Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis musiman memang menjadi salah satu alternatif untuk Anda yang memang mau tambah penghasilan. Sebab, penggiat bisnis musiman tidak memiliki jangka waktu yang panjang dan cenderung singkat, namun permintaan yang bisa membludak di musim tertentu.

Maka dari itu, perlu adanya kejelian dalam melihat kesempatan dan melakukan inovasi di setiap musimnya. Adapula bisnis-bisnis musiman yang terjadi di Indonesia sebagai berikut.

  • Bisnis Musim Buah

Ada kalanya tidak semua buah bisa tumbuh di semua musim. Oleh karena itulah, bisnis ini sering kita jumpai di sekitar kita. Anda dapat menjual buah tersebut saat musimnya tiba. Buah-buahan seperti durian, manga, rambutan, dan buah lainnya hanya dapat tumbuh di musim tertentu.

  • Bisnis Menjelang Lebaran

Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis ini sering dijadikan pilihan bagi beberapa orang. Hal ini dikarenakan keuntungan yang bisa didapatkan cukup menggiurkan. Adapula jenis bisnisnya diantaranya menjual kue lebaran, jualan takjil, parcel, makanan siap santap, hingga bisnis pakaian muslim.

  • Bisnis Langka (Viral)

Bisnis ini terjadi saat momen-momen yang jarang terjadi atau tidak diduga. Contoh, momen saat gerhana matahari di mana orang-orang akan mencari kacamata gerhana, souvenir dan lainnya. Adapun bisnis yang sedang viral di masyarakat, seperti Es Kepal Milo yang pada saat itu bisa dijumpai dimana-mana.

  • Bisnis Jersey dan Merchandise saat Pesta Olahraga

Bisnis ini biasanya kita temui saat musim-musim pesta olahraga dan bisnis ini memang memiliki profit yang menguntungkan. Sebut saja saat Piala Dunia, Liga Champions, bahkan kompetisi nasional dan internasional yang terjadi di dalam negeri seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), Asian Games, dan masih banyak lagi. Saat musim ini terjadi, biasanya pebisnis musiman menjual berbagai souvenir seputar acara itu berlangsung.

Setelah mengetahui jenis-jenis bisnis musiman yang sering terjadi di Indonesia, mungkin Anda berpikir, sebenarnya bisa gak sih bisnis musiman terus untung walau gak di musim tertentu? Jawabannya, ya bisa dong! Karena, bukan berarti bisnis musiman yang Anda ingin atau sudah jalani bisa langsung redup begitu saja. Anda dapat mempraktekkan beberapa cara yang sudah AsiaCommerce rangkum di bawah berikut supaya bisnis musiman Anda untung terus sepanjang tahun!

Cara Agar Bisnis Musiman Bisa Untung Terus

  1. Jual sisanya dahulu dan kasih diskon

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjual barang yang masih bersisa. Selain memang untuk mengembalikan modal dan keuntungan, menyimpan barang sisa yang bisa dijual kembali tidaklah efektif dan bisa merugikan Anda. Sebab, kualitas barang yang Anda jual hari ini tentu akan berbeda jika Anda kembali jual di musim sibuknya. Akibatnya, orang-orang tidak melihat kredibilitas terhadap kualitas barang yang Anda jual.

Caranya ialah dengan menjual kembali barang tersebut dengan diskon yang tetap memberi Anda keuntungan. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik dengan penawaran yang Anda buat dan menghabiskan sisa barang penjualan.

2. Menggunakan luar musim untuk marketing produk

Meskipun Anda tidak memiliki pemasukan sebanyak saat musim tertentu, bukan berarti Anda berhenti untuk memasarkan barang Anda. Setelah musim sibuk selesai, bangun hubungan terikat atau personal dengan pelanggan yang telah membeli produk Anda. Hal itu bisa dilakukan melalui email, media sosial, dan bentuk marketing lainnya dengan membuat konten-konten informasi yang menarik dan mendidik terkait barang Anda.

Pendekatan terbaik untuk promosi pelanggan adalah countercyclical. Sementara beberapa pesaing mungkin diam selama musim sepi mereka, gunakan kesempatan ini untuk menjangkau audiens target Anda sebelum musim sibuk mencapai puncaknya.

Baca juga: Segmentation, Targeting, Positioning sebagai Strategi Marketing Produk

3. Atur pengeluaran saat sepi pengunjung

Pastikan bahwa Anda sudah teratur dalam meninjau rencana bisnis dan laporan keuangan sebelum dan sesudah musim sibuk Anda. Kegiatan menghasilkan pendapatan tambahan apa yang Anda miliki saat musim sepi? Bagaimana Anda meminimalkan pengeluaran bulanan saat musim sepi?

Tetapkan tujuan keuangan di awal musim sepi dan ukur kesuksesan Anda sesudahnya. Kemudian sesuaikan dan tingkatkan setiap tahun.

4. Berjualan sesuai musim dengan produk baru

Sebenarnya hal ini Anda lakukan untuk menjaga dan menambah pendapatan Anda saat luar musim. Dengan begitu, Anda bisa meraup keuntungan yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis yang ingin ditekuni. Cara ini bisa dilakukan dengan mengamati kebutuhan pasar. Lalu sesuaikan dengan apa yang Anda miliki dan bagaimana barang tersebut bisa dipasarkan ke masyarakat dengan cara-cara yang kreatif.

Baca juga: Cara Agar Lauching Produk Barumu Bisa Hype

Penting diingat adalah Anda harus menjual sesuatu dengan jujur. Yakinkan bahwa produk Anda memiliki tujuan yang memiliki makna dan tidak merugikan orang lain. Artikel ini dibuat untuk mendorong Anda dalam upaya berbisnis lebih baik lagi kedepannya. Maka dari itu, yuk refleksikan apa yang ingin Anda raih dalam membuat produk tersebut.

Nah, itu dia cara-cara yang bisa Anda gunakan dalam menjaga keuntungan bisnis musiman Anda. Semoga informasi diatas berguna bagi kalian yang terus mau upgrade diri dengan ilmu dan skill baru ya! Jika kamu tertarik untuk upgrade income-mu dengan AsiaCommerce atau konsultasi dengan kami boleh klik link disini. Kami adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dalam melakukan sourcing, import-export, distribusi dan fullfilment barang dan jasa. Tim kami akan selalu siap membantumu untuk mengembangkan usaha!