Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya omset merupakan salah satu faktor utama dalam tolak ukur keuntungan. Semakin tinggi penjualan, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, untuk memastikan omset bulanan agar terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Banyak para pebisnis yang akan menghabiskan banyak dana (seperti melakukan pengiklanan pada beberapa sosial media) tanpa mempelajari strategi apa yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan, seperti memanfaatkan penggunaan SEO, Promo dan lain sebagainya. Penting untuk mengetahui apa saja strategi yang dapat menggandakan omset agar menjadi profit bagi para pelaku bisnis

Berikut strategi yang dapat anda implementasikan dalam meningkatkan jumlah penjualan bisnis anda :

1. Mengoptimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimizer) atau dikenal sebagai optimasi mesin pencari. SEO dikenal sebagai cara untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung dalam sebuah halaman. Tujuan dari SEO sendiri ialah membuat bisnis anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman hasil pencarian Google, sehingga penjualan produk bisnis andapun akan meningkat.

Jika saat ini jumlah kunjungan web anda 15.000/bulan dan mampu menghasilkan penjualan 150 produk. Maka secara sederhananya, jika kita mampu meningkatkan trafficnya menjadi 30.000 kunjungan perbulan maka tentu penjualan anda juga akan meningkat menjadi dua kali lipat.

2. Menerapkan Up – selling & Cross – selling

Up – selling dapat dibilang sebagai sebuah cara agar pelanggan mau mengeluarkan lebih banyak barang dengan membeli produk setipe atau yang sama. Kelebihan yang di dapatkan oleh konsumen sendiri ialah adanya pemberian garansi atau mendapatkan spesifikasi kualitas yang lebih baik dari barang lainnya. Sedangkan cross – selling ialah teknik penjualan agar pelanggan mengeluarkan biaya lebih dengan membeli tambahan produk jenis lain. Strategi ini kerap digunakan oleh para pelaku bisnis yang menjajakan dagangan nya secara online, karena dinilai sangat membantu menaikkan omset penjualan mereka.

3. Menjual Produk dengan paket bundling secara terbatas

Paket bundling adalah suatu cara, metode dan strategi pemasaran yang menjual dua atau lebih produk dalam satu paket dengan harga yang lebih murah. Strategi bundling ini diterapkan oleh penjual dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk dengan memberikan kemudahan pembelian, pengehematan waktu, memperkecil biaya promosi, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada konsumen. Jika kita menjual paket bundling ini secara terbatas maka akan terlahir presepsi pada konsumen yang merasa beruntung dan superior hanya dengan memiliki produk langka tersebut.

4. Berikan free shipping pada pemberlian tertentu

Seringkali biaya ongkos kirim menjadi alasan pelanggan gagal membeli produk. Hal yang dikeluhkan oleh para pelanggan ialah besarnya ongkos kirim melebihi harga barang yang dibeli.

Beberapa marketplace seperti Amazon dan Shopee mempunyai cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara yang mereka gunakan dengan memberikan ongkos kirim gratis. Opsi ongkos kirim gratis juga diberikan syarat dan ketentuan, salah satunya memberlakukan minimal pembelian.

5. Mengadakan promo Flash Sale

Promosi flash sale dikenal juga sebagai promo dalam waktu terbatas. Penawaran seperti ini sangat banyak diburu oleh sebagian besar mayarakat Indonesia. Promo ini dapat menciptakan ketertarikan pelanggan serta memikat urgensi pembelian barang dengan rasa takut akan kehilangan produk-produk tertentu. Dengan strategi promo flash sale tentu akan semakin menarik minat pembelian dalam jumlah besar di waktu yang sangat singkat.

Nah beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk menggandakan omset bisnis kalian. Masih bingung mau bisnis apa? AsiaCommerce punya solusinya! Kami siap membantu anda dengan pengadaan dan pengiriman barang lintas negara yang akan di handle oleh team professional kami. Caranya sangat mudah,  cukup mengisi form dengan mengklik link ini dan tim kami akan segera menghubungi anda. Yuk mulai bisnis anda sekarang!