Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Produk impor dari China merupakan salah satu rekomendasi yang diminati oleh entrepreneur muda yang baru saja memulai bisnisnya. Memulai bisnis impor produk China memanglah cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan pesaingnya yang masih tidak terlalu banyak dan tentunya modal yang tidak terlalu besar. Hah, modal yang tidak terlalu besar? Kok bisa produk impor China lebih murah? Yap! Sudah tidak aneh kalau harga barang dari China lebih murah, terlebih hal ini didukung oleh beberapa faktor, apa saja ya? Yuk simak alasannya!

  • Didukung pemerintah

Negara tirai bambu dikenal oleh dunia sebagai salah satu negara di mana pemerintahnya mendukung sektor bisnis berkembang. Mereka memberdayakan masyarakatnya dengan sangat baik, sehingga seperti yang kita tahu bahwa bisnis di China berkembang dengan sangat pesat.

Hal ini didukung dengan sebagian daerah di China yang memiliki potensi dalam memproduksi barang tertentu dengan kualitas yang sangat bagus. Dengan begitu, banyak daerah yang memiliki potensi dengan produksi barang yang berbeda-beda sehingga tidak terjadinya persaingan “tidak sehat” atas pencapaian suatu daerah. Alhasil, setiap daerah juga sudah memiliki kapasitas produksi yang berbeda antara satu sama lain, sehingga dapat meminimalkan “perebutan pasar” antar daerah.

Selain itu, pemerintah China juga mendukung gerakan ekspansi barang murah ke negara lain dari China dengan memberikan subsidi. Lalu, berbagai perizinan yang dimudahkan dan pembebasan pajak untuk tahun pertama bisnis oleh pemerintah diberikan dengan tujuan sebagai bentuk dukungan terhadap sektor bisnis yang berkembang sekaligus solusi untuk perkembangan bisnis di China. 

  • Produksi barang secara massal

Satu hal yang membuat harga barang di China menjadi sangat murah dikarenakan mereka memproduksi barangnya secara massal. Apa itu produksi massal? Produksi massal merupakan cara sebuah perusahaan melakukan kegiatan produksi sesuai standar operasional prosedur dalam menciptakan dan membuat suatu barang dalam jumlah yang besar. Hal ini mereka lakukan dengan menghitung modal awal bukan berdasarkan biaya produksi pada suatu barang, melainkan berdasarkan jumlah keseluruhan kontainer.

Meskipun terdengar murah, tetap perlu adanya modal yang cukup besar karena pembelian impor produk yang dilakukan dengan jumlah tinggi. Namun, dengan modal yang dikeluarkan cukup tinggi, maka keuntungan yang jauh lebih besar akan menanti!

  • Infrastruktur yang canggih

Sebagai salah satu negara yang maju, China tentunya memiliki infrastruktur yang memadai dalam pengiriman logistiknya. Mereka menggunakan jalur darat, laut dan udara. Bahkan, titik pengiriman terdapat di kurang lebih dua ratus bandara belum termasuk banyaknya pelabuhan yang memanfaatkan teknologi kereta api supercepat. Hal ini tentunya dapat membuat pengiriman dilakukan dengan mudah dengan fokus pasar berskala domestik maupun internasional.  

  • Ekspor secara masif

Perusahaan logistik Cina melakukan kerja sama dengan perusahaan logistik di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Mengapa? Karena kerja sama ini dilakukan agar produk impor China dapat merambah ke seluruh penjuru dunia. Adapun cara yang dilakukan dalam kerja sama ini adalah setiap barang akan dikirimkan secara masif dan hal ini jelas akan membuat ongkos kirim lebih hemat.

Selain itu, eksportir di China yang mengekspor secara besar-besaran dapat mengembalikan biaya pajak yang dikeluarkan, bila produk yang dijualnya memberikan nilai tambah dan dikirim dalam jumlah yang besar. Karenanya, pemerintah akan menggantinya 100%. Contohnya, sebuah produk yang diekspor dikenakan value added tax (VAT) atau pajak pertambahan nilai, maka setelah diekspor biaya pajak yang dibayarkan tersebut bisa di-refund atau diganti 100% oleh pemerintah.

  • Barang dengan Berbagai Grade

China menghadirkan penawaran barang dengan berbagai grade. Dalam grade tersebut, terdapat grade A, grade B dan grade C di mana masing-masing barang tersebut dibanderol dengan harga yang berbeda. Kenapa begitu? Ya, karena kualitas yang diberikan pun memiliki perbedaan. Seperti halnya, terdapat kelompok produk berkualitas tinggi untuk target pasar kelas atas, terdapat kelompok produk berkualitas menengah untuk target market kelas menengah, dan ada pula kelompok produk dengan kualitas biasa untuk target market terbawah.

Oleh karena itu, Anda bisa menjual berbagai jenis grade produk yang ditawarkan. Jika seorang reseller memiliki request untuk memesan produk dibawah dari harga yang ditaksir, ada kemungkinan produsen produk impor dari China menerima request tersebut. Misalnya, terdapat sebuah produk unik dibanderol seharga 80 ribu rupiah, namun dengan alasan tertentu, reseller butuh produk tersebut dengan harga dibawah 50 ribu rupiah, maka pabrik atau produsen akan bersedia membuatkan produk sesuai request tersebut, dengan catatan reseller menyanggupi memesan produk dalam jumlah besar.

Baca juga: Cari Barang China dengan Mudah? Simak Cara Pasti Berikut!

Berikut adalah beberapa alasan mengapa produk impor China bisa memiliki harga yang murah! Kesimpulannya, produk impor dari China cukup menjadi rekomendasi bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis. Bagaimana? Menarik bukan? Jika Anda tertarik, yuk upgrade income mu dengan melakukan impor dan ekspor, boleh cek page AsiaCommerce disini. Kami adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia dalam melakukan sourcing, import-export, distribusi dan fullfilment barang dan jasa. Tim kami akan selalu siap membantumu untuk mengembangkan usaha!