Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Sebagai negara yang mengandalkan perekonomiannya dari manufaktur, tidak heran jika China menjadi destinasi untuk berbelanja barang-barang impor. Upah tenaga kerja yang murah, teknologi canggih serta iklim bisnis yang baik menjadi penyebab barang-barang dari China lebih terjangkau, namun punya kualitas yang lumayan bagus. Tentu, hal ini mendorong banyak orang untuk mengambil untuk dengan menjual barang impor di Indonesia.

Bagi yang sudah berbisnis jualan online, Anda juga bisa melebarkan sayap dengan mulai mengimpor sendiri barang dagangan Anda. Tentu keuntungan yang didapat juga makin besar, karena tidak harus melewati supplier yang mengimpor barangnya dari China. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara impor barang dari China? Apakah semudah mendapatkan barang dari supplier langganan? Apa saja yang perlu Anda siapkan?

Ada beragam cara impor barang dari China, berikut beberapa di antaranya:

Mengimpor Barang Melalui Marketplace/E-commerce

Perlu diketahui bahwa marketplace maupun e-commerce tak cuma berkembang pesat di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia, termasuk China. Sama seperti di Indonesia, keberadaan marketplace telah membuka akses bagi pembeli untuk mendapatkan barang dari seluruh negeri. Orang dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, bisa membeli barang dari Jakarta tanpa perlu datang ke tokonya. Begitu juga sebaliknya. Sama halnya dengan contoh kasus di atas, akses perdagangan online juga terbuka antar negara. Anda bisa mengimpor barang hanya dengan duduk manis di rumah. Apalagi dengan adanya marketplace dan e-commerce impor, seperti Alibaba.com, Taobao.com, dan 1688.com. Semua orang jadi bisa impor.

Tentu, cara pembeliannya tidak sesimpel e-commerce lokal di tanah air. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari estimasi waktu pengiriman, cara pembayaran, hingga regulasi impor yang berlaku. Pengetahuan tentang regulasi ini perlu, agar barang yang Anda beli tidak kena larangan impor. Disinilah pentingnya perencanaan dan riset produk yang akan Anda impor. Setelah memastikan rencana produk apa saja yang akan diimpor, akan dijual kemana? Siapa saja pembelinya? Dan terakhir cek ulang apakah barang tersebut masuk dalam daftar larangan impor.

Mengimpor barang langsung melalui marketplace memang mudah, tapi bukan tanpa risiko lho. Anda harus ingat bahwa di e-commerce impor ada ribuan pilihan produk. Beberapa malah ada yang mirip dari segi harga maupun MOQ (Minimum Order Quantity).  Pada titik ini, pengimpor harus menentukan supplier terbaik. Dan cara yang paling sering dipakai adalah trial & error. Mungkin saja, Anda mendapat barang yang kualitasnya kurang, sehingga sulit dijual di Indonesia.

Impor Jalur Pelabuhan

Cara impor barang yang satu ini merupakan cara konvensional. Yaitu Anda sebagai importir bertemu langsung dengan supplier di China. Kemudian Anda melihat barang, cocok, dan bernegosiasi harga. Pada proses ini, Anda juga berdiskusi tentang proses pengiriman, serta jenis moda yang digunakan. Keunggulan cara satu ini adalah Anda bisa benar-benar memastikan barang yang Anda beli beserta memastikan kredibilitas supplier. Namun kekurangannya, Anda perlu punya pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni. Serta modal yang tidak sedikit. Karena harus datang sendiri ke sana dan memesan produk dalam skala besar.

 Lihat juga: “6 Tips Jualan Online Laris Saat Pasar Lagi Lesu”

Impor Melalui Perusahaan Procurement (Pengadaan) Profesional

Untuk menghindari risiko mengimpor via e-commerce/marketplace secara mandiri, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Perusahaan penyedia jasa impor ini punya tim profesional yang akan membantu Anda mendatangkan barang dagangan yang Anda inginkan. Bahkah, tak cuma layanan pengadaan, tapi biasanya pengguna jasa ini juga mendapatkan edukasi, konsultasi, hingga saran-saran tentang produk yang sedang trending.

Layanan dari perusahaan procurement ini akan menghindarkan Anda dari berbagai jenis kerugian. Mulai dari salah kirim, kualitas produk yang rendah hingga harga barang yang terlalu mahal. Perusahaan-perusahaan ini bahkan dapat membantu Anda melakukan negosiasi dengan calon supplier barang yang Anda inginkan. Dengan tim profesional yang mereka miliki, barang Anda dijamin berkualitas dan sampai dengan aman. Cara impor barang dari China yang satu dapat jadi pilihan.

Semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan di AsiaCommerce. Dengan memiliki membership, Anda tak cuma mendapat akses ke katalog produk-produk yang sedang trending, tapi juga mendapat kemudahan dalam bernegosiasi serta meminimalisir masalah miss komunikasi dengan calon supplier di China.

Inilah cara impor barang dari China yang mudah dan nyaman, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam mengimpor barang. Selain mempermudah impor, AsiaCommerce juga memberikan layanan terintegrasi. Salah satunya adalah integrasi penjualan toko online di berbagai Marketplace Indonesia. Selain itu, Anda juga akan dibantu layanan gudang dan pengemasan, sehingga tidak perlu repot memikirkan kedua hal itu. 

Impor Sekarang, Bayar Nanti

Sebagai member AsiaCommerce, Anda tak cuma mendapat kemudahan dalam mengimpor, tapi juga akses permodalan usaha. Anda bisa mengimpor dagangan, meski sedang tak punya modal. Dengan kata lain, impor saat ini, bayar nanti. Hal ini memungkinkan karena AsiaCommerce bekerjasama dengan Modalku, platform pendanaan digital untuk UMKM. Sebagai bagian dari UMKM, para importir juga perlu mendapat dukungan modal usaha agar bisnisnya makin berkembang. Klik disini untuk menjadi member AsiaCommerce atau pada gambar di bawah ini untuk memulai Impor!

Dengan produk pinjaman paylater Modalku Virtual Credit, Anda dapat menggunakan fasilitas Paylater untuk UMKM dengan limit hingga Rp 100 juta untuk impor barang bersama AsiaCommerce. Fasilitas ini tentu akan mendukung toko Anda untuk punya stok barang lebih banyak tanpa mengganggu arus kas. Menarik bukan? Klik disini untuk pelajari lebih lanjut.

Selain untuk impor, Modalku Virtual Credit juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis online Anda lho!

Bagaimana? Mudah kan cara impor barang dari China, sekarang jangan tunda lagi, segera jadi member AsiaCommerce dan gunakan fasilitas Modalku Virtual Credit-nya, agar bisnis Anda makin lancar dan cuan.