Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis reseller merupakan peluang besar bagi kamu untuk memulai bisnis yang dapat menghasilkan cuan namun dilakukan di rumah saja. Apalagi, melihat fenomena perkembangan teknologi yang mengubah perilaku konsumen untuk berbelanja online, hal ini merupakan peluang yang sangat besar.

Sebelumnya, banyak konsumen yang gemar berbelanja di pusat perbelanjaan atau mall. Namun saat ini, setelah terjadi perkembangan teknologi yang pesat, banyak konsumen yang lebih menyukai berbelanja online. Selain dinilai praktis, berbelanja online juga memudahkan konsumen karena tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Apalagi di saat dunia tengah dihadapi dengan pandemi Covid-19, berbelanja online rasanya adalah pilihan yang tepat. Sebagai seorang calon pengusaha sukses, tentunya fenomena ini dapat memberikan kamu kesempatan besar apabila dapat melihat peluang yang ada dengan jeli. Peluang apakah itu? Yup, yaitu dengan memulai bisnis reseller.

Nah, tapi sebelum membahas bagaimana cara memulai bisnis reseller yang sukses, alangkah baiknya nih supaya kamu memahami dulu apa yang dimaksud dengan bisnis reseller. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Reseller?

Reseller dapat diartikan menjadi “menjual kembali”. Maksudnya, reseller adalah seorang individu atau kelompok yang membeli barang dari supplier atau penjual lain dengan tujuan untuk menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga yang dinaikkan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Karena membeli barang langsung dari supplier, produsen atau distributor resminya, reseller dapat memperoleh harga yang lebih murah sehingga ia dapat menjual kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

Cara Kerja Reseller

Nah, setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan reseller, sekarang penting juga nih buat kamu untuk memahami gimana sih cara kerja reseller? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa reseller membeli barang dari supplier, produsen atau distributor resminya untuk melakukan persediaan barang sebelum dijual kepada konsumen. Kemudian, barang yang telah dibeli tersebut dipromosikan untuk dijual kembali kepada konsumen dengan harga yang relatif lebih tinggi dari harga awal yang dibeli oleh reseller sebelumnya untuk dapat meraih keuntungan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa menjadi reseller dapat memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Tidak perlu memproduksi barang sendiri
  • Tidak perlu khawatir tentang proses produksi barang
  • Dapat mengatur sendiri berapa harga yang ingin jual atau besarnya keuntungan yang ingin diambil
  • Tidak terbatas hanya menjual satu produk saja namun bisa bermacam-macam

Menarik sekali, bukan? Bagaimana, sudah semakin bersemangat sekali bukan untuk memulai bisnis reseller ini?

Baca juga: Membuka Bisnis Dropship Dengan Mudah

Cara Memulai Bisnis Reseller

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan reseller dan bagaimana cara kerjanya, lantas bagaimana cara memulai bisnis reseller? Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis reseller:

1. Tentukan Produk Yang Ingin Dijual

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih produk apa yang hendaknya dijual. Diantara banyaknya pilihan produk yang ada, kamu bisa menyeleksinya dengan melihat dari aspek permintaan untuk produk tersebut. Alangkah baiknya kamu menjual produk yang sedang hype atau tren saat ini. Namun, jika kamu masih bingung juga, kamu bisa bergabung dengan membership reseller AsiaCommerce untuk mendapat akses eksklusif ke katalog produk, sehingga kamu dapat menemukan produk yang ingin kamu jual kembali dengan mudah.

2. Tentukan Target Konsumen

Jika kamu sudah menentukan produk apa yang akan dijual, hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menentukan target konsumenmu. Dengan menentukan siapa target konsumenmu, kamu dapat menjual produkmu dengan tepat sasaran.

3. Pilih Supplier Yang Tepat

Memilih supplier yang tepat adalah kunci dalam melakukan bisnis reseller. Pastikan supplier untuk produk-produkmu adalah supplier yang kredibel, bertanggung jawab, serta menjaga kualitas produknya. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa supplier adalah seorang yang komunikatif sehingga jika terdapat ketidaksesuaian, kamu bisa langsung menghubunginya dengan mudah.

4. Lakukan Pemasaran Produk

Melakukan pemasaran produk merupakan kunci dalam melakukan bisnis reseller. Terdapat dua tujuan dalam melakukan pemasaran produk yang penting untuk kamu ketahui, nih. Yang pertama, untuk meningkatkan awareness konsumen terhadap brand atau produk yang ingin kamu jual sehingga calon konsumen dapat mengetahui keberadaanmu sebagai penjual produk tersebut.

Tujuan yang kedua adalah untuk menjadikan calon konsumen tersebut menjadi pembeli. Dalam melakukan pemasaran produk untuk bisnis reseller, kamu dapat memulainya dengan membuat media sosial dan mengisinya dengan konten yang berkualitas, yaitu foto produk yang ingin dijual, lengkap dengan dengan deskripsi produknya. Selain itu, kamu juga dapat berbagi info atau tips dan trik untuk menarik calon konsumen berkunjung ke media sosial mu.

5. Layanan Konsumen

Salah satu cara menjalankan bisnis reseller yang sukses adalah memiliki pelayanan konsumen yang baik. Jika konsumen terkesan dengan pelayanan yang kamu berikan, maka hal itu memungkinkan baginya untuk kembali berbelanja di tokomu bahkan memberitahukannya pada orang lain. Namun, seperti apa sih pelayanan konsumen yang baik itu? Ya, pelayanan konsumen yang baik diantaranya dengan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi konsumen, menggunakan tata bahasa yang sopan, hingga responsif.        

Bagi sobat Ascomers yang ingin memulai bisnis reseller, tidak perlu khawatir apalagi bingung. Karena AsiaCommerce memberi kesempatan bagi kamu untuk menjalankan bisnismu. Dengan bergabung menjadi member reseller AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan akses eksklusif ke platform aplikasi AsiaCommerce untuk menemukan produk yang tepat dalam menjalankan bisnis reseller. Selain itu, dengan hanya share produk yang ada di aplikasi AsiaCommerce kepada calon konsumenmu melalui media sosial atau media lainnya, kamu bisa langsung mendapat untung dari setiap penjualan. Yuk, tunggu apalagi? Klik disini untuk segera memulai bisnismu dengan bergabung bersama AsiaCommerce atau klik pada banner di bawah ini ya!

Join Reseller Network AsiaCommerce