Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis impor memang merupakan peluang bisnis yang menjanjikan, tak hanya itu perkembangannya pun menjadi yang tercepat di beberapa tahun terakhir. Pasalnya dengan jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 270 juta menjadikan ranah serta target pasar bagi kalangan pebisnis. 

Meski terlihat menggiurkan, bisnis impor juga membutuhkan banyak usaha. Hal ini karena bisnis ini tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya keterampilan bisnis. 

Dengan kemajuan teknologi, bisnis impor pun semakin banyak diminati, dan beberapa perusahaan telah mulai memperkenalkan sistem teknologinya. Tidak hanya mereka yang memiliki usaha dan modal yang besar tapi banyak juga pemilik usaha kecil yang ikut serta aktif di industri ini. 

Namun, bukan berarti perkembangan teknologi akan membuat industri ini lebih mudah. Banyak pengusaha ekspor-impor yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu mengikuti tren pasar dan gejolak politik internasional. Tapi jangan khawatir. Berikut adalah 6 langkah untuk memaksimalkan peluang bisnis impor. 

Pahami Produk Serta Model Bisnismu 

Merupakan hal yang mendasar dan paling penting jika kamu ingin memaksimalkan bisnis impor. Kamu harus benar-benar memahami produk yang akan kamu jual supaya produk yang kamu impor nantinya sampai ke calon pembeli dan bisa terjual habis di pasaran. 

Produk atau barang yang akan dijual kembali di Indonesia dapat memperhatikan perkembangan kebutuhan dan minat masyarakat, seperti: 

1. Pilih produk yang sedang tren saat ini.

Orang Indonesia suka mencoba hal-hal baru saat berbelanja, jadi kalau ada produk yang lagi trend atau viral, orang akan datang untuk membelinya, jadi ini sangat tepat. 

2. Pilihan produk untuk kalangan penghobi(kolektor)

Membeli barang impor untuk memenuhi kebutuhan para penghobi merupakan salah satu strategi yang tepat untuk menarik dan mengamankan konsumen yang bertahan lama karena penghobi akan selalu mencari dan membutuhkan barang atau produk tersebut. 

3. Pilih barang yang sensasional (musiman)

Kegiatan tertentu, seperti Natal, Lebaran, atau kegiatan keagamaan lainnya, meningkatkan kebutuhan beberapa barang. Hal ini memberikan peluang kepada importir untuk meningkatkan nilai beli konsumen pada saat itu. 

Strategi ini merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Beli dalam jumlah besar sebagai bagian dari aktivitas pembelian kamu di pasar impor. Hal ini merupakan peluang untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal jika produk tersebut diperdagangkan lebih lanjut di Indonesia. Pembelian dalam jumlah besar seperti meningkatkan kuantitas produk dalam bentuk grosir daripada eceran. 

Model bisnis juga mempengaruhi dengan jalannya bisnis impor mu. Saat ini, perkembangan teknologi digital telah menyeluruh dalam segala aspek, termasuk jual beli. Hal ini pada akhirnya menyebabkan banyak orang memilih untuk membeli produk melalui internet atau online. Jadi, selain mengandalkan toko fisik, baiknya pembisnis juga harus memasarkan produk mereka secara maksimal secara online, misalnya dengan melakukan penjualan di berbagai marketplae. 

Bahkan bagi importir dengan modal minim, toko online tampaknya menjadi solusi terbaik, karena penjualan online menawarkan lebih banyak penghematan dalam berbagai biaya operasional seperti biaya sewa toko, tagihan listrik, dll. 

Tingkatkan Efisiensi Operasional Bisnis Impor 

Menjalankan bisnis impor/ekspor mengharuskan kamu bekerja dengan cepat. Semua pesanan dari pelanggan harus segera diproses dan pemesanan ulang barang dari pemasok harus tepat waktu untuk menghindari kelebihan stok dan kekurangan. Ini hanya beberapa dari segudang tugas yang pasti akan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual. 

Jadi beralihlah ke sistem yang dapat melakukan semua tugas ini secara otomatis. Hal ini memungkinkanmu untuk lebih fokus pada strategi untuk mengembangkan bisnis . Juga, gunakan perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan proses bisnis. Bukan malah sebaliknya. 

Tentukan Negara Asal Untuk Impor Barang 

Penting bagi importir untuk memahami proses pengiriman barang dari negara tujuan, tidak hanya untuk mendapatkan barang yang lebih murah, tetapi juga untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Negara asal untuk mengimpor barang sangat penting untuk mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan perdagangan .  Seperti saat menentukan jenis dan jumlah produk yang dibeli, kualitas barang, tanggal pengiriman, serta prosedur bea cukai untuk negara asal dan tujuan. 

Selain itu, pastikan kamu memahami Harmonized Commodity Description and Coding System, yang biasa dikenal dengan HS Code. Kodifikasi barang impor pada Jadwal Tarif Indonesia (BTKI), termasuk bea masuk, PPH dan PPN, pengurusan barang di pabean, dan perijinan impor barang untuk memudahkan proses impor barang. 

Bergabung Dengan Komunitas Impor 

Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh pebisnis impor Indonesia untuk meningkatkan pendapatan bisnis mereka dari penjualan barang mereka adalah dengan bergabung dengan komunitas impor global. Komunitas ini memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk menemukan produk-produk dengan keuntungan tinggi untuk dijual atau diperdagangkan lebih lanjut di Indonesia.  

Bergabung dengan komunitas biasanya membutuhkan biaya antara 3-4 juta rupiah, tergantung fasilitas yang akan kamu terima. Sebagai pendatang baru, kamu memiliki keuntungan dapat menemukan pemasok barang impor yang lebih murah dan terjangkau yang memiliki barang berkualitas yang dapat kamu jual kembali di Indonesia dengan harga lebih tinggi.  

Kegiatan yang berlangsung dalam komunitas impor global merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memahami pasar global, sebaiknya pastikan kita telah melihat kredibilitas dari komunitas tersebut, hal ini dapat diketahui dengan cara mengamati anggota komunitas yang sudah melakukan kegiatan importir dan telah terbukti mendapatkan keuntungan yang tinggi dari proses kegiatan tersebut. 

Pahami Prosedur Pengiriman Barang 

Barang impor yang kita beli tentunya dan siap dikirim ke Indonesia harus sesuai dengan peraturan perdagangan internasional, terutama saat pengiriman dari negara asal. Tata cara pengiriman barang impor juga telah diatur dalam peraturan Kementerian Perdagangan. 

Langkah strategis yang bisa dilakukan pengusaha Indonesia adalah memahami dan mengikuti prosedur yang digunakan. Selain itu, saat melakukan pengiriman barang, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal, seperti asuransi barang impor dan memahami prosedur kepabeanan, agar barang sampai ke tujuan dengan lebih lancar. 

Perhatikan Arus Kas Bisnis Impor 

Arus kas (cash flow) adalah perhatian utama bagi pemilik bisnis, apa pun jenis bisnisnya. Arus kas yang sehat menunjukkan bahwa bisnis kamu berjalan dengan baik dan tidak ada masalah. Arus kas negatif, di sisi lain, menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan operasi bisnis mu dan membutuhkan perhatian segera. 

Kesimpulan 

Memaksimalkan bisnis impor dengan 6 langkah di atas terbilang cukup rumit dan tidak mudah. Namun jika dipelajari dan dijalankan perlahan juga mudah untuk dilakukan. Apabila langkah ini dirasa cukup rumit dan kurang membantu kamu AsiaCommerce adalah salah satu solusi terbaik. 

Kenapa harus AsiaCommerce ? Dengan bergabung dengan AsiaCommerce kamu akan diberikan berbagai layanan yang memudahkan proses bisnis impormu. Kamu akan dibimbing serta dibantu dalam semua proses impor sehingga kamu hanya perlu berfokus pada pengembangan bisnis mu saja.  

Bagaimana mudah bukan ? Jika kamu tertarik kamu bisa klik disini atau banner dibawah untuk informasi lebih lanjut.