Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tidak jarang ketika sedang membahas impor, orang-orang langsung mengacu pada kegiatan membeli produk luar negeri untuk menggantikan produk lokal. Padahal, impor tidak dapat diartikan sesederhana itu. Hingga saat ini, konsep impor masih memiliki image yang buruk di mata masyarakat Indonesia. Banyak orang masih percaya bahwa impor mematikan pengusaha lokal dan merusak perekonomian negara. Tentu saja, hal tersebut tidak benar. Nyatanya ketika melakukan impor, kita juga memberikan bea masuk berupa Pajak Impor yang masuk menjadi pendapatan negara. Sehingga melakukan impor juga berarti turut berkontribusi pada perekonomian negara dalam artian yang positif. Selain itu, impor juga sebenarnya turut dalam membantu pengusaha lokal, tidak seperti teori yang beredar di masyarakat. Bagaimana mungkin? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Impor Bagi Pemilik Bisnis

1. Membantu Pengadaan Barang Untuk Pengusaha Lokal

Salah satu sifat Entrepreneur yang dapat membantu kesuksesan adalah kemampuan untuk melihat peluang. Seringkali, jawaban atas peluang tersebut tidak dapat ditemukan di dalam negeri. Sebagai contoh, baru-baru ini mulai banyak orang yang memiliki hobi bersepeda atau hiking. Olahraga berbasis Outdoor ini membuat orang-orang kesulitan untuk mempertahankan smartphone mereka tanpa kehabisan baterai di tengah jalan. Sedangkan penggunaan powerbank dapat merusak gadget itu sendiri. Ini merupakan peluang bisnis bagi produk Portable Solar Panel yang mampu secara praktis mengisi baterai gadget dengan ramah lingkungan. Sayangnya, belum ada produk Portable Solar Panel made in Indonesia dengan kualitas yang baik. Sehingga solusi atas ketiadaan barang ini adalah dengan melakukan impor. Impor membantu pengusaha untuk mendapatkan barang-barang yang tidak bisa didapatkan dari supplier lokal.

2. Menjaga Kestabilan Harga

Dalam ilmu ekonomi, konsep perekonomian yang paling dasar adalah Teori Demand-Supply. Teori ini menjelaskan bahwa apabila suatu produk memiliki permintaan yang tinggi sedangkan jumlah stoknya rendah, maka harga produk ini akan naik hingga disebut mahal. Mengapa? Karena produk ini dianggap sebagai sebuah kelangkaan. Untuk menjaga agar produk yang banyak dicari tidak terlalu mahal karena jumlah produk dalam negeri yang sedikit, dilakukanlah impor. Jadi, selain membantu pemilik bisnis, impor juga dapat membantu suatu negara.

3. Meningkatkan Kualitas Produk dalam Negeri

Meningkatkan kualitas dalam negeri bukan berarti produk lokal memiliki kualitas yang lebih buruk daripada produk impor. Dilihat dari segi efisiensi dan bahan baku, teknologi di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan teknologi impor. Ini menjadi masalah ketika Anda menjual produk dengan kualitas sedang di pasar. Produk ini kemudian akan kesulitan bersaing dengan produk-produk lain yang berkualitas tinggi dengan harga lebih murah.

Gunakan saja contoh produk smartphone. Iphone X misalnya, merupakan produk dari Brand Apple yang berasal dari Amerika Serikat. Komponen layarnya berasal dari Korea Selatan, sedangkan Memory Chip-nya berasal dari Jepang. Komponen-komponen tersebut kemudian diimpor ke China untuk dirakit, lalu dikirim ke Amerika Serikat. Apabila proses ini tidak dilakukan, maka harga smartphone mahal ini akan diikuti dengan kualitas yang kurang worth it.

4. Membantu Pemilik Bisnis Mendapatkan Margin Keuntungan Lebih

Salah satu keuntungan melakukan impor adalah Anda dapat menemukan barang-barang dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan penjual biasanya mengambil barang dari impor, kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal untuk mengambil keuntungan. Anda dapat memotong jalur pengadaan barang ini dengan melakukan impor sendiri. Dengan harga beli atau modal yang sangat murah, Anda dapat menjual kembali produk ini dengan harga yang lebih mahal. 

5. Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Pasar

Manfaat impor lain bagi pengusaha adalah dengan adanya impor, Anda sekarang memiliki opsi yang lebih luas daripada hanya bergantung pada supplier lokal. Supplier impor seringkali menawarkan produk-produk unik yang belum pernah ada di Indonesia. Dengan ini, Anda lebih mudah menarik perhatian konsumen baru ke Brand Anda. Ada beberapa kasus dimana konsumen tidak menyadari kebutuhan mereka hingga Anda melakukan edukasi. Contohnya seperti produk seat cushion yang membuat orang-orang betah duduk di depan layar komputer berjam-jam terutama saat WFH (Work From Home). Anda dapat memanfaatkan fenomena ini dengan melakukan edukasi sebagai strategi marketing untuk mencuri head-start. Impor juga memungkinkan Anda mendapatkan gadget canggih untuk membantu proses produksi agar bisa lebih efisien.

Tips agar Bisnis Anda Mendapatkan Customer dengan Cepat

1. Fokus Pada Satu Niche

Dalam membuat bisnis, tahap paling awal adalah melakukan research. Anda harus menentukan niche mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Kemudian memikirkan apakah produk yang akan Anda jual menyelesaikan permasalahan yang ada, ataukah hanya menjual produk tersebut atas dasar keinginan pribadi? Anda juga harus melakukan riset dan penelitian produk apa saja yang saat ini sedang diminati oleh orang Indonesia. Untuk mengetahui produk-produk yang sedang trending pada tahun 2021, silahkan simak disini.

2. Temukan Supplier yang Tepat

Dalam menentukan supplier yang tepat, pikirkan berapa minimal margin keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Anda dapat memanfaatkan platform e-commerce luar negeri seperti Alibaba untuk mencari supplier dengan harga terbaik. Karena biasanya harga produk sudah disediakan untuk dilihat publik secara online. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menghitung rata-rata harga dan melakukan perbandingan antar-supplier dengan cara ini. Namun, harga-harga tersebut tidak selalu paten. Ada beberapa kasus dimana Anda dapat melakukan negosiasi harga dengan Supplier untuk mendapatkan deal yang lebih menguntungkan.

3. Tentukan Target Pasar yang Jelas

Setelah Anda mengetahui produk apa yang ingin Anda jual, tahap selanjutnya adalah melakukan riset terhadap pasar mana yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda. Dengan target pasar yang jelas, Anda akan merasa sangat terbantu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Semisal anda menjual produk Posture Corrector dengan target pasar para pekerja yang melakukan WFH. Maka, untuk ads marketing Anda dapat menarget orang-orang berusia 18-50 tahun yang tinggal di kota besar dan menggunakan keyword “kesehatan” atau “sakit punggung”.

4. Perkuat Branding Anda

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mengetahui target pasar dengan jelas membantu Anda untuk menyiapkan strategi pemasaran yang terbaik. Tentu saja, hanya sekedar beriklan tidak menjamin calon pelanggan melakukan pembelian. Oleh karena itu, Anda harus memperkuat brand dengan membuat narasi dan edukasi. Buat calon konsumen menyadari kebutuhan mereka. Bangun hubungan dengan konsumen dan buat mereka tertarik dengan beberapa promo di waktu-waktu tertentu. Anda harus dapat meyakinkan audience bahwa produk anda merupakan best deal. Gunakan beberapa strategi pemasaran yang berbeda, jangan takut bereksperimen untuk menemukan strategi terbaik bagi target pasar Anda yang unik.

5. Tetap Jaga Hubungan dengan Pelanggan

Setelah pelanggan melakukan pembelian, jangan anggap pekerjaan Anda selesai begitu saja. Anda harus tetap terhubung pada customer base bisnis. Hubungan ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apa saja kekurangan dari bisnis Anda, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi di masa depan. Review atau Ulasan dari pelanggan sangat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan lainnya. Rata-rata ulasan yang bagus memberikan motivasi yang tinggi bagi orang-orang untuk membeli. Bukan suatu hal yang asing ketika suatu perusahaan sukses karena Word of Mouth (rekomendasi dari mulut-ke-mulut). Terutama apabila produk yang dijual memiliki target pasar yang khusus seperti skincare, kerajinan tangan, dan lain-lain.

Setelah melihat artikel di atas, apakah anda tertarik untuk berbisnis dari produk impor? Ingin berjualan secara online tapi bingung mencari supplier dari Alibaba atau supplier lain dari China? Jangan khawatir karena AsiaCommerce akan membantu anda melakukan impor barang dari China. Kami menyediakan fasilitas Quality Control melalui Gudang Fulfillment kami di China. Kami juga akan membantu anda hingga sampai tahap negosiasi dengan supplier. Tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang agar Anda mendapat produk berkualitas dari supplier yang tepat dan mendapat harga yang terbaik! Klik disini untuk mendaftar atau klik pada banner di bawah ini.