Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Perdagangan internasional saat ini merupakan hal yang sangat krusial di setiap negara. Hal itu dikarenakan perdagangan tersebut sangat berdampak pada ekonomi suatu negara. Perbedaan sumber daya di tiap wilayah menjadi dasar terjadinya perdagangan internasional, yaitu dalam bentuk ekspor dan impor. Suatu negara yang memiliki atau memproduksi suatu produk akan mengekspor produk mereka dan negara impor akan menerimanya, sesuai dengan kebijakan dan kesepakatan yang sudah ditetapkan. Tentunya ada manfaat yang sangat besar yang ditimbulkan bagi negara yang melakukan perdagangan internasional ini. Baik dari segi ekonomi, sosial, teknologi dan sains, dan lain sebagainya. Apa saja manfaat perdagangan internasional tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Seputar perdagangan internasional

manfaat perdagangan internasional

Sebelum membahas manfaat perdagangan internasional, ada baiknya kita mengetahui dan memahami terlebih dahulu pengertian dari perdagangan internasional itu sendiri. Perdagangan merupakan sektor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian suatu negara. Perdagangan semakin berkembang di tengah kemajuan teknologi yang memudahkan proses distribusi.

Perdagangan antar negara disebut perdagangan internasional. Perdagangan antar negara memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan negara-negara yang tidak dapat berproduksi di negara tersebut karena keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, atau keterampilan.

Dalam perdagangan internasional terjadi interaksi antar negara dalam bentuk jual beli barang juga jasa berdasarkan kesepakatan bersama. Kerjasama internasional di bidang perdagangan bukanlah hal yang baru saja terjadi saat ini, melainkan sudah ada sejak abad pertengahan. Melalui kegiatan ini, kamu dapat menyadari banyaknya manfaat perdagangan internasional.

Manfaat perdagangan internasional

manfaat perdagangan internasional

Perdagangan internasional dapat dijadikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi suatu negara. Manfaat perdagangan internasional tidak hanya mempengaruhi pendapatan suatu negara. Namun, manfaat perdagangan internasional juga dapat membuka kesempatan kerja, meningkatkan hubungan baik antar negara, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, manfaat perdagangan internasional yaitu suatu negara dapat membantu memenuhi kebutuhan yang barang atau produk yang tidak dimiliki negara yang bekerja sama. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat perdagangan internasional sama-sama bermanfaat dan menguntungkan bagi para pihak yang berpartisipasi dan bekerja sama.

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian beberapa manfaat perdagangan internasional:

1. Peluang Kerja yang Lebih Luas

Manfaat perdagangan internasional yang pertama yaitu dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Karena dengan adanya perdagangan internasional, industri baru semakin bertambah dan berkembang untuk memenuhi permintaan produk dari berbagai negara. Dengan begitu, pastinya akan dibutuhkan tenaga kerja baru demi keberlangsungan proses perdagangan.

Perdagangan internasional juga berpotensi mengurangi pengangguran di beberapa negara. Karena adanya perdagangan internasional, kerjasama antar negara tersebut memudahkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Memperkuat Hubungan Antarnegara

Manfaat berikutnya dari yaitu memperkuat hubungan antarnegara. Negara yang terlibat dalam kerjasama perdagangan internasional akan timbul merasa saling membutuhkan dan lebih jauhnya mempererat persahabatan.

Oleh karena itu, hubungan antar negara akan menjadi lebih harmonis karena setiap negara saling memberikan keuntungan bagi negara yang tergabung dalam kerja sama tersebut.

3. Memperluas Pasar dan Meningkatkan Pendapatan

Perdagangan internasional dapat memperluas pasar bagi perusahaan dan meningkatkan pendapatan. Hal ini dilakukan dengan produksi yang optimal, tanpa khawatir kelebihan produksi dan turunnya harga jual.

Dengan perdagangan internasional, pengusaha dapat memaksimalkan mesin produksi dan menjual produk yang mereka hasilkan ke luar negeri. Dengan cara ini, produktivitas yang tinggi akan meningkatkan pendapatan dan tentu saja keuntungan lebih banyak dari biasanya.

4. Meningkatkan Kemakmuran Suatu Negara

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemakmuran suatu negara. Perdagangan internasional berperan penting dalam meningkatnya pendapatan setiap negara yang terlibat. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional dapat berlangsung demi memenuhi kebutuhan di setiap negara.

Dengan perdagangan internasional, kebutuhan akan terpenuhi dan pendapatan akan meningkat. Oleh karena itu, dengan meningkatnya pendapatan negara akan pula meningkatkan kemakmuran negara yang bersangkutan.

5. Menambah Devisa Negara

Manfaat selanjutnya yaitu perdagangan internasional dapat meningkatkan devisa negara. Ketika sebuah perusahaan mengekspor barang, maka barang tersebut akan dibayar dalam mata uang asing negara pembeli. Mata uang asing itulah yang disebut devisa negara. Semakin luas barang atau produk suatu negara dipasarkan, semakin banyak pula devisa yang akan diperoleh.

6. Kebutuhan Hidup Semakin Mudah Terpenuhi

Manfaat yang keenam dari perdagangan internasional adalah memudahkan setiap negara untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat diproduksinya. Hal ini dapat terjadi karena setiap negara memiliki kekayaan sumber dayanya sendiri. Misalnya seperti kondisi geografis, iklim, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain sebagainya. Semua ini dapat diatasi lebih lanjut dengan mengimpor produk yang dibutuhkan ke negara yang memilikinya.

7. Memperoleh Barang dengan Harga Lebih Murah

Melalui perdagangan internasional, pembeli bisa mendapatkan berbagai produk yang sangat murah namun berkualitas. Tentu saja, jika ingin mendapatkan barang bagus dengan harga murah tanpa memproduksinya sendiri, tentu mengimpor barang adalah solusinya. Terlebih lagi jika bahan baku tidak cukup melimpah di dalam negeri, maka membeli dari negara yang memiliki sumber daya melimpah adalah pilihan yang tepat.

8. Meningkatkan Investasi

Dengan adanya perdagangan internasional, suatu negara dapat menarik investor untuk menanam saham. Dengan menunjukkan hasil produksi yang berkualitas, banyak investor yang ingin menanamkan modalnya.

Semakin banyak investor berinvestasi di saham, semakin baik pertumbuhan ekonomi. Keadaan ekonomi yang baik nantinya akan dapat menciptakan lapangan kerja. Semakin banyak lapangan pekerjaan, maka tingkat pengangguran akan berkurang.

9. Menciptakan Harga yang Stabil

Perdagangan internasional juga dapat menstabilkan harga dan ketersediaan barang untuk kebutuhan negara-negara yang saling bekerja sama. Karena jika suatu negara tidak dapat memproduksi suatu barang atau sulit diperoleh, maka harga cenderung naik.

Dengan perdagangan internasional, situasi ini tidak akan terjadi karena barang-barang yang sulit didapat dapat diimpor dari negara lain untuk menjaga harga tetap stabil.

10. Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Manfaat perdagangan internasional yang terakhir yaitu dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan daya saing perekonomian. Perdagangan internasional akan menciptakan persaingan bagi setiap negara yang bekerjasama. Persaingan yang tercipta haruslah persaingan yang sehat. Persaingan ini dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas produsen bagi setiap negara.

manfaat perdagangan internasional

Itulah beberapa manfaat perdagangan internasional yang sudah kamu ketahui. Karena adanya manfaat tersebut, perdagangan internasional pun dapat berlangsung sampai sekarang. Kamu juga bisa, lho ikut berpartisipasi dalam perdagangan internasional. Salah satunya adalah melakukan kegiatan impor bagi kamu yang memiliki ketertarikan dalam berbisnis. Barang yang lebih murah bisa kamu dapatkan, dan tentunya kamu akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak. AsiaCommerce dapat membantumu dalam proses impor barang tersebut, sehingga kamu tidak perlu repot mengurus kegiatan impor dan tinggal duduk manis menunggu barangmu sampai. Impor barang tanpa ribet, tentu hanya di AsiaCommerce. Klik di sini untuk bergabung atau klik gambar di bawah ini.