Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Pada masa pandemi ini, banyak orang mulai memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa perlu keluar dari rumah. Fenomena ini mengakibatkan adanya kenaikan drastis pada tingkat belanja secara online. Menariknya, penelitian menemukan bahwa hampir 50% dari konsumen digital yang berbelanja secara online merupakan pengguna baru. Ini membuktikan bahwa pandemi mengakibatkan adanya perubahan pola belanja di masyarakat. Ketika awalnya masyarakat lebih memilih berbelanja secara langsung, sekarang berubah menjadi berbelanja online. Kita dapat menyimpulkan bahwa pada saat inilah, bisnis online menjadi peluang bisnis yang sangat menarik. Ketika bisnis Anda sudah berjalan dan sudah menemukan target pasar yang cocok serta barisan customer setia, Anda akan mulai kewalahan karena banyaknya pesanan. Untuk dapat memenuhi dan mengirimkan pesanan tersebut dengan cepat, Anda dapat menggunakan Jasa Fulfillment. Apa itu Fulfillment? Mari simak penjelasan berikut ini.

sumber: unsplash.com

1. Apa itu Fulfillment?

Oxford Dictionary menyatakan bahwa Fulfillment adalah tindakan mengemas dan mengirim (packing and sending) sesuatu yang dipesan pelanggan. Istilah Fulfillment sendiri mengacu pada semua fungsi supply chain yang berhubungan dengan penerimaan barang, proses, dan pengiriman pesanan ke pelanggan. Perusahaan Fulfillment biasanya menyediakan lokasi fisik yang digunakan untuk menyimpan stok dan melakukan packing. Kemudian, barang yang sudah selesai packing dikirimkan ke alamat pembeli di e-commerce.

Ketika seorang Seller di e-commerce menggunakan Jasa Fulfillment, perusahaan pihak ketiga menyelesaikan penerimaan barang, packing, serta pengiriman atas nama Seller. Ini termasuk melakukan inventory management, hingga negosiasi harga dengan perusahaan kurir.

sumber: unsplash.com

2. Cara Kerja jasa Fulfillment

1) Penerimaan Barang (Receiving Inventory)

Ketika Anda menggunakan Jasa Fulfillment, barang yang anda beli dari supplier akan dikirimkan ke gudang fisik Perusahaan Fulfillment. Selanjutnya, barang akan dicek untuk memastikan kualitas produk bagus. Perusahaan pihak ketiga ini juga biasanya melakukan penghitungan dan konfirmasi ke pihak Seller untuk memastikan pesanan yang diterima sudah benar. Dalam beberapa kasus, ada Perusahaan Fulfillment yang juga menawarkan jasa pengambilan barang di gudang Supplier ataupun gudang Anda sendiri. 

sumber: unsplash.com

2) Inventory Management

Pengelolaan inventaris/inventory merupakan fasilitas yang paling penting dan harus dimiliki oleh Perusahaan Fulfillment. Perusahaan penyedia jasa ini akan menyimpan barang/stok sehingga Anda tidak perlu menyimpan barang di rumah atau menyiapkan gudang tambahan. Perusahaan Fulfillment juga akan merawat barang tersebut secara profesional. Mereka juga akan meletakkan dan memisahkan produk-produk tertentu agar kualitas produk Anda tetap terjamin selama berada di Gudang.

sumber: unsplash.com

3) Pengemasan Barang / Packing

Ketika Seller memberikan laporan bahwa barang sudah terjual, maka Pihak Fulfillment akan kemudian mengambil barang dan melakukan pengemasan atau packing. Dalam melakukan packing, Staff Fulfillment mengecek ulang barang yang dipilih, lalu mengatur packing se-profesional mungkin. Apabila produk Anda perlu untuk dirakit atau dipasang sebelum dikirimkan, maka beberapa Perusahaan akan menyediakan tenaga kerja yang sesuai dengan biaya tambahan. Tahap ini biasanya dikerjakan sendiri oleh Seller. Namun apabila Seller menggunakan Jasa Fulfilment, Perusahaan Fulfillment yang akan melakukan full packing.

sumber: pexels.com

4) Pengiriman Barang / Shipping

Tahap terakhir dalam Jasa Fulfillment adalah mengirimkan produk Seller ke customernya. Pihak Perusahaan Fulfilment dapat mengirimkan produk ini sendiri atau bekerja sama dengan kurir-kurir tertentu. Perusahaan-lah yang akan memilih metode pengiriman dan melakukan negosiasi harga dengan kurir. Sehingga pihak Seller tidak perlu melakukan apapun atau lebih berfokus pada kesibukan lain. Setelah pesanan tiba ke tangan customer, barulah proses Fulfillment dianggap selesai. Berikut ini penjelasan cara kerja Fulfillment menurut fitsmallbusiness.com.

sumber: fitsmallbusiness.com

3. Keuntungan menggunakan Fulfilment

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda pasti sudah mendapat gambaran mengenai bagaimana cara kerja Jasa Fulfillment. Lantas, apa saja keuntungan yang bisa Anda sebagai pihak Seller dapatkan?

1) Tidak Perlu Repot Mengurus Packing Barang

Packing barang merupakan proses yang sangat rumit bagi para Seller baru. Khususnya karena proses ini memerlukan ketelitian dan memakan waktu yang lama terutama untuk pembelian dalam jumlah besar. Packing juga sangat berpengaruh terhadap kualitas produk. Apabila packing kurang rapi dan tidak menutup sempurna, ada kemungkinan besar produk akan rusak sebelum sampai ke tangan konsumen dan menjadi kasus komplain. Pemilik bisnis atau Seller yang menggunakan Jasa Fulfillment tidak perlu khawatir karena Pihak Penyedia Fulfillment akan melakukan packing dengan profesional.

sumber: pexels.com

2) Tidak Harus Memiliki Gudang

Tidak dapat dipungkiri, membeli produk dalam jumlah banyak sekaligus mengakibatkan harga modal per-produk menjadi lebih murah. Sehingga keuntungan yang didapat oleh pihak Seller bisa lebih banyak. Namun, akan diletakkan di mana semua produk stok tersebut? Belum lagi kalau pihak Seller menjual beberapa jenis produk sehingga banyak produk yang harus disimpan sebagai stok. Perusahaan Penyedia Fulfillment menawarkan solusi atas permasalahan ini. Dengan menggunakan Jasa Fulfillment, Seller dapat menyimpan semua stoknya di gudang bersama yang dimiliki oleh Perusahaan. Produk juga disimpan dengan sistem Inventory Management yang profesional sehingga kualitas produk lebih terjamin.

sumber: unsplash.com

3) Lebih Mudah Melakukan Kontrol Jumlah Stok

Beberapa platform marketplace seperti Tokopedia dan Shopee sudah menyediakan fasilitas dalam website mereka untuk melacak jumlah stok yang tersedia. Namun, dengan jenis produk yang banyak dan jumlah pesanan yang terus bertambah, sulit untuk terus memperhatikan keberadaan stok. Menambah jumlah stok juga sulit dilakukan dengan hanya bergantung pada sistem bawaan marketplace. Selain itu, apabila jumlah stok suatu produk secara tidak sengaja tertulis berjumlah <10 buah, aplikasi akan secara otomatis memberitahu calon customer. Hal ini dapat merugikan Anda sebagai Seller karena membuat customer yang ingin membeli dalam jumlah besar tidak jadi melakukan pembelian. Kasus terburuknya, mereka juga dapat menilai toko Anda tidak aktif karena tidak melakukan re-stock.

Pada Perusahaan Jasa Fulfillment, arus keluar-masuk barang di gudang dicatat dan dipantau dengan baik. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pencatatan berkala dan menulis penambahan stok secara manual. Dengan cara ini, kontrol jumlah stok dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Perusahaan Fulfillment pada umumnya akan memberikan laporan jumlah stok kepada Anda sebagai Seller secara berkala.

sumber: pexels.com

4) Dapat bekerja sendiri

Dengan jumlah produk yang banyak, dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, Anda akan mulai kesulitan untuk mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari menjadi admin akun marketplace, melakukan pengecekan barang dan mengurus stok, serta melakukan packing. Pada akhirnya, Anda akan membutuhkan bantuan tenaga kerja. Dengan menggunakan Jasa Fulfillment, Anda tidak perlu khawatir terhadap masalah ini. Anda tidak perlu menyewa tenaga kerja dikarenakan Perusahaan akan mengerjakan urusan packing dan mengurus stok. Sehingga Anda hanya perlu berurusan dengan pelanggan dan supplier.

sumber: unsplash.com

Apakah Anda akan lebih untung dengan memanfaatkan Jasa Fulfillment daripada hanya menggunakan multi-marketplace? Mari kita hitung dengan menggunakan asumsi bahwa gaji setiap tenaga kerja adalah Rp. 3.500.000 per bulan. Kemudian untuk dapat menampung bisnis yang berkembang, Anda membutuhkan Gudang dengan luas minimal 50m2.

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan jasa Fulfillment? Tidak perlu mencari Perusahaan Penyedia Fulfillment lagi karena kami sudah punya jawabannya! Fulfillment by AsiaCommerce dapat mengurangi biaya operasional Anda. Kami juga sudah terintegrasi dengan berbagai Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.id, Lazada, dll. Dengan produk tertentu yang unik dan berkualitas baik, Brand Anda juga berpotensi meningkatkan penjualan melalui Reseller Lokal dan Luar Negeri. Sekarang Anda punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan Bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Daftarkan Brand atau Toko Anda sekarang dan nikmati kemudahan berbisnis bersama Fulfillment by AsiaCommerce! Klik disini untuk mendaftar atau klik pada banner di bawah ini.