Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa yang harus anda lakukan pertama kali untuk mengekspor ? Biasanya hal yang dipertimbangkan adalah “Anda mau ekspor barang apa dan ke negara mana ?”. Nah, biasanya banyak yang kebingungan negara mana yang cocok untuk mengekspor produk bisnisnya.

Maka dari itu, penting sekali untuk anda mengetahui negara mana yang cocok untuk mengekspor komoditas yang anda tawarkan. Pertimbangan dalam memilih negara tujuan ekspor ini harus dilakukan dengan riset yang cermat. Kenapa ? Tentunya, untuk menghindari kerugian yang mungkin timbul akibat ketidaksesuaian dari strategi ekspor bisnis anda.

Kali ini, kita akan mengulik bersama sebenarnya apa sih trik mudah untuk memilih negara tujuan ekspor. Yuk kita simak trik berikut ini.

Pertama, ketika anda sudah tahu barang apa yang akan di ekspor maka perlu dilakukan riset dan kajian pasar. Maksudnya anda perlu mencari tahu komoditas ekspor anda cocoknya diekspor ke negara mana. Di negara mana produk anda dibutuhkan atau dapat terjual laris, itulah yang harus anda cari tahu melalui riset pasar.

Anda dapat melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yakni guna membandingkan kelebihan, kelemahan, peluang dan hambatan yang muncul antara komoditas yang diekspor dengan negara tujuan ekspor. Anda bisa memilih negara tujuan ekspor yang potensial lalu dibandingkan.

Selain riset pasar, yang kedua anda perlu melakukan riset trade balance. Maksudnya adalah anda harus membandingkan neraca perdagangan terkait ekspor dan impor dari negara potensial yang telah dipilih.

Jika nilai ekspor suatu negara lebih tinggi dari impor, maka mata uang dari negara tersebut akan kuat. Dan sebaliknya, jika harga impor lebih tinggi dari harga ekspor, maka negara itu dapat dikatakan tidak kompetitif. Jika nilai ekspor dan impor berbanding sama, artinya neraca dagang negara itu seimbang.

Anda harus menghindari negara dengan neraca dagang yang stabil. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses ekspor dan ekspansi bisnis anda dapat meraup keuntungan yang maksimal.

Dan trik yang ketiga yakni, anda perlu menghitung Unit Value suatu negara. Sebelum mengekspor, anda harus menentukan harga jual produk termasuk ongkos pengiriman, biaya atau tarif masuk negara tujuan, biaya pajak dan mencari tahu nilai suatu barang di negara tujuan tersebut. Semakin tinggi nilai barang di negara tujuan, maka semakin tinggi pula potensi keuntungan yang anda dapatkan.

Nah, itu dia beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk menentukan negara tujuan ekspor. Apakah anda masih bingung terkait prosedur ekspor barang ? Atau anda pusing mengurus berkas-berkas ekspor dan biaya pajaknya ?

Tenang saja, anda tidak perlu khawatir karena anda cukup menyerahkannya kepada kami. Seluruh proses ekspor akan kami bantu, dan anda punya banyak waktu untuk mengembangkan bisnis anda. Caranya gampang, cukup mengklik link ini lalu isi form sesuai kebutuhan anda. Setelah itu, tim kami akan segera menghubungi anda.