kepada supplier. 

Dengan menjadi reseller kamu bisa mengurangi modal untuk biaya produksi, sehingga lebih menghemat pengeluaran. Kemudian pada umumnya pembelian dalam jumlah besar, supplier akan memberikan diskon potongan harga sehingga kamu akan mendapat keuntungan besar. Sama halnya dengan gabung reseller di Asiacommerce, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari pelayanan sampai pemilihan produk yang akan kamu jual. 

Itulah 10 ide usaha sampingan tanpa perlu tinggalkan pekerjaan. Buat kamu yang berminat ingin menjadi reseller dan mulai berjualan kamu dapat klik disini atau banner yang ada dibawah.