Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Tak sesulit yang dikira, bisnis impor dengan modal mikro ternyata mudah untuk dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Apalagi di era yang serba digital ini, membuat bisnis impor menjadi daya tarik tersendiri dan memiliki peluang yang sangat besar mengingat barang impor terkenal murah dan kualitasnya yang baik.  

Oleh sebab itu, pada era ini membuat para para pebisnis di seluruh dunia berbondong bondong untuk saling bekerja sama dalam bisnis impor. Perlu diingat lagi bahwa bisnis impor ini dapat dilakukan dengan modal yang mikro karena memang kebutuhan dana yang digunakan tidak terlalu besar.  

Masih ragu dengan bisnis impor, tidak perlu khawatir karena di Indonesia sendiri sudah banyak pebisnis impor yang telah berhasil mengembangkan bisnis impor mereka. Jika dilihat dari bisnis impor dengan modal mikro, sebagian besar memang mengimpor barang dari China. Bukan tanpa alasan banyak pebisnis memilih impor dari negeri tirai bambu tersebut, karena memang produk dari china memiliki kualitas tinggi dengan harga yang relatif murah dan ada banyak sekali pilihan produk yang bisa kamu pilih untuk usaha impor barang.  

Mengenal Bisnis Impor

Istilah impor memang bukan hal yang asing bagi pengusaha, khususnya bagi pengusaha yang berkaitan dengan perdagangan luar negeri. Menurut peraturan pemerintah no 10 tahun 2021, impor merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam pabean. Jadi dapat disimpulkan bahwa segala proses yang memasukkan jasa ataupun barang dari luar negeri dapat disebut sebagai kegiatan impor. Lalu kenapa bayak pengusaha melakukan impor karena barang tersebut tidak diproduksi di dalam negeri. Faktor ini lah yang mempengaruhi kegiatan impor akan selalu ada. Adapun beberapa jenis barang yang di impor seperti bahan baku, bahan modal, barang konsumsi, dan juga barang penolong.  

 

Beberapa Alasan yang Mempengarui Pengusaha atau Negara Melakukan Impor

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa memang terdapat alasan yang menjadikan pengusaha atau negara melakukan impor. Beberapa diataranya seperti, 

  • Negara tidak bisa memproduksi barang tersebut karena tidak adanya bahan baku, kurangnya sdm, atau kondisi lainnya. 
  • Meslipun dapat memproduksi sendiri akan tetapi biaya yang digunakan untuk produksi jauh lebih mahal sehingga akan berpengaruh terhadap harga jual barang tersebut. 
  • Negara dapat menghasilkan barang tersebut secara mandiri, tetapi tidak cukup untuk memenuhi permintaan dalam negeri. 

Manfaat Melakukan Kegiatan Impor

Impor tidak akan terjadi jika  tidak mendatangkan manfaat, berikut beberapa manfaat dari kegiatan impor. 

  • Bertujuan agar masyarakat dapat menggunakan barang atau jasa yang tidak dihasilkan di dalam negeri 
  • Membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan baku yang harganya lebih murah untuk industri dalam negeri 
  • Para pengusaha bisa mendapatkan teknologi yang lebih modern dengan melakukan impor daripada barang yang di impor 
  • Dengan melakukan impor dapat menekan laju inflasi, hal ini dikarenakan barang impor memiliki harga yang lebih murah 
  • Berikutnya dengan melakukan impor dapat membuat negara menjadi lebih fokus dengan memproduksi barang atau jasa tertentu. 

Peluang Bisnis Impor dengan Modal Mikro

Sering kali muncul anggapan bahwan usaha impor memiliki peluang yang sangat besar, namun dengan modal yang besar pula. Padahal usaha impor dapat kamu lakukan dengan modal yang kecil. Hal ini seringkali dilakukan oleh importir pemula yang sedang merintis usaha impor barang. 

  Baca juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

 

Jika masih bingung dengan bagaimana menjadi importir pemula,beberapa cara berikut dapat kamu terapkan sebagai importir. 

1. Investasi dengan Modal Yang Kecil 

Usaha impor dapat kamu mulai dengan modal yang kecil, dengan menginvastasikan sebagian uang kamu sebagai modal awal untuk merintis usaha impor. Jangan lupa untuk melakukan riset tentang cara mengimpor barang tanpa melalui birokrasi yang panjang untuk menekan biaya modal. 

2.  Mulai dengan Bisnis Mu Sendiri 

Usaha impor merupakan salah satu cara yang  dapat kamu lakukan untuk membuat bisnismu sendiri. Dengan melakukan impor artinya kamu sedang membangun bisnismu melalui toko online. 

3. Mulai Membuat Toko Online 

Untuk kamu yang masih awal dalam usaha impor membuka toko online adalah solusi yang tepat untuk membuat brand mu sendiri. Ada berbagai platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat toko online dan memasarkan produkmu sendiri. 

4. Jangan Takut Mengambil Resiko 

Seringkali untuk importir pemula takut akan resiko yang sangat besar terjadi, padahal sebaiknya kamu tidak perlu takut akan resiko. Karena modal kecil yang kamu investasikan bisa jadi menghasilkan keuntungan yang besar jika kamu berani mengambil resiko 

 

Namun setelah kamu memiliki tekad yang kuat akan bisnis impor, kamu juga harus siap dan jangan takut untuk mengambil segala resiko. 


Tips Impor dengan Modal Mikro

Setelah menyimak penjelasan mengenai peluang bisnis impor diatas, mungkin kamu mulai tertarik untuk menjadi importir. Lalu bagaimana cara bisnis impor dengan modal mikro yang dapat dilakukan agar mendapat keuntungan yang menjanjikan? Beberapa tips berikut wajib untuk diketahui agar kamu tidak membuang banyak uang, waktu, dan tenaga. 

1. Lakukan Riset Produk dan Pasar 

Cara bisnis impor dengan modal mikro yang pertama adalah dengan melakukan riset produk dan pasar. Seperti hal nya bisnis yang lain sebelum melakukan bisnis impor kamu juga harus tau produk apa yang sedang banyak dicari kemudian menentukan target pasar untuk produkmu. 

Setelah kamu menemukan produk yang tepat untuk bisnismu maka selanjutnya kamu melakukan servei kepada calon konsumen seputar kebutuhan mereka akan produk tersebut. Dengan melakukan riset, maka kamu akan tahu produk apa yang konsumen butuhkan dan alasannya. 

2. Mencari Suplier dengan Harga Terbaik 

Cara bisnis impor modal mikro selanjutnya adalah mencari suplier dengan harga terbaik. Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual maka kamu harus mencari suplier yang bisa menawarkan  harga terbaik. Banyak suplier akan menawarkan harga terbaik dan kompetitif, maka dari itu kamu perlu selektif dalam mencari dan memilih suplier, jangan ragu untuk membandingkan beberapa suplier untuk mendapatkan harga terbaik. 

3. Riset dan Ketahui Harga Produk 

Karena beli dari negara lain maka kamu juga perlu melakukan riset harga produk. Tidak hanya produk saja yang harus kamu riset dan cari tau, melainkan harganya juga perlu kamu ketahui.  

Terlebih lagi karena barang impor tentunya mempunyai harga yang berbeda dengan produk dalam negeri karena kamu harus menyesuaikan berdasarkan biaya produk ditambah dengan biaya ongkos kirim dan biaya lainnya. 

Pasalnya kamu perlu hati-hati terkait dengan biaya, karena proses pembelian mu melalui internet, apalagi jika pembelianmu menggunakan skala besar, kamu perlu memperhatikan juga untuk biaya pajaknya dan pastikan produkmu aman ketika masuk indonesia. 

4. Pilih Transportasi Kargo 

Mengenai pengiriman, apakah kamu sudah tau akan melakukan pengiriman melalui jalur apa ? Jika tidak maka tips yang satu ini juga wijib kamu ketahui. Untuk menekan harga produk yang akan kamu pasarkan jangan ragu untuk memilih metode pengiriman dengan biaya paling rendah. 

Banyak metode pengiriman mulai dari udara, darat bahkan laut, jika kamu memilih metode pengiriman paling murah maka kamu harus siap meski estimasi waktunya akan lebih lama. Jika sudah menentukan pilihan jangan lupa untuk membuat daftar biaya apa saja yang perlu dikeluarkan, seperti biaya kargo, biaya pengemasan dan biaya lainnya. 

5. Pilih Jasa Impor yang Terbaik 

Jika kamu masih masih merasa ribet dengan beberapa cara diatas, maka cara bisnis impor modal mikro yang terakhir ini mungkin dapat membantumu kamu dalam menjajaki usaha di bidang impor. Jasa impor adalah cara yang paling mudah dan umumnya digunakan oleh mereka yang masih pemula. Dengan memilih jasa impor kamu tidak perlu pusing untuk mengurus berbagai berkas dan ijin untuk memulai impor, karena semuanya telah di tangani oleh jasa impor tersebut jadi kamu bisa lebih fokus terhadap produk.  

Kamu bisa gunakan jasa impor dari AsiaCommerce yang merupakan jasa impor aman dan legal untuk membantu bisnis impor mu. Dengan melakukan impor bersama AsiaCommerce kamu akan diberikan berbagai layanan untuk memudahkan bisnis mu.  

Bagaimana ? Mudah bukan cara impor barang dengan modal mikro, jangan tunda lagi segera bergabung dengan kami dan dapatkan semua kemudahan yang akan kamu rasakan. Menarik bukan ? Yuk Klik disini untuk pelajari lebih lanjut.