Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis pada saat ini tidak lagi sama dengan bisnis pada masa lalu. Berkat teknologi, saat ini jarak dan komunikasi tidak lagi menjadi masalah. Banyak kegiatan jual beli dilakukan dengan tanpa melakukan tatap muka, namun masih tetap menjaga kepercayaan dan tanggung jawab. Kegiatan marketing kini dapat dilakukan hanya dengan menekan beberapa tombol di media sosial. Tanpa tatap muka, tanpa perlu berbicara, dan hanya dengan menulis. Hanya dengan beberapa peralatan seperti Laptop dan HP yang memiliki kamera bagus, anda sudah dapat membuka toko sendiri di media sosial dan E-Commerce. Teknologi membuat peluang bisnis semakin mudah ditemukan.

Meskipun sudah terbantu oleh kecanggihan teknologi, tidak ada jaminan bahwa produk yang dijual secara online pasti laku dan memberi keuntungan dengan cepat. Apa saja barang-barang yang dapat laku terjual secara online? Saya merangkum produk-produk yang diprediksi trending pada tahun 2021 sebagai berikut:

1. Bluetooth Headphones

Peluang bisnis baru dapat ditemukan dari hasil inovasi. Website www.grandviewresearch.com mencatat bahwa terjadi kenaikan drastis pada permintaan akan Bluetooth Headphones pada 6 tahun terakhir. Website tersebut juga memprediksikan bahwa permintaan akan terus mengalami kenaikan pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan smartphone yang menghapus jack headphone dari desain mereka. Selain itu, setiap tahun semakin banyak orang mulai menghargai kenyamanan dari perangkat tanpa kabel seperti ini.

2. Yoga Mats/Karpet Yoga

Sejak awal pandemi, muncul istilah “Stay At Home” dan “New Normal”. Sebagai akibat dari gaya hidup yang baru ini, banyak orang mulai memikirkan bagaimana mereka dapat stay-in-shape meskipun berada di rumah saja. Olahraga rumahan yang murah seperti yoga, pilates, dan aerobics mulai kembali digemari oleh orang-orang. Olahraga-olahraga ini biasanya membutuhkan sejenis karpet karet agar tidak tergelincir atau memar selama berolahraga. Untuk promosi, Yoga Mats dapat dipaketkan dengan produk olahraga lainnya agar konsumen merasa mendapatkan tawaran terbaik.

sumber: Google

3. Seat Cushions

Produk ini menjadi perhatian pasar karena kemunculan Home Offices sehubungan dengan kampanye Work From Home. Bantalan kursi ini menjadi trend dan memiliki pencarian yang banyak pada website-website marketplace. Fenomena ini menghasilkan peluang bisnis bagi produk yang dapat memberi sebuah kenyamanan. Untuk mengambil keuntungan maksimal, disarankan mengambil barang dari supplier China Alibaba . Hal ini dikarenakan harga Seat Cushion pada website tersebut rata-rata sangat murah.

sumber: Alibaba

4. Wi-Fi Repeater

Target pasar produk ini juga mengandalkan akibat dari maraknya WFH. Wi-Fi Repeater berguna untuk menggandakan sinyal Wi-Fi rumah sehingga bisa menjangkau bagian rumah yang lain dengan kecepatan yang sama. Diprediksi akan semakin banyak orang yang beralih ke remote work sehingga membutuhkan Wi-Fi Repeater untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

sumber: Alibaba

5. Wearable Devices

Perangkat wearable berawal dari hanya sebuah fitness tracker yang menempel pada jam digital. Namun dalam perkembangannya, fitness tracker ini menjadi Smartwatch yang dapat dihubungkan dengan smartphone. Ada smartwatch yang dapat digunakan untuk menelepon, ada juga yang memiliki kamera untuk selfie, dan lain-lain. Meskipun mahal, permintaannya di pasar cukup tinggi dikarenakan kegunaannya untuk sehari-hari.

6. Posture Correctors

Kembali kepada dampak dari pandemi Covid-19. Posture Correctors atau biasa disebut pemberat punggung menjadi produk yang banyak dicari. Produk ini memanfaatkan peluang dari kondisi WFH dan sekolah online yang terjadi secara global. Melalui Google Trends, dapat dibuktikan bahwa pencarian terhadap produk ini mengalami peningkatan berkali-kali. Di Alibaba sendiri, harga jualnya mulai dari $2 hingga $10 sehingga margin keuntungannya bisa sangat besar.

sumber: Google Trends
sumber: Alibaba

7. Bluetooth speaker

Dalam beberapa tahun terakhir, kepopuleran “Smart Terminal” terus mendukung kenaikan atas permintaan akan kualitas suara dan tampilan. Dalam hal ekspor dari Tiongkok, total volume ekspor produk audio elektronik meningkat sebanyak 6,27% pada 2017. Angka ini akan terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan teknologi, tidak terpengaruh meskipun pandemi.

sumber: Alibaba

8. Tato Tidak Permanen/Temporary Tatoo

Temporary Tatoo semakin populer karena orang-orang ingin mengekspresikan diri lewat seni tanpa perlu berkomitmen pada sesuatu yang bersifat permanen. Berawal dari tato hitam putih biasa, saat ini ada banyak varian yang dapat ditemukan di Marketplace China manapun. Varian inovasi ini termasuk tato berwarna, tato yang aman untuk anak-anak, dan tato “Glow In The Dark”. Di Alibaba sendiri, range harga yang ditawarkan bahkan rata-rata kurang dari $1. Menjadikan produk ini sebagai salah satu produk dengan potensi margin yang luar biasa.

sumber: Alibaba

9. Cermin LED

Masih berhubungan dengan kecantikan, cermin dengan lampu LED banyak disukai oleh kaum wanita. Alasannya adalah karena cermin ini secara alami lebih terang dari cermin biasa. Sehingga mempermudah mereka untuk mengaplikasikan make-up. Selain itu, harganya juga bisa dibilang terjangkau untuk produk yang berguna dan tahan lama. Karena manfaatnya, orang-orang lebih memilih cermin ini daripada cermin biasa dan cenderung tidak keberatan membayar biaya selisihnya.

sumber: Alibaba

10. Air Fryer

Banyak orang yang menyukai gorengan meskipun makanan tersebut tergolong tidak sehat. Adanya “Healthy Trend” yang dimulai 3-4 tahun lalu membuat banyak orang memiliki kesadaran untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Akibatnya, beberapa orang mulai mencari alternatif dari makanan favorit mereka. Air Fryer bisa dianggap mahal oleh beberapa konsumen. Namun, hal ini dapat diakali dengan mengimpor secara grosir dari China dengan harga paling tinggi $36.

sumber: Alibaba

11. Bantal Orthopedic

Produk lain yang ikut bertambah populer seiring dengan naiknya kesadaran pola hidup sehat adalah bantal ortopedi. Bantal ini didesain khusus untuk memperbaiki posisi tidur di ranjang sehingga menghasilkan tidur yang berkualitas. Bantal ini dapat dibeli dengan harga terjangkau dalam jumlah besar (grosir). Sehingga ada potensi margin besar dengan melakukan impor dari marketplace China.

sumber: Alibaba

12. Pemijat Leher

Masih membahas produk yang berhubungan dengan kesehatan. Pemijat leher mensimulasikan gerakan memijat yang dapat membantu mengendurkan otot dan persendian yang sakit. Pemijat leher yang baik akan menambah tekanan yang cukup untuk meredakan simpul di leher dan bahu, tanpa menekan terlalu keras. Produk ini cocok untuk dipasarkan kepada orang-orang yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari.

sumber: Alibaba

13. Selfie Ring Light

Selfie sudah booming sejak beberapa tahun yang lalu. Namun hingga kini, masih belum ada tanda-tanda orang akan berhenti melakukan selfie. Bahkan, kehadiran Instagram dan TikTok seakan memberi jaminan bahwa tren ini akan berumur panjang. Hal ini dapat dilihat sebagai peluang bisnis baru yang sustainable. Selfie Ring Light membantu agar kualitas selfie dan vlog lebih bagus dan menarik. Produk ini dijual dengan harga yang sangat murah di Alibaba.

sumber: Alibaba
sumber: Google Trends

14. Silikon Penutup Sepatu Waterproof

Sebagai negara dengan dua musim, orang Indonesia lebih sering merasakan hujan. Orang-orang yang sering berjalan dalam hujan pasti pernah merasa risih dan kesal ketika sepatu basah karena kemasukan air. Waterproof Shoe Cover membantu menyelesaikan masalah ini. Selain waterproof, produk ini juga datang dengan desain dan warna yang cantik sehingga sepatu tetap terlihat fashionable. Target pasar produk ini juga dapat ditujukan kepada pecinta sepatu dan kolektor sepatu. Mereka tidak lagi perlu takut sepatunya kotor ketika sedang dipakai.

sumber: Alibaba

15. Wireless Charger

Selama 2 tahun ini, terdapat lonjakan besar pada permintaan pengisian daya secara nirkabel. Lonjakan ini terjadi karena perkembangan teknologi yang mengakibatkan pergerakan menjadi semakin instan dan praktis. Dari tahun ke tahun, harga produk ini juga semakin terjangkau juga sehingga semakin banyak orang yang menggunakannya. Wireless Charger dianggap cocok untuk dijual di Indonesia mengingat tingginya minat orang Asia terhadap barang elektronik. Di Alibaba sendiri, produk ini dijual dengan sangat murah sehingga potensi keuntungan cukup besar apalagi bila diimpor dalam grosir.

sumber: Alibaba

16. Boardgame

Sebelum pandemi, banyak Cafe Boardgame yang muncul dikarenakan tingginya minat terhadap jenis permainan tersebut. Kemudian pandemi datang dan membuat pengunjung di cafe-cafe tersebut berkurang drastis. Karena alasan keamanan, mulai banyak orang yang membeli boardgame sendiri dan memainkannya di rumah saja. Polemik Dewa Kipas VS GM Irene pada Maret 2021 terutama membuat penjualan papan catur meningkat tajam. Bisa dilihat pada grafik Google Trends dan Alibaba di bawah ini bagaimana trend pencarian “Papan Catur”.

Tentu saja, fakta bahwa orang-orang sering terjebak di rumah akhir-akhir ini meningkatkan peluang bisnis boardgame. Minat pada catur mungkin merupakan trend yang terlihat “lewat sebentar”. Namun begitu orang-orang sudah menyukai boardgame, biasanya mereka selalu menginginkan lagi. Jadi ini bisa menjadi salah satu produk niche dengan potensi yang besar.

17. Solar Panel Portabel

Pada saat ini, banyak orang mulai menginvestasikan uang untuk panel surya. Hal ini didukung oleh meningkatnya kesadaran terhadap produk ramah lingkungan. Trend ini merupakan peluang bisnis yang berpotensi memberikan keuntungan untuk jangka panjang karena sifatnya yang fluktuatif.

sumber: Alibaba

18. Reusable Water Bottles

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih perhatian terhadap kesehatan mereka. Di waktu yang sama, kesadaran terhadap Global Warming dan Lingkungan membuat orang-orang berusaha mencari alternatif terhadap plastik sekali pakai. Dengan menggabungkan kedua trend ini, kita akan melihat growing demand terhadap Botol Minum Reusable. Banyaknya pesaing dalam sektor ini dapat diakali dengan membuat desain yang menarik dari bahan yang unik seperti gambar di bawah ini. Produk ini dapat dipasarkan kepada orang-orang yang berolahraga untuk menjangkau pasar yang lebih sempit.

19. Tenda Mainan untuk Anak-Anak (Kids Tent)

Pada masa pandemi ini, para orang tua berusaha sebisa mungkin untuk menghibur anak-anak mereka tanpa perlu bermain di luar. Fenomena ini menjadi peluang bisnis bagi mainan anak-anak, terutama yang bertemakan outdoors. Dengan produk ini, orang tua dapat tetap membuat anak-anaknya memiliki experience bermain seakan di luar rumah. Semakin menarik desain tenda anak, maka semakin baik pula kualitas produknya karena dapat menarik perhatian anak. Untuk strategi pemasaran yang baik, sebaiknya dilakukan dengan memberikan edukasi kepada orang tua anak.

sumber: Alibaba

20. Tripod HP

Apabila sebelumnya tongkat selfie (selfie stick) laku keras karena fenomena selfie akibat Instagram, maka produk selanjutnya adalah Phone Tripod. Produk ini laku keras di marketplace dikarenakan fenomena TikTok yang membutuhkan HP untuk berdiri sendiri jauh dari pengguna demi hasil video yang terbaik. Beberapa anak yang sekolah dan les di rumah dengan menggunakan HP juga akan terbantu oleh produk ini. Tripod HP diprediksi akan terus mengalami peningkatan demand untuk tahun-tahun yang akan datang.

sumber: Alibaba

Setelah melihat artikel di atas, apakah anda tertarik untuk menjadi Entrepreneur? Ingin berjualan secara online tapi bingung mencari supplier dari Alibaba atau supplier lain dari China? Jangan khawatir karena AsiaCommerce akan membantu anda dalam impor barang dari China. Kami menyediakan fasilitas Quality Control melalui Gudang Fulfillment kami di China. Kami juga akan membantu anda hingga sampai tahap negosiasi dengan supplier. Tunggu apa lagi? Bergabunglah sekarang agar Anda mendapat produk berkualitas dari supplier yang tepat dan mendapat harga yang terbaik! Klik disini untuk mendaftar atau klik pada banner di bawah ini.