Banyak dari kita yang sudah tau bahwa pemasaran tradisional sudah tidak efektif dan orang-orang mulai beralih ke pemasaran digital. Iklan di TV sering kali diskip oleh penonton dengan mengganti ke channel lain yang acaranya sudah mulai, begitu juga kejadian yang sama menimpa koran dan majalah. Sekarang ini ada berbagai macam jenis pemasaran yang dinilai lebih efektif, dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial, fitur-fitur di internet dan lain sebagainya. Salah satu jenis pemasaran digital yang sebenarnya tidak memerlukan biaya apapun adalah content marketing. Apalagi content marketing sama menguntungkannya dengan strategi pemasaran digital lain seperti iklan penelusuran berbayar atau pemasaran sosial media berbayar.

Penggunaan strategi content marketing adalah untuk menarik audiens dengan tujuan mengonversi ataupun mempertahankan mereka menjadi konsumen dengan cara membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, penting dan konsisten. Anda tidak bisa sembarangan memproduksi konten untuk content marketing, karena terdapat dua elemen penting yang harus diperhatikan dalam content marketing.

Elemen Penting Dalam Content Marketing

Pertama, konten harus memenuhi syarat ini yaitu penting, relevan dan konsisten. Anda harus membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya Anda mengelola bisnis makanan. Maka Anda perlu membuat konten yang berhubungan dengan makanan. Relevan pun juga tidak cukup, Anda perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak untuk diketahui oleh target audiens. Kemudian yang terakhir adalah konsisten. Dalam content marketing, Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Diperlukan banyak konten yang Anda buat secara konsisten dan berkala untuk akhirnya Anda bisa merasakan manfaat content marketing pada bisnis Anda.

Kedua, strategi content marketing adalah bagaimana cara kita untuk mengonversi audiens menjadi konsumen. Perlu diingat bahwa memproduksi konten untuk content marketing bukan hanya untuk menghibur dan memberikan pengetahuan kepada audiens saja. Ada tujuan yang harus dicapai yaitu mengonversi audiens menjadi pelanggan. Jadi setelah mengkonsumsi konten yang Anda buat, audiens bisa tergerak untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain dua elemen penting di atas. Ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk dapat meningkatkan strategi content marketing Anda dengan baik, benar dan maksimal.

1. Pastikan Tujuan Konten Anda

Seperti yang sudah kita bahas di atas, konten yang kita buat harus penting, relevan dan juga konsisten. Ketika Anda ingin menjalankan content marketing dengan baik, Anda juga harus memikirkan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuannya. Apakah tujuannya hanya untuk memberikan informasi dan edukasi kepada audiens, atau untuk menggiring minat audiens agar tertarik juga dengan produk yang Anda pasarkan.

Apapun tujuannya, Anda harus menyusunnya dengan baik sehingga tidak salah dalam menyampaikan suatu konten. Dengan lebih dulu mengetahui tujuan dibuatnya suatu konten. Anda akan lebih mudah dalam merangkai kata demi kata di dalam isi konten tersebut. Namun ada baiknya dalam menyusun content marketing, lebih baik jika kita tidak hanya sekedar mengedukasi audiens, tapi buatlah juga audiens tertarik dengan produkmu, supaya bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang.

2. Identifikasi Audiens

Apakah yang Anda ketahui dari para audiens. Identifikasi audiens dan target pasar untuk memudahkanmu untuk mengatur konten dan keyword apa yang cocok, sesuai dengan target pasar yang Anda inginkan. Identifikasi keyword dengan lebih dalam dan tepat dengan beberapa tools yang ada seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, dan Moz. Tempatkan juga diri Anda di posisi pelanggan. Kira-kira apa keyword dan kata-kata yang mereka ketikkan ke mesin pencari ketika ingin menemukan artikel dan produk milik Anda. Misal jika Anda sedang ingin mencari produk jaket. Coba pikirkan, kira-kira apa yang akan Anda ketikkan di mesin pencarian? Nah, gunakanlah keyword itu untuk Anda gunakan pada produk dan artikel Anda.

3. Optimalkan Pencarian Untuk Mendapat Peringkat Teratas

Saat calon pelanggan mencari produk atau artikel Anda di mesin pencari, pasti Anda ingin artikel kalian terlihat di Search Engine Results Page (SERP). Idealnya, Anda ingin website kalian muncul di halaman pertama dan berada pada peringkat teratas mesin pencari.

Pertimbangkan untuk menggunakan keyword yang terdiri dari beberapa kata untuk keefektifan Search Engine Optimization (SEO). Hampir tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat teratas dengan hanya menggunakan satu keyword ketika ada begitu banyak konten yang tersedia di internet. Membuat konten dengan keyword yang terdiri dari beberapa kata memiliki manfaat tambahan yang dapat memperkuat keyword utama website Anda. Misalnya, Anda menjalankan bisnis menjual panci. Alih-alih hanya menggunakan keyword “Panci”, Anda dapat membuat artikel yang menggunakan keyword seperti “Panci Anti Karat”, “Panci Anti Lengket” dan seterusnya.

4. Promosikan di Media Sosial

Setelah selesai membuat konten yang sesuai dan kemudian mempostingnya, bagikan dan distribusikan konten tersebut diberbagai macam platform yang ada, seperti Instagram, Facebook, Twitter, komunitas, forum, email dan lain sebagainya. Karena ada beberapa artikel yang laris manis ketika sudah beredar di media sosial. Di era yang serba online ini juga, banyak masyarakat yang beralih menggunakan media sosial dan dapat menemukan apapun yang mereka cari melalui platform-platform di atas. Jadi, ini adalah saat yang tepat untuk Anda mempromosikan produk melalui media sosial.

5. Periksa Hasilnya

Setelah semuanya selesai, langkah akhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek dan memeriksa hasil dari konten yang telah Anda bagikan tersebut dengan beberapa tools yang tersedia misalnya Google Analytics. Apakah konten dan artikel yang sudah Anda jalankan berjalan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran atau malah tidak berjalan sama sekali?

Apabila hasilnya mengalami kendala atau kurang memuaskan, berarti ada yang kurang dari konten yang sudah Anda buat tersebut. Silahkan Anda lakukan evaluasi dan observasi konten dari awal lagi agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Kesimpulan

Ketika ingin melakukan strategi content marketing yang tepat untuk pencapaian sebuah bisnis tentu diperlukan adanya pengoptimalan yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan content marketing untuk situs website Anda. Berbagai trik khusus yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan content marketing yaitu dengan memastikan tujuan konten, identifikasi audiens, optimalkan pencarian untuk mendapat peringkat teratas, promosikan di media sosial dan melakukan analisis hingga evaluasi.

Semua hal tersebut dilakukan bertujuan agar kualitas konten yang Anda posting benar-benar bagus dan bernilai karena sebelumnya sudah dilakukan pengujian terlebih dahulu. Sehingga saat sudah diposting Anda bisa lebih mudah menganalisa dan mengatur strategi lainnya dengan tepat untuk selalu menjadi lebih baik dan semakin baik lagi.

Nah itulah cara untuk meningkatkan bisnis Anda dengan content marketing. Masih bingung mau bisnis apa? AsiaCommerce punya solusinya! Kami siap membantu anda dengan pengadaan dan pengiriman barang lintas negara yang akan di handle oleh team professional kami. Caranya sangat mudah,  cukup mengisi form dengan mengklik link ini dan tim kami akan segera menghubungi anda. Yuk mulai bisnis anda sekarang!