Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tahukah Anda? Di zaman sekarang ini desain packaging atau kemasan telah menjadi elemen yang penting untuk menarik perhatian para konsumen. Selain menjadi bagian dari marketing, desain kemasan juga merepresentasikan identitas dari produk bisnis anda. Selain menjadi sebuah identitas, packaging juga menjadi pembeda dari product kompetitor. Dalam menghasilkan sebuah packaging atau kemasan yang menarik Kreativitas dan inovasi memanglah menjadi sebuah tantangan dalam pembuatan nya.


Menjual produk secara online sedikit berbeda dengan menyimpannya di rak toko. Konsumen tidak akan bisa menyentuh dan merasakan produk sebelum membelinya, sehingga kemasan harus menarik. Meski begitu, produk yang ada di rak harus cukup menonjol dari persaingan sehingga konsumen dapat membelinya.


Hal yang bisa Anda lakukan agar kemasan Anda terlihat unik dan menarik yaitu:

1. Pemilihan bungkus kemasan

Sesuaikanlah target pasar Anda dengan identitas produk yang ingin Anda jual agar terlihat menarik. Kemasan produk bisa disesuaikan dengan target pasar anda. Gaya minimalis yang simple dan menarik menjadi identitas produk di zaman ini. Jika produk Anda berupa kosmetik yang memiliki target para remaja, tips yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan bungkus berwarna pastel. Namun, jika Anda menyukai kemasan simple nan unik gunakanlah bungkus yang memberikan kesan vintage.

2. Pemilihan Tipografi

Baik produk tersebut dijual secara online, atau di toko atau keduanya, teks pada kemasan harus dapat terbaca. Pasar sasaran menentukan seberapa besar atau kecil Anda dapat membuat teks. Warnanya harus sesuai dengan desain keseluruhan paket. Ini juga membutuhkan penempatan hanya teks yang penting dan menghilangkan teks yang berlebihan. Jika konsumen memiliki masalah dalam membaca betapa hebatnya produk Anda, mereka akan membeli produk dari kompetitor atau pesaing.

3. Berikan kartu ucapan dan hadiah

Sisipkan apresiasi Anda terhadap pelanggan serta berikan hadiah kecil berupa sticker atau voucher diskon untuk pembelian berikutnya.  sehingga mereka terdorong untuk membeli kembali dan memberikan ulasan yang baik kepada produk anda.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pengiriman barang pastikan terlebih dahulu yuk bahwa Anda telah melakukan pengemasan barang dengan tepat sekaligus mempertahankan estetika produk Anda. Simak  Langkah-langkah berikut yang perlu diperhatikan:

1. Cara mengemas barang cair

Botol plastik

Jika Anda ingin mengirim barang cair sebaiknya gunakanlah wadah plastik berbentuk botol untuk menghindari kebocoran. Ketebalan botol plastik kemasan dapat berpengaruh terhadap keamanan produk. Jenis botol plastik yang disarankan adalah oval bottom yang dapat membantu cairan berdiri tegak dengan baik. Pastikan agar Anda menyegel botol tersebut dengan menggunakan lakban tambahan atau plastic wrap.

2.  Menggunakan Packing Kayu

Packing kayu

Kayu merupakan bahan yang paling sering digunakan pada pada kemasan ekspor. Kemasan kayu dapat dipakai pada bermacam-macam jenis kemasan misalnya keranjang, peti, kotak. Bahan kayu pada kemasan memiliki tingkat kecacatan yang minimal. Lalu juga sebaiknya dilakukan proses fumigasi sebelum dilakukan pengiriman ekspor. Apabila produk yang akan Anda kirim berupa barang pecah belah atau elektronik, pengemasan dengan menggunakan packing kayu sangat cocok untuk menghindari kerusakan.

3. Layanan Asuransi

Gunakanlah layanan asuransi yang disediakan oleh jasa pengiriman yang Anda pilih. Layanan ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan/kehilangan yang terjadi selama proses pengiriman. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang lebih, pastinya Anda akan lebih tenang demi kepuasan pelanggan Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda aplikasikan untuk produk bisnis anda! Yuk ekspor mudah bareng AsiaCommerce! Anda bisa lebih fokus ke bisnis dan tidak perlu pusing terkait pengiriman pesanan. Caranya cukup klik link ini lalu isi form sesuai kebutuhan ekspor anda. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi anda.