Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, sangatlah penting bagi kita untuk merumuskan strategi bisnis sejak awal. Karena tanpa strategi bisnis, bisnis yang kita jalani akan kurang terstruktur, sehingga kita tidak bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Strategi Bisnis sendiri adalah komitmen perusahaan untuk membuat kebijakan dan langkah-langkah yang terstruktur dan terencana sehingga tujuan dalam bisnis dapat tercapai. Strategi bisnis memungkinkan perusahaan untuk menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan, dan sebagainya.

Di era digital yang terus berkembang, strategi bisnis tentunya akan mengikuti perkembangan zaman. Adaptasi tersebut diperlukan guna membuat perusahaan tetap berjalan sesuai dengan permintaan pasar. Lantas, apa saja kira-kira strategi bisnis yang paling efektif di era digital saat ini? Kami akan mengulasnya untukmu, mari simak ulasannya di bawah ini.

Prinsip Strategi Bisnis

strategi bisnis

Dalam menentukan strategi bisnis, tentunya kamu tidak boleh asal-asalan. Ada prinsip-prinsip yang harus kamu ketahui sehingga kamu bisa menentukan strategi bisnis dengan lebih terstruktur. Inilah beberapa prinsip strategi bisnis yang bisa kamu terapkan:

1. Berdasarkan Data

Dalam menentukan strategi bisnis, strategi tidak boleh hanya didasarkan pada naluri, perkiraan, maupun asumsi. Kamu membutuhkan data yang akurat sebagai dasarnya. Untuk mendapatkan data tersebut, kamu perlu melakukan penelitian atau riset yang nantinya harus dianalisa. Dengan data tersebut, kamu dapat mengambil langkah yang tepat untuk mencapai tujuan bisnismu. 

Penelitian dan analisis data dapat dilakukan dengan menggabungkan data tentang pola perilaku konsumen, kebutuhan dan keinginan konsumen, serta fluktuasi penjualan dan keluhan tentang produk. Data-data tersebut tentunya akan dapat membantu kamu membuat keputusan terkait kelangsungan bisnis, peningkatan penjualan, demi mencapai keuntungan yang maksimal.

2. Pendekatan Bisnis yang Tepat

Untuk dapat memutuskan strategi mana yang akan diterapkan, kamu perlu memberikan pendekatan terlebih dahulu. Pastikan pendekatan yang dijalankan tepat untuk bisnis yang kamu jalankan. Ada beberapa  pendekatan yang bisa kamu lakukan. Metode ini meliputi: 

  • Analisis SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timed). Tujuannya adalah untuk menguji dan mengetahui nilai ideal sebuah aktivitas. Dari sana, nilai ideal suatu kegiatan dapat ditemukan dalam bentuk analisis SMART yang mencakup peningkatan aktivitas, atau kegiatan.
  • Analisis SWOT dapat membantu menyelesaikan masalah dengan mengevaluasi rencana yang akan dijalankan. Rahasianya adalah membandingkan faktor internal (strength and weakness) dengan faktor eksternal (threat and opportunity.).
  • Teori Optimasi, untuk menilai kondisi dan keterbatasan saat ini. Penilaian didasarkan pada infrastruktur, staf, peralatan, dan anggaran.

3. Menentukan Strategi dengan Spesifik

Dengan mengetahui hasil dari data riset kamu, kamu bisa membuat strategi yang lebih detail atau spesifik. Lakukan perincian untuk mengkategorikan strategi berdasarkan tiap bidang dalam perusahaan. Tidak hanya untuk perusahaan besar, tetapi juga untuk perusahaan yang masih kecil.

Tujuannya adalah untuk memudahkan rencana penerapan strategi di perusahaan. Sebab setiap bidang pasti memerlukan strategi yang berbeda.

4. Evaluasi

Ingatlah untuk memantau dan mengevaluasi setelah menerapkan suatu strategi bisnis. Dengan cara ini, kamu dapat dengan cepat menilai apakah strategi tersebut cocok untuk diterapkan atau tidak. Jika cocok, tentunya strategi tersebut bisa terus dikembangkan, namun jika tidak, sebaiknya untuk mengganti strategi yang lebih efektif.

Pemantauan dan evaluasi dapat membantu kamu mengidentifikasi ancaman bisnis yang memerlukan tindakan segera. Selain itu, peluang bisnis akan lebih mudah diidentifikasi dan dimanfaatkan.

Strategi Bisnis di Era Digital

1. Membuat Website

Membuat website bagi suatu perusahaan merupakan strategi bisnis yang paling penting dalam menjalankan suatu bisnis. Pasalnya, dengan adanya website, konsumen dapat mengetahui keaslian suatu perusahaan begitupun dengan kredibilitasnya. Dengan adanya website juga, konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai perusahaan dan produk/jasa yang kamu jual.

Tentunya, website tidak bisa asal buat begitu saja. Kamu harus memilih desain atau tema website yang sesuai dengan ciri khas perusahaanmu. Jika website sudah dibuat dengan baik, jangan lupa untuk terus mengelolanya dengan membuat artikel-artikel, informasi events, update produk, dan lain-lain.

2. Daftar Google Bisnisku

Google memiliki fitur yang disebut Google Bisnisku atau My Business. Fitur ini menampilkan informasi lengkap tentang perusahaan kamu setiap kali seseorang mencari nama perusahaan kamu sebagai kata kunci pencarian di Google

Nantinya, orang tersebut akan melihat nomor telepon, email, alamat perusahaan, jam kerja perusahaan begitupun dengan ulasan pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Selain itu, jika orang yang mencari sudah terdaftar dengan Google Maps, mereka bisa menemukan perusahaanmu dengan mudah.

Google Bisnisku tentunya sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan adanya profil bisnismu di Google, orang-orang bisa menilai dan melihat profesionalitas serta kredibilitas perusahaanmu.

3. Content Marketing

Dalam content marketing, konten yang dimaksud mencakup berbagai media, termasuk tulisan, audio, dan video. Selain itu, beberapa hal yang termasuk content marketing yaitu membuat artikel untuk blog, buletin email, posting media sosial, serta konten untuk halaman situs web.

Saat ini, sudah banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Contohnya yang sedang populer saat ini yaitu Tiktok, Instagram, dan YouTube. Dengan banyaknya audiens yang ada di platform tersebut, kamu harus membuat konten yang kreatif dan menarik sehingga orang-orang bisa mengenal perusahaanmu dan mengetahui lebih dalam akan produk yang kamu jual.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization adalah metode yang memungkinkan situs web kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian online. Alasan utama seseorang menggunakan SEO adalah untuk meningkatkan eksposur situs web mereka di hasil pencarian. Hal ini dikarenakan banyak konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk dan layanan yang mereka butuhkan.

Diperlukan strategi khusus agar website kamu bisa muncul di halaman pertama. Dari banyaknya situs website, tentunya tidak mudah untuk berada di posisi tersebut. Kamu harus bisa memastikan bahwa konten-konten yang kamu buat berkualitas dan bermanfaat. Promosi juga harus senantiasa dilakukan, agar orang-orang bisa menemukan situsmu dan peringkatmu di situs pencarian menjadi naik.

5. Social Media Marketing

Sama halnya dengan content marketing, dalam strategi bisnis ini kamu dapat memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan bisnismu. Hal-hal yang dapat dilakukan contohnya yaitu dengan memposting konten yang berhubungan dengan perusahaanmu, juga berinteraksi dengan audiens melalui kolom komentar. Beberapa sosial media juga memiliki fitur Shop yang memudahkan audiens untuk membeli produkmu langsung dari sana.

6. Email Marketing

Untuk memulai strategi bisnis email marketing, kamu perlu membuat daftar email untuk para calon pelanggan. Untuk melakukan ini, kamu dapat  menampilkan formulir call-to-action (CTA) di situs web perusahaan kamu di mana pengunjung dapat memasukkan alamat email mereka.

Jika sudah terbentuk daftar email dari beberapa pengunjung, kamu dapat mengirimkan email secara berkala, yang isinya dapat berupa newsletter, e-book gratis, atau promosi yang terkait dengan produkmu.

7. Undian Berhadiah atau Giveaway

Undian berhadiah atau giveaway sudah marak dilakukan sebagai strategi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih banyak. Hadiah atau produk gratis tentunya akan sangat diminati oleh orang-orang sehingga perusahaanmu bisa lebih dikenal melalui strategi ini.

Harus dipastikan kamu menyelenggarakan undian/giveaway dengan baik, agar bisa menumbuhkan kepercayaan orang-orang. Jika ternyata ketahuan bermasalah, yang ada hal itu malah menurunkan reputasi perusahaanmu.

Itulah strategi bisnis yang bisa kamu terapkan di era digital saat ini. Hal tersebut penting sekali untuk diperhatikan agar bisnismu tetap bisa bersaing dengan begitu banyak bisnis lainnya di luar sana. Selain strategi yang telah disebutkan, kamu juga bisa meningkatkan penjualanmu dengan menggunakan jasa dari AsiaCommerce. Kami dapat membantumu meningkatkan revenue penjualanmu di marketplace dan memberi edukasi cara berjualan untuk produk bisnismu. Segeralah bergabung bersama kami dengan klik di sini atau pada gambar di bawah ini.