Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Punya strategi promosi yang efektif itu penting untuk apapun usaha yang Anda tekuni saat ini. Jika orang-orang diluar sana tidak pernah mendengar eksistensi brand Anda, maka pelanggan tidak akan tahu juga penawaran yang usaha Anda kasih. Inilah kenapa, punya strategi promosi yang keren bakal ngasih dampak yang krusial juga untuk profit bisnis Anda. Beberapa perusahaan pastinya gak cuman menerapkan satu strategi saja, melainkan lebih dari itu. Mereka menggunakan berbagai metode marketing dan tujuannya. Mau usaha Anda menawarkan produk atau jasa, serangkaian strategi promosi yang kuat bisa membantu perusahaan Anda dekat dengan untung dan juga kesempatan lainnya.

Well, promosi sendiri disebut Harper W Boyd sebagai cara membujuk orang lain agar menerima suatu gagasan atau produk. Kalau Philip Kotler mengatakan promosi merupakan strategi komunikasi dengan pasar. Konklusinya, promosi merupakan upaya dalam memasarkan produk dengan cara komunikasi persuasive sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor.

Nah, sekarang sudah paham kan mengapa menerapkan strategi promosi dalam memasarkan produk, bukan lagi penting: tapi krusial. Lalu, apa saja yang bisa diterapkan dalam strategi-strateginya? AsiaCommerce udah rangkumin buat Ascomers!

Baca juga: Segmentation, Targeting, Positioning sebagai Strategi Marketing Produk

  1. Adakan giveaway challenge

Siapa yang gak suka hadiah cuma-cuma? Ya, cara ini mungkin hampir diterapkan oleh semua perusahaan. Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan budget yang besar, cukup memberikan sedikit challenge untuk para audiens kalian lakukan, supaya brand Anda bisa semakin luas dikenal masyarakat.

Hal ini dilakukan karena setiap orang sebetulnya punya pengaruhnya masing-masing, entah besar atau kecil, bisa banget berpengaruh ke performa penjualan Anda sekaligus mengenalkan keberadaan brand Anda di masyarakat. Jangan lupa, agar memberi apresiasi kepada orang-orang yang sudah mengikuti challenge nya dengan baik dan trigger mereka dengan giveaway challenge selanjutnya.

2. Flash sale

Flash sale dianggap menarik akhir-akhir ini karena orang-orang yang bisa mendapatkan harga sebuah produk yang lebih terjangkau dari harga aslinya. Selain itu, ini akan membuat orang-orang yang melihat tawaran tersebut akan mendesak orang untuk segera melakukan transaksi.

Flash sale bisa Anda terapkan dengan rentang waktu saat akhir bulan, saat orang-orang mendapatkan gaji mereka atau 24 jam, agar urgensi yang mereka pikirkan lebih terbatas lagi. Ini bukan strategi yang “kotor”, tapi, inilah strategi pemasaran. Dan cara ini juga bisa efektif loh buat Anda yang memang sedang mempromosikan produk baru. Sehingga, promosi ini bisa jadi pertimbangan pelanggan dalam memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Ada banyak flash sale di GroupBuy di AsiaCommerce App dengan berbagai penawaran dari barang-barang yang tentunya Anda worth to buy!

3. Promosi dengan harga “spesial”

Strategi ini memang mirip-mirip dengan diskon, tapi nyatanya, orang lebih tertarik dengan embel “Special Prices”. Karena, balik lagi, Anda dituntut untuk memberikan rentang yang berlaku untuk harga tersebut, agar pelanggan Anda nantinya “aware” kapan mereka bisa beli produk tersebut.

Semisal, Anda menjual produk tas kulit yang dijual dengan harga normal sebesar Rp. 250.000. Namun, jika Anda beri “embel-embel” ada harga spesialnya, Anda bisa menjual produk tersebut lebih murah lagi, Rp. 180.000. Anda beri jangka waktu deh berapa lama harga tersebut bisa pelanggan dapatkan.

4. Gratis ongkir!

Jenius bukan? Kasih penawaran gratis ongkir tak akan lekang oleh waktu. Indonesia negara yang berpulau dan luas, maka penawaran ini tentunya akan menarik perhatian siapapun yang mendengarnya. Terutama, bagi Anda yang berbisnis secara online, entah melalui media sosial, marketplace, dsb.

Tapi, kok bisa ya tawaran ini gak bikin kita rugi? Ya, karena dengan menerapkan tawaran ini, pelanggan Anda justru akan termotivasi untuk membeli produk dalam jumlah yang banyak. Karena, mereka akan berpikir “mumpung gratis ongkir, mending belinya sekalian”. Nah, loh, siapa yang gitu juga?

5. Tawaran untuk pelanggan yang sudah loyal

Bagi pelanggan Anda yang sudah meluangkan pengeluarannya untuk usaha kita dalam jangka waktu yang sering, alangkah baiknya kita beri program khusus untuk mereka. Seperti, tawaran membership yang bisa mereka gunakan agar pembelian mereka bisa kasih keuntungan balik ke mereka.

Tawaran berbagai kelas membership juga akan memancing loyalitas pelanggan baru. Sebagai pebisnis, sudah sepatutnya Anda juga memerhatikan diperlakukan secara “ekstra” agar para pelanggan Anda dapat bertahan lebih lama. Dengan begitu, brand Anda bisa tumbuh besar secara organik, dengan cara menyebarluaskan informasi brand Anda ke orang-orang terdekatnya pelanggan Anda.

Baca juga: Marketing Mulut ke Mulut? Nih Strateginya!

Solusi Bisnis Online Anda dengan Fulfillment dan Marketplace Distribution AsiaCommerce

Nah, setelah memahami berbagai strategi promosi yang tak lekang oleh waktu dan zaman, semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnisnya, ya! Tapi, tahu gak sih? Untuk mempermudah itu semua, Anda bisa lho fokus terhadap strategi tersebut tanpa pusingin prosedur produk atau jasa yang Anda jual. Tenang, ada jasa fulfillment dan marketplace distribution solution untuk Anda dari AsiaCommerce.

Melalui jasa Fulfillment, AsiaCommerce akan memberikan fasilitas berupa storage untuk penyimpanan barang serta membantu untuk pendistribusian barang melalui e-commerce ternama di Indonesia dengan menggunakan sistem warehouse ter-update. Pastinya, jasa AsiaCommerce akan selalu memberikan end-to-end solutions untuk Anda.

Selain itu, keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni seperti jasa packing dengan material packaging, proses pengiriman orderan yang gesit dan cepat. Serta, fasilitas warehouse keren yang disediakan AsiaCommerce yang membuat bisnis Anda akan berjalan semakin efektif dan berkembang. Terlebih lagi, warehouse kita sudah tersebar di berbagai negara.

Yuk, ringankan beban Anda dan perbanyak waktu untuk mengembangkan bisnis sekarang juga! Caranya gampang, cukup dengan satu klik pada link ini. Lalu Anda tinggal mengisi form sesuai kebutuhan. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi Anda!