Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Barangkali baru-baru ini anda mendengar kabar bahwa pengguna Facebook terus mengalami penurunan, hingga membuat reach dari iklan terus menurun. Nyatanya, fakta di Internet berkata sebaliknya. Menurut laporan Hootsuite: We Are Social tahun 2020, Facebook masih menduduki urutan ketiga dalam media sosial terbanyak yang digunakan di Indonesia. Posisi ini berada di bawah YouTube dan WhatsApp yang berada tidak jauh di atasnya. Sehingga, penggunaan Facebook Ads sebagai media untuk menjangkau pasar masih relevan hingga saat ini. Iklan Facebook dapat menjangkau banyak orang tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu untuk editing seperti di YouTube. Selain itu, fitur Broadcast pada platform WhatsApp tidak dapat menjangkau pasar yang baru. Fakta-fakta di atas membuat Facebook sebagai media sosial terbaik untuk melakukan iklan atau Ads. 

sumber: We Are Social 2020 Report

Mengapa Facebook Ads merupakan pilihan terbaik?

Meskipun Facebook memiliki banyak pengguna, mengirimkan iklan secara brutal ke sembarang orang bukan merupakan keputusan yang bijak. Iklan, meskipun berjumlah banyak, tidak akan menghasilkan penjualan apabila tidak sampai kepada pasar yang tepat. Bagusnya, Facebook Ads memiliki fitur untuk menghindari kerugian ini. Targeting memungkinkan anda untuk menjangkau pengguna Facebook dengan ketertarikan yang relevan dengan produk yang anda jual. Semisal anda menjual donat, maka Facebook akan menunjukkan iklan produk anda kepada orang-orang yang tertarik dengan makanan ataupun desserts. Meskipun hal tersebut bukan berarti Facebook menunjukkan iklan anda hanya pada orang-orang tersebut.

Fitur Targeting Facebook mencakup:

  • Audience: Kepada target pasar apa saja produk anda ditujukan
  • Lokasi: Di mana saja produk anda seharusnya dipasarkan (Kota, Daerah, Negara)
  • Jenis Kelamin: Membantu anda menargetkan apakah produk anda tertuju untuk suatu jenis kelamin tertentu atau tidak
  • Ketertarikan (Interest): Apa saja hal-hal yang relevan dengan produk anda
  • Perilaku (Behaviour): Menyimpan data orang yang pernah berhubungan dengan brand anda (semisal mengunjungi profil, meng-klik website, dll)

Untuk menjangkau sebuah pasar hingga menciptakan konversi (pelanggan melakukan pembelian), diperlukan iklan yang cocok dengan pasar yang dituju. Pelanggan menggunakan produk anda dan membeli dari brand anda karena berbagai alasan, sehingga iklan anda seharusnya tidak ditujukan untuk sembarang orang.

Tips-Tips Untuk Membuat Facebook Ads yang Dapat Menciptakan Konversi

1. Pahami Market Anda

Sebelum membuat sebuah iklan, anda harus memahami target pasar anda. Apa yang mereka inginkan? Apa perbedaan anda dengan kompetitor? Anda harus membuat iklan yang “personal” agar calon pelanggan merasa bahwa produk anda merupakan jawaban atas permasalahannya. Facebook Ads akan menanyakan pertanyaan seperti Interest, Location, usia, dan lainnya untuk membantu anda memasarkan iklan sesuai target. Sehingga anda juga harus menyiapkan target pasar yang jelas. Dengan iklan yang personal dan sesuai, akan lebih mudah untuk membuat iklan Facebook yang menciptakan konversi.

2. Jangan Membuat Iklan yang Terlalu Panjang

Ketika anda mendapatkan iklan yang panjang dengan banyak tulisan, apakah anda menyempatkan waktu untuk membacanya hingga akhir? Logika ini sama dengan calon pelanggan anda. Untuk menciptakan iklan yang mampu menarik perhatian, pesan dari produk atau brand anda perlu dikirimkan seefisien mungkin. Konten tulisan tidak boleh terlalu banyak, dan konten video harus to-the-point.

Tentu saja, ada saat-saat dimana tulisan dalam iklan boleh dibuat panjang. Ini dilakukan apabila anda berusaha menarik hati calon konsumen dengan menggunakan sebuah cerita. Ada waktu dan tempat untuk iklan yang panjang. Namun, apabila anda ingin membuat iklan yang menghasilkan engagement dan conversion, maka sebaiknya iklan tersebut pendek dan efektif.

3. Gunakan Foto atau Video yang Menarik

Facebook Ads mengiklankan produk melalui dua media sosial, yaitu Facebook dan Instagram. Kita tidak boleh melupakan fakta bahwa kedua platform tersebut adalah media sosial berbasis visual. Artinya, cara terbaik untuk menarik perhatian audience adalah dengan membuat konten visual (foto atau video) se-menarik mungkin. Hal ini bisa dicapai dengan desain gambar yang berwarna, video berdurasi pendek, ataupun kata-kata di video.

sumber: dribbble.com

4. Manfaatkan Strategi Hook / Kait

Ketika seseorang sedang scrolling di media sosial, waktu seakan berjalan lebih cepat dan orang-orang berpindah antar-postingan dengan sangat cepat pula. Untuk membuat iklan yang dapat menarik audience untuk berhenti dan melihat, anda harus membuat kait atau hook. Strategi pemasaran yang efektif seringkali melibatkan hook, yang dirancang untuk membangkitkan minat pada produk atau layanan dan memperoleh interaksi lebih lanjut antara pelanggan dan perusahaan. Hook bisa berupa pertanyaan yang relatable dengan permasalahan, teaser, ataupun sebuah statistik. Iklan-iklan di media sosial mulai menggunakan berita ataupun saran seperti “Jangan makan donat tepung lagi”.

5. Jangan Takut untuk Menjual Benefit

Melanjutkan tips bahwa iklan harus dibuat dengan singkat, ada baiknya bila iklan tersebut juga memuat keuntungan konsumen bila membeli dari brand anda. Tidak dapat dipungkiri, konsumen cenderung mencari keuntungan sebesar-besarnya apabila sedang memilih sebuah brand. Oleh karena itu, keuntungan/benefit seperti “Garansi 10 tahun” atau “Beli 1 gratis 1” biasanya dapat menarik perhatian dengan cepat. Gunakan promo-promo yang menarik dalam iklan dan manfaatkan hari raya sebagai momentum peluang.

sumber pada gambar

6. Perhatikan Keywords

Karena dunia internet bergerak dengan cepat, konsumen biasanya membaca tulisan dengan cepat sebelum bergerak ke post selanjutnya. Kata-kata kunci bisa anda gunakan untuk membuat mereka berhenti dan membaca iklan anda sepenuhnya. Keywords yang seringkali dapat menarik perhatian antara lain:

  • Gratis / Free
  • Nikmati / Enjoy
  • Murah
  • Dan lain-lain

7. Manfaatkan Trending Topic

Beberapa waktu lalu ketika salah satu perusahaan Fast Food berkolaborasi dengan boyband Korea BTS dan menciptakan BTS Meal, banyak perusahaan melihat ini sebagai peluang. Perusahaan makanan dan minuman ramai-ramai menggunakan nama BTS sebagai promosi. Trending topic yang meramaikan internet merupakan strategi yang baik apabila anda ingin menjangkau pasar yang baru. Gunakan singkatan yang kreatif seperti BTS (Beli Tiga gratis Satu) dan PPKM (Perut Puas Kantong Murah). Lalu, gunakan hashtag yang relevan agar produk anda mendapatkan lebih banyak reach.

sumber pada gambar

8. Gunakan Bahasa yang Mudah

Berlomba dengan kecepatan audience melakukan scrolling, prioritas utama anda dalam membuat Facebook Ads adalah menggunakan bahasa yang mudah. Bahasa yang terlalu kaku akan membuat orang malas membaca dan akhirnya mengabaikan iklan anda. Anda harus fokus dalam membuat Ads yang mudah dimengerti, bahkan untuk anak SD sekalipun. Ketika calon konsumen melihat iklan anda, mereka harus langsung mengerti apa pesan yang ingin anda sampaikan melalui iklan tersebut.

9. Bangkitkan Respon Emosional

Ketika membuat keputusan dalam melakukan belanja online, emosi mengambil keputusan yang penting karena biasanya mereka tidak sangat membutuhkan barang tersebut. Salah satu cara untuk menarik respon emosional adalah dengan meyakinkan audience bahwa produk anda memperbaiki gaya hidup mereka. Perhatikan contoh berikut ini.

10. Gunakan CTA yang Jelas

Banyak Facebook Ads bagus yang tidak jadi menghasilkan konversi dikarenakan tidak ada follow-up ke langkah selanjutnya. Iklan yang baik di sosial media seharusnya memberi media dan mendorong audience untuk mengambil tahap selanjutnya, yaitu melakukan pembelian. Tidak perlu takut audience akan menghindar setelah melihat CTA di iklan. Selama ada value dan mereka tertarik pada apa yang akan didapat, mereka akan melakukan tindakan. Kemudian, terserah pada halaman arahan Anda untuk melakukan lebih banyak penjualan.

Setelah melihat artikel di atas, apakah anda tertarik untuk menjadi Entrepreneur? Ingin berjualan secara online tapi bingung mencari supplier dari Alibaba atau supplier lain dari China? Jangan khawatir karena AsiaCommerce akan membantu anda dalam mengimpor barang dari China. Kami menyediakan fasilitas Quality Control melalui Gudang Fulfillment kami di China. Kami juga akan membantu anda hingga sampai tahap negosiasi dengan supplier. Tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang agar Anda mendapat produk berkualitas dari supplier yang tepat dan mendapat harga yang terbaik! Klik disini untuk mendaftar atau klik pada banner di bawah ini.