Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Dengan pesatnya tren penjualan saat ini, suatu perusahaan atau pebisnis yang bergelut di dunia e-commerce pasti sudah paham bahwa mereka butuh tenaga ekstra dalam mencari strategi bisnis yang tepat, mengumpulkan pelanggan, mengatur stok barang, hingga mengelola pengiriman pesanan dalam satu waktu. Lalu, apakah ada solusi untuk mempermudah masalah tersebut? Jawabannya adalah jasa fulfillment. Jasa fulfillment ini merupakan solusi yang bisa mempermudah Anda dalam berjualan. Kenapa bisa begitu?

Sebelum bahas apa itu jasa fulfillment, e-commerce nyatanya memiliki dampak yang cukup besar dalam tren penjualan di era globalisasi masa kini. E-commerce merupakan solusi yang dinilai efisien, karena dalam hal ini, pemasaran dalam sebuah media internet dapat membentuk komunitas maupun jaringan sosial di dalam konsumen yang ingin membeli produk pada sebuah perusahaan. Hal ini dapat menciptakan suatu metode baru dalam sistem pemasaran pada konsumen yang loyal terhadap brand dari sebuah produk, di mana sebuah brand produk akan menciptakan sebuah image terhadap konsumen.

Jadi, sebenarnya, apa itu jasa Fulfillment?

Jadi fulfillment adalah pemenuhan proses penjualan sehingga dapat meraih kepuasan bersama. Secara sederhana, pebisnis dapat menempatkan stok mereka di gudang ‘bersama’ sehingga pebisnis hanya perlu fokus pada penjualan saja. Untuk sisa prosesnya, seperti pemilahan barang, pengemasan, hingga pengiriman via kurir ekspedisi merupakan tanggung jawab si fulfillment center atau jasa fulfillment. Jadi, pebisnis tinggal monitoring dan menunggu order-an masuk.

Model gudang bersama ini sebetulnya diinisiasikan oleh Amazon pada tahun 1997 dengan konsep warehouse. Yakni pada saat perusahaan milik Jeff Bezos pertama kali membangun pusat gudang bersama di Seattle dan Delaware. Dari kedua gudang tersebut lah, sekarang Amazon sudah memiliki 1446 gudang di berbagai negara belahan dunia. Nah, mulai tahun 1999, warehouse yang dialihfungsikan sebagai fulfillment center yang dilengkapi dengan sistem terintegrasi serta fasilitas memadai dalam pengadaan proses supply-chain e-commerce.

Baca juga: Apa Sih Keuntungan Jasa “Fulfillment”?

Lalu, Bagaimana Cara Kerjanya?

  1. Penyimpanan barang di gudang (Storing)

Fulfillment center tentu memiliki gudang yang berkapasitas besar dan fasilitas yang terintegrasi antara satu sama lain. Maka dari itu, barang-barang nantinya tidak hanya disimpan, tetapi akan disimpan secara aman sebagaimana mestinya untuk setiap kategori produk.

2. Manajemen Inventaris (Inventory Management)

Manajemen ini berfungsi dalam mengatur jumlah stok barang sampai mencatat barang yang masuk dan keluar. Manajemen inventaris ini juga didukung dengan teknologi sistem ERP (Enterprise resource planning), sehingga stok pun dapat di-update secara berkala.

3. Pengambilan dan Pengemasan (Picking and Packing)

Jika ada kostumer yang membeli, nantinya barang tersebut akan mulai dikemas sebelum akhirnya dikirimkan. Proses ini merupakan faktor penting, karena barang harus sampai di tangan pelanggan dengan aman. Maka dari itulah, fulfillment center mengalokasikan sumber daya khusus dalam menangani proses ini, agar barang dapat diambil dan dikemas secara tepat.

4. Pengiriman (Shipping)

Dalam tahap ini, pelanggan tentunya akan memilih pengiriman yang berbeda-beda. Maka, pihak fulfillment center nantinya akan kembali memilah barang pesanan sesuai permintaan para pelanggan. Bagaimana jika terjadi pengembalian barang (retur)? Tenang, pihak fulfillment center juga akan mengatasi masalah tersebut.

Jadi, memanfaatkan jasa fulfillment center merupakan pilihan yang bisa menjadi investasi dalam upaya mengembangkan usaha e-commerce Anda. Fulfillment center memberikan solusi bagi para pebisnis maupun pengusaha dalam efektivitas waktu dan tenaga dalam memproses banyaknya permintaan pelanggan. Sementara itu, penjual dapat berfokus dalam mengembangkan strategi marketing tanpa khawatir proser pemenuhan order dari kostumer.

Solusi Bisnis Online dengan Marketplace Distribution dan Fulfillment

Melalui jasa Fulfillment, AsiaCommerce akan memberikan fasilitas berupa storage untuk penyimpanan barang serta membantu untuk pendistribusian barang melalui e-commerce ternama di Indonesia dengan menggunakan sistem warehouse ter-update. Pastinya, jasa AsiaCommerce akan selalu memberikan end-to-end solutions untuk Anda.

Selain itu, keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni seperti jasa packing dengan material packaging, proses pengiriman orderan yang gesit dan cepat. Serta, fasilitas warehouse keren yang disediakan AsiaCommerce yang membuat bisnis Anda akan berjalan semakin efektif dan berkembang. Terlebih lagi, warehouse kita sudah tersebar di berbagai negara.

Yuk, ringankan beban Anda dan perbanyak waktu untuk mengembangkan bisnis sekarang juga! Caranya gampang, cukup dengan satu klik pada link ini. Lalu Anda tinggal mengisi form sesuai kebutuhan. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi Anda.