Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Sebagai pebisnis, menjual produk sampai ke luar negeri menjadi salah satu kebanggaan yang ingin dicapai. Tidak hanya meningkatkan brand awareness atau membuat brand bisnis kita terkenal, tetapi tentunya juga meningkatkan omset penjualan bisnis kita. Namun, banyak di luar sana pebisnis/pemilik usaha yang merasa bahwa sulit sekali untuk menjangkau konsumen di pasar internasional.

Sebut saja, konsumen di Asia Tenggara seperti China, Singapura, Malaysia, Vietnam, Philipina, Thailand dan negara tetangga lainnya. Apakah sulit untuk menjangkau pembeli di negara-negara tersebut? Di zaman yang serba canggih ini, bukan menjadi masalah untuk menjual barang lintas batas negara atau cross border. Mungkin anda masih bingung, bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri? Bagaimana proses pengirimannya hingga sampai ke alamat tujuan yang berada di negara tetangga?

AsiaCommerce punya beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisnis anda dapat menjangkau pasar internasional. Let’s check it out!

  • Mengoptimalkan Digital Marketing

Di situasi serba virtual sekarang, anda harus mampu memanfaatkan Digital Marketing tools seperti website, media sosial Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkan platform tersebut melalui optimalisasi direct-mail, SEO dan advertising. Hal ini membuat bisnis anda dapat dijangkau oleh calon konsumen di luar Indonesia. Dengan fitur ads anda dapat memilih target konsumen yang ingin anda sasar dari segi demografis dan geografisnya.

Melalui penerapan Digital Marketing tools anda juga dapat melakukan riset pemasaran. Misalnya, anda melihat insight atau trend yang sedang marak dicari oleh orang-orang di luar negeri. Dengan demikian, sebagai pebisnis anda dapat mencari celah untuk menyediakan apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

  • Melibatkan Usaha anda di berbagai Marketplace

Sekarang anda tidak perlu bingung membuka online shop dimana karena sudah banyak marketplace yang mengizinkan anda menawarkan produk bisnis anda di sana. Kamu bahkan bisa menjangkau konsumen dari luar Indonesia. Cukup dengan membuat konten produk yang baik, mengoptimalkan headlines, membuat deskripsi singkat yang jelas, termasuk spesifikasi, dan berikan gambar alternatif.

Di marketplace, anda perlu menjalin hubungan baik dengan pealnggan dan bahkan mempertahankan mereka. Anda harus memastikan bahwa harapan pelanggan telah terpenuhi dan dilayani dengan baik mulai dari layanan pertanyaan pelanggan. Anda harus stand by atau online sesering mungkin agar dapat segera memberikan respon dalam hitungan jam, bukan hari. Tidak hanya itu, proses pengiriman pesanan juga harus dilakukan dalam jangka waktu 24 jam. Sehingga status pesanan bisa berubah ketika telah dikirimkan.

  • Menggunakan Jasa Logistik yang Tepat

Dan yang terakhir dan terpenting adalah anda harus menggunakan jasa logistik yang tepat. Mengapa? Karena untuk menjangkau konsumen di luar Indonesia, anda membutuhkan jasa pengiriman yang mampu mengaksesnya. Bahkan, anda harus memastikan estimasi pengiriman pesanan konsumen anda dapat tersampaikan dengan lancar dan cepat.

Nah, anda bisa dengan gampang dan anti ribet menjangkau konsumen Asia Tenggara bersama AsiaCommerce loh Guys! Ekspor mudah bareng AsiaCommerce bisa buat anda lebih fokus ke bisnis dan tidak perlu pusing terkait pengiriman pesanan. Caranya anda cukup klik link ini lalu isi form sesuai kebutuhan ekspor anda. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi anda.