Dalam dunia usaha, salah satu hal yang paling penting adalah menentukan market usaha mu dan produk yang tepat. Usaha yang tidak terfokus pada sebuah market tidak akan bisa bertumbuh dengan baik. Menemukan produk atau fokus utama untuk usaha mu akan membantu kesuksesan bisnis mu dan kamu akan lebih menikmati menjalankan usaha mu. Menentukan market yang sesuai sangat penting di usaha seperti ekspor-impor, reseller, dropshipping, online shop, dan lain-lain. Ini karena jika kita sudah memiliki market dan customer base yang jelas, beberapa resiko dan masalah bisa dihindari. Jika sebuah usaha tidak memiliki market dan focus yang jelas, maka planning akan lebih susah dan pertumbuhan tidak akan maksimal.

Berdasarkan Forbes, ada 5 langkah yang paling tepat untuk membantu mu menemukan market untuk usaha mu atau juga bisa dibilang Niche. Langkah-langkah ini tepat untuk kalian yang mau membangun usaha ataupun mencari produk baru untuk usahamu.

1. Pilih bidang yang bisa menjadi market melalui evaluasi passion mu dan riset

Langkah pertama yang paling gampang adalah melihat diri mu sendiri. Lebih tepatnya, keahlian dan kesukaan mu. Jika kamu menyukai sebuah hal, kamu akan memiliki lebih banyak pengetahuan mengenai bidang itu. Ketika melakukan bisnis di bidang yang kamu sukai, melakukan pekerjaannya akan jauh lebih menyenangkan dan ringan. Sebuah market atau bidang biasanya memiliki komunitas dan jika kamu sudah menjadi bagian dari sebuah komunitas maka itu akan menjadi competitive advantage untuk mu.

Melalui evaluasi passion dan keahlianmu, kamu bisa menemukan hal hal lain yang berhubungan dengan passion mu yang bisa menjadi market mu. Ini akan sangat membantu dalam proses mencari market atau fokus usaha. Segala proses akan lebih gampang jika kita sudah memiliki arah. Research juga akan lebih mudah jika kita sudah menetapkan general direction.

2. Cari tahu apakah market mu mempunyai demand dan potensi

Ketika market atau niche sudah ditentukan, kelayakan market itu harus di cari tahu. Jika sebuah market tidak memiliki banyak demand atau ketertarikan, itu harus masuk pertimbangan. Tapi jumlah pelanggan potensial tidak menentukan semua nya karena sebuah market bisa terisi oleh hanya beberapa pelanggan tapi bisa memiliki margin tinggi. Salah satu cara yang paling gampang untuk mencari tahu demand dan ketertarikan konsumer adalah menggunakan Google Trends. Menggunakan google Trends juga sangat gampang, tinggal masukan saja kata kunci dan kita bisa melihat data mengenai topik tersebut berdasarkan analytics milik Google. Melalui Google Trends kita bisa melihat tingkat ketertarikan masyarakat di kategori dan waktu tertentu. Semua ini juga gratis jadi semua orang bisa melakukan.

3. Buat market atau niche mu menjadi lebih spesifik

Setelah menentukan market dan kelayakan market tersebut, kita harus memfokuskan tujuan utama usaha kita. In berarti kita harus menentukan produk apa saja yang akan kita sediakan dan siapa target customer kita. Untuk menentukan produk yang akan menjadi fokus mu, cari sebuah produk yang mudah untuk di source dan didapatkan. Produk yang dipilih harus bisa dibeli dengan jumlah banyak dan harga pembelian bulk atau grosir lebih murah. Melihat brang yang paling laku adalah cara paling mudah untuk memilih sebuah produk. Namun, produk yang paling laku memiliki resiko yaitu banyak kompetitor yang sudah menjual barang yang sama.

4. Cari tahu dan pelajari kompetisi di target market mu

Dengan market yang sudah ditetapkan, kita harus mencari tahu kompetisi yang ada. Ini berarti kita harus mempelajari 2 tipe kompetisi. Tipe kompetisi yang pertama adalah competitor yang menyediakan produk yang sama kepada target customer yang sama. Jika banyak toko atau usaha lain sudah menjual produk yang akan kamu jual, 2 pilihan yang terbaik adalah untuk mengganti produk atau mengatur harga jual mu agar bisa kompetitif dalam menghadapi kompetitor. Untuk kompetitor yang menjual alternatif produkmu, cara yang paling bagus untuk mengatasinya adalah memastikan bahwa produkmu bisa menyaingi kompetitor atau memiliki harga yang lebih menarik.

5. Test market dan produk

Ketika semua langkah-langkah sebelum sudah selesai, langkah terakhir adalah untuk melakukan market riset dan testing. Ini bisa dilakukan menggunakan beberapa metode. Metode pertama adalah melakukan research di internet dan social media. Riset tersebut difokuskan untuk menemukan informasi mengenai marketmu. Survey juga bisa dilakukan untuk menentukan tingkat ketertarikan di target customer base mu. Ini bisa dilakukan melalui survey secara langsung dengan orang-orang disekitar mu atau melalui online survey menggunakan google forms, Instagram polls, dan lain-lain. Survey mu harus mencari tahu apakah orang-orang tertarik dengan produk tersebut dan bagaimana pendapat mereka mengenai produk tersebut. Produk testing bisa dilakukan dengan bertanya kepada berbagai macam orang mengenai produkmu. Bisa juga kita memberikan tester ke orang-orang lalu menanyakan pengalaman dan pendapat mereka mengenai produkmu. Apabila hasil dari market test mu kurang bagus, strategi yang paling tepat adalah untuk menentukan produk atau pasar lain yang lebih berpotensi.

Sekarang kalian sudah tahu bagaimana cara menentukan market yang paling sesuai untuk mu dan bisnismu. Hal yang paling penting dalam menentukan market adalah research yang lengkap dan planning yang benar. Tapi jangan terlalu takut untuk melakukan kesalahan atau membuat keputusan yang salah. Kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari pertumbuhan, dan bisa menjadi pelajaran untuk masa depan, Jadi mulailah mencari market-market yang bisa kalian perhatikan dan kembangkan usaha kalian.

Bagi kalian yang ingin membuka usaha dalam bidang ekspor and impor atau outsource logistics kalian, jangan bingung karena Asiacommerce disini. Asiacommerce dapat memberi solusi untuk semua kebutuhan anda dalam bidang logistics dan ekspor-impor. Kalian dapat bergabung sebagai reseller dan mendapatkan akses ke platform marketplace Asiacommerce. Kami juga bisa membantu dalam procurement product untuk usaha kalian agar tidak ribet, dan kalian bisa fokus dengan hal penting di usaha kalian. Banyak sekali peluang bisnis dengan Asiacommerce jadi bergabunglah dengan kita melalui banner dibawah.