Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Seringkali dalam membangun sebuah bisnis, perusahaan yang kita bangun kesulitan untuk mencari pasar yang tepat dan juga kesulitan dalam mengikuti persaingan harga. Sebabnya? Perusahaan kita masih kalah dengan perusahaan-perusahaan besar yang memiliki posisi persaingan yang lebih baik karena mereka memiliki sumber daya yang relatif lebih unggul daripada perusahaan kecil. Salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan kecil agar dapat bertahan dan tetap bersaing adalah dengan melakukan strategi pemasaran relung (niche marketing). Strategi ini menyadari bahwa meskipun segala jenis pasar telah diambil oleh banyak perusahaan, namun masih ada pasar yang kurang diminati oleh perusahaan besar dan hal tersebut dapat dijadikan peluang bagi perusahaan yang lebih kecil untuk memperoleh profit meskipun pasarnya lebih kecil atau lebih sedikit.

Pada niche marketing, perusahaan kecil pada dasarnya menghindari persaingan langsung dengan perusahaan besar sehingga memilih pasar yang tidak dimasuki oleh perusahaan besar. Persaingan dalam niche marketing bersifat lebih terbatas karena jumlah perusahaan yang bermain dalam pasar relung lebih sedikit dibandingkan pasar terbuka biasa. Berikut akan kami bahas niche-niche yang sedang trending di pasar e-commerce.

Niche Trending dalam Apparel dan Aksesoris

1. Athleisure

Athleisure adalah jenis look yang dapat dipakai baik untuk workout maupun untuk everyday wear. Hal ini dikarenakan kenyamanan yang ditawarkan dan modelnya yang cocok untuk dipakai kemanapun. Website www.heuritech.com menemukan bahwa Sektor Athleisure telah tumbuh sebanyak 42% dalam tujuh tahun terakhir. Pada tahun 2026, diprediksikan akan mencapai nilai lebih dari $250 miliar USD. Inovasi teknologi pada kain, tren estetika sporty, dan body-positive movement yang sedang ramai baru-baru ini telah menjadi dasar bagi kesuksesan sektor ini. Sehingga sektor niche marketing ini sangat menarik bagi para pebisnis yang baru akan memulai brand-nya sendiri. Terlebih lagi dengan besarnya potensial produk yang dapat dihasilkan sebuah brand. Produk-produk yang termasuk dalam Athleisure antara lain seperti sweatpants, crew neck sweaters, dan mock tops.

sumber: marieclaire.co.uk
sumber: purelondon.com

2. Blazers

Blazers adalah sejenis jas yang lebih casual untuk perempuan. Biasanya, blazers digunakan untuk bekerja, namun tidak menutup kemungkinan untuk dipakai ke acara formal lainnya atau hanya sebagai substitusi coat. Sektor Niche Marketing ini mengalami peningkatan trend sejak tahun 2019. Namun, sebagai akibat maraknya Work From Home (WFH) pada saat itu, terjadi penurunan drastis pada tahun 2020. Hingga kini, tren blazer terus-menerus mengalami peningkatan dikarenakan fleksibilitas yang dimiliki oleh blazer dalam dunia fashion. Entah itu untuk dipakai secara formal atau casual, memiliki model panjang atau pendek, ataupun untuk musim-musim tertentu.

sumber: asos.com

3. Crop Tops

Pernah tren pada tahun 2014 hingga 2015, crop tops diprediksikan akan kembali meningkat pada tahun 2021. Crop tops pada awalnya dibuat sebagai pakaian musim panas. Namun, seiring perkembangan teknologi pembuatan pakaian, muncul banyak cara untuk memadu-padan crop tops dengan model pakaian lain. Crop tops bagus untuk dilirik sebagai peluang bisnis dalam dunia apparel dikarenakan kepopulerannya di hampir setiap niche di dunia fashion.

sumber: Dollskill.com

4. Joggers

Seperti celana olahraga, joggers berfokus pada kenyamanan. Lebih ringan dalam bobot material dan menawarkan lebih banyak variasi desain, jogger telah menjadi produk olahraga sepanjang tahun. Niche ini juga mengalami peningkatan popularitas bersamaan dengan Athleisure karena kecocokan mereka. Selain sangat nyaman, joggers juga dilengkapi dengan ikat pinggang elastis dan memiliki banyak fluiditas sehingga sangat nyaman digunakan. Pada tahun 2020 sendiri, sebagai akibat dari lockdown yang terjadi secara global, terjadi peningkatan pada tren joggers. Sehingga hal ini menjadi peluang bisnis baru yang tidak kalah menarik.

5. Loungewear

Pandemi yang menyebar secara besar-besaran pada tahun 2020 memaksa banyak orang di seluruh dunia untuk menjalankan stay at home. Karena keadaan ini, bukan sebuah kejutan bahwa Loungewear akan menjadi tren pada tahun 2021. Loungewear merupakan jenis pakaian yang nyaman dan cocok untuk dikenakan di rumah karena berada diantara pakaian casual dan nightwear. Pada perkembangannya, loungewear dibuat semakin terlihat bagus hingga pada tahun 2021, orang-orang mulai menggunakannya juga pada saat berada di luar rumah. Tren akibat pandemi ini membuka jalan terhadap peluang usaha Loungewear secara online.

sumber: www.theupcoming.co.uk

6. Puff Sleeve Apparel

Pernah trending selama bermusim-musim pada tahun 2020, puff sleeve disukai banyak orang karena memiliki banyak model dan cocok untuk digunakan dengan pakaian dari yang berasal dari niche lainnya. Dapat dilihat pada data google trends, puff sleeve mengalami peningkatan yang drastis menjelang akhir tahun 2019 hingga sekarang. Untuk digunakan sebagai strategi marketing niche di e-commerce, puff sleeve dapat dikatakan memiliki peluang yang baik.

sumber: Google Trends
sumber: Google

7. Crossbody Bags/Tas Selempang

Apabila anda mencari aksesori pakaian yang trending dan terus bertahan untuk waktu yang lama, maka jawabannya adalah crossbody bags atau tas selempang. Terdiri dari banyak model, aman dan praktis untuk dibawa, serta cocok digunakan dengan apapun adalah karakteristik dari tas selempang . Hal ini membuat niche tas selempang selalu on high demand di pasar. Di Indonesia sendiri, tren kata tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ini menjadikan bisnis tas selempang, meskipun merupakan niche yang kecil dan spesifik namun, masih mencakup pasar yang luas di Indonesia. Sehingga merupakan peluang bisnis yang cukup menarik.

sumber: Google Trends
sumber: asos.com

8. Waterproof Pants

Waterproof pants atau celana tahan air sudah sering dipakai oleh orang-orang yang tinggal di negara dengan banyak musim. Niche ini biasanya digunakan untuk olahraga hiking. Namun, celana tahan air sebenarnya sangat cocok digunakan oleh orang Indonesia. Dengan semakin meningkatnya tren bersepeda dan outdoor sports lain pada tahun 2021, celana tahan air dapat menjadi solusi pada saat musim hujan atau untuk menghadapi hujan ketika sedang berada di luar. Baik karena pilihan atau kebutuhan, pasar celana olahraga yang tahan air dan suhu juga semakin populer pada tahun 2021. Dapat diprediksi bahwa celana anti air akan menjadi tren yang sangat besar tahun ini. Sehingga, Entrepreneurs sebaiknya mulai mengumpulkan sumber daya untuk mengambil keuntungan dari tren ini.

sumber: Google

Ingin memulai bisnis dengan strategi Niche Marketing tapi bingung mau dapat barang dari mana? Ingin berbisnis dengan modal kecil namun kembali dengan untung yang besar? AsiaCommerce menyediakan solusi impor barang dari luar negeri dengan harga lebih murah yang dapat kamu jual kembali dengan keuntungan lebih. Impor di AsiaCommerce sangat mudah dan aman karena selain memiliki gudang di China, kami juga akan membantu kamu menghubungi supplier. Yuk gabung menjadi member AsiaCommerce sekarang juga dan nikmati kemudahan berbisnis!