Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mengenal Bisnis Tanpa Modal

Memulai bisnis tanpa modal terdengar mustahil dan sulit untuk dilakukan, tapi bukan berarti tidak dapat untuk diwujudkan. Di era yang serba digital ini kamu beruntung bisa memulai bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Tentunya ini adalah solusi karena mengumpulkan modal investasi awal sangatlah besar dan tidak mudah. 

Faktanya untuk mulai menjalankan suatu bisnis tidak melulu bermodalkan uang saja. Akan tetapi dapat bermodalkan berupa aset yang kamu miliki seperti smartphone maupun komputer agar tetap dapat menjalankan bisnis tanpa modal. 

Apa Saja yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Tanpa Modal ?

  • Percaya dengan Kemampuan Diri

Kepercayaan diri memiliki peran yang cukup vital sebelum memulai bisnis tanpa modal. Karena dengan percaya akan kemampuan diri akan sangat berpengaruh pada kesuksesan yang ingin dicapai. Akan tetapi dengan kurangnya kepercayaan akan kemampuan diri tentunya seseorang menjadi lebih takut untuk memulai dan cenderung lebih mudah menyerah ketika dihadapkan dengan masalah yang kecil maupun masalah besar. 

Kepercayaan dengan kemampuan diri juga berlaku ketika sedang menjalankan bsnis, ini dibutuhkan untuk mencapai target bisnis yang telah ditentukan. Setiap bisnis pasti mempunyai target yang akan dicapai, jika mempunyai kepercayaan dengan kemampuan diri maka akan berani mengambil resiko yang besar untuk keuntungan yang besar pula. 

  • Jangan Takut Gagal

Takut akan kegagalan sebetulnya adalah hal yang lumrah dan wajar. Namun, bisa jadi bahwa rasa takut gagal itu menjadi sebuah penghalang yang membuat seorang tak kunjung untuk mewujudkan ide bisnis yang dimilikinya. 

Bagi pemula sangatlah jelas rasa takut akan kegagalan menjadi momok yang menakutkan sekalipun memulai bisnis tersebut tanpa modal. Mulai dari takut produk tidak diterima di pasaran, berhenti di tengah jalan, bahkan takut jika nantinya gulung tikar. Hal inilah yang seharusnya dapat kamu atasi sebelum memulai bisnis tanpa modal. 

  • Memiliki Komitmen Tinggi

Untuk menjalankan suatu bisnis tentunya harus memiliki komitmen yang tinggi. Kamu harus siap sepenuh hati dan jiwa untuk apa yang kamu kerjakan. Di sisi lain kamu juga harus percaya dengan produk maupun jasa yang sedang kamu tawarkan dan siap untuk bekerja dengan waktu yang lama supaya meyakinkan orang lain agar percaya dengan produk yang kamu tawarkan. Kamu juga harus siap untuk melepas liburan, bahkan kebutuhan seperti gaji. 

Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun suatuu bisnis membuat kepercayaan terhadap diri kamu maupun perusahaan. Maka dari itu, hal ini dapat membuat langkah dalam memulai bisnis juga lebih mudah. 

Baca Juga : Barang Impor dari China Ini Laku Keras di Indonesia

8 Bisnis Tanpa Modal Yang Dapat Kamu Jalankan

Memulai bisnis tanpa modal mungkin di awal sangat membingungkan, karena bagaimana bisa ada bisnis tanpa modal. Sebenarnya menjalankan bisnis tanpa modal itu cukup mudah, kuncinya kamu harus berani mencoba. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa memilih jenis bisnis apa yang cocok untuk kamu jalankan, sesuaikan dengan peluang bisnis yang ada di sekitarmu. Berikut 8 bisnis tanpa modal yang dapat kamu terapkan untuk bisnismu : 

1. Desain Grafis

Bisnis tanpa modal yang pertama ialah desain grafis. Iya desain grafis dapat digunakan sebagai salah satu bisnis tanpa harus kamu mengeluarkan modal sama sekali. Jika kamu mempunyai keahlian di bidang desain grafis, kamu dapat bergabung dengan penyedia layanan untuk menjual karya desain kamu. Selain itu, kamu juga dapat membuka jasa layanan pembuatan desain seperti logo dan lain sebagainya. 

2. Copywriter 

Bisnis tanpa modal selanjutnya yang dapat kamu jajaki adalah copywriter. Karena pada saat ini banyak situs web yang membutuhkan artikel dalam jumlah yang sangat besar, hal ini tentunya menjadi peluang buat kamu yang memiliki keahlian sebagai seorang penulis. Untuk menjadi penulis kamu hanya butuh skill penulisan yang bagus dan mudah untuk dipahami. 

Untuk mengasah kemampuan diri, kamu harus sering-sering menulis dan membaca sesuai dengan tema yang akan kamu tulis tentunya. Meskipun terkadang ada situs yang membutuhkan seorang copywriter full time, tapi tidak sedikit dari mereka yang menawarkan lowongan paruh waktu. Biasanya kamu akan dibayar tiap artikel atau tiap tulisan yang berhasil kamu buat. Selain itu kamu juga dapat mengerjakannya dimanapun dan kapanpun asalkan kamu mempunyai laptop dan jaringan internet yang cukup. 

3. Dropshipper

Kebiasaan belanja online selama ini sekian lama semakin meningkat. Kamu juga dapat gunakan momen ini untuk menambah penghasilanmu. Caranya yaitu menjadi pengirim barang, menjual barang dengan mengatas namakan usaha mu. Pekerjaan ini dapat kamu lakukan secara online  di rumah tanpa harus berpaling dari tempat dudukmu saat ini.  

Menjadi dropshipper memang pilihan dan langkah yang cukup cerdas juga praktis untuk memulai bisnis tanpa modal. Kamu dapat menjual barang atau produk di social media ataupun di marketplace dan seller lah yang akan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen. Namun demikian kamu juga harus melakukannya dengan tekun dan memberikan pelayanan yang baik seupaya konsumen puas dengan membeli barang dari kamu.

Baca Juga : 10 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

4. Translator

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan ketrampilan dalam menerjemahkan bahasa asing. Hal ini dikarenakan perusahaan banyak bekerja sama dengan perusahaan maupun pihak asing. Maka dari itu perusahaan perlu untuk menerjemahkan banyak dokumen. Satu kelebihan ini juga dapat kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan. 

Kamu dapat memulainya dengan projek kecil yang ada di internet, kamu juga dapat menjadi penerjemah berita atau pun artikel, bertugas menjadi penerjemah di acara resmi dan lain sebagainya. 

5. Content Creator

Apakah kamu memiliki banyak ide untuk membuat sebuah konten ? Maka kamu dapat menggunakannya untuk membuat konten pada media social seperti youtube. Kamu dapat membuat konten mengenai kehidupan pribadi maupun konten yang edukatif. Semakin menarik konten yang kamu buat, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

6. Jasa Pembuatan Website

Di era yang serba digital ini mau tidak mau perusahaan harus dapat mengikuti perkembangan jaman. Maka dari itu banyak pengusaha berbondong-bondong untuk membuat website yang terbaik bagi perusahaan maupun bagi bisnis yang mereka jalani. Tujuan dibuatnya website supaya usaha ataupun bisnis yang sedang dijalani dapat dikenal khalayak umum, sebagai branding bagi perusahaan dan masih banyak lagi. 

Memiliki situs web yang lebih profesional membuat perusahaan terlihat lebih bagus dan dapat dipercaya. Tentunya ini dapat menjadi peluang bagimu, terlebih bagi kamu kamu yang memiliki skill mengenai pembuatan website.  

7. Editor

Merangkai beberapa video dan menjadikannya durasi panjang serta menarik. Jika kamu mempunyai skill tersebut cobalah untuk membuka penyedia layanan editor video. Saat ini editor sangat dibutuhkan terlebih industri yang bergerak dibidang kreatif. Hal ini tentunya dapat kamu manfaatkan untuk menambahkan penghasilan.

8. Blogger

selain menjadi copywriter kamu dapat memanfaatkan layanan lain seperti blogger untuk menambah penghasilanmu. Kamu cukup membuat konten tulisan dan mempostingnya melalui media blog. 

Dengan menjadi blogger kamu sudah pasti dapat menambah penghasilanmu, seperti menjual audit maupun memasang iklan melalui Google Adsense. Meski demikian kamu harus sabar dan tekun untuk menjalaninya. 

Baca Juga : Cara Impor Barang Dari China Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal 

  • Manfaatkan Keahlian

Tips pertama buat kamu untuk memulai bisnis tanpa modal yaitu dengan memanfaatkan keahlian. Dengan memanfaatkan keahlianmu tentunya dapat mengurangi presentasi kegagalan karena bisnis yang berjalan sesuai dengan keahlian yang kamu kuasai dan akan lebih enjoy untuk menjalaninya. 

  • Membuat Tujuan Bisnis

Selanjutnya yaitu membuat tujuan bisnis. Bisnis tanpa tujuan tentunya tidak akan berjalan dengan baik karena tidak goals yang akan dicapai. Jadi, meskipun bisnis tanpa modal tetap harus dibuat tujuan yang jelas. Apakah menjadikan keuntungan sementara saja ataupun menjadikan penghasilan jangka panjang. 

Dari sini akan jelas apakah rencana yang akan dibuat selanjutnya terkait dengan bisnismu. 

  • Fokus pada Satu Bisnis

Ada baiknya kamu fokus dengan satu bisnis terlebih dahulu. Memang benar banyak bisnis akan mendatangkan banyak keuntungan akan tetapi bisa saja membuat fokusmu menjadi pecah. 

Hal ini tentu akan mempengaruhi bisnismu ke depannya dan tentunya akan mengganggu kesehatanmu 

  • Buat Rencana Marketing dan Promosi

Setiap bisnis tentunya harus memiliki rencana marketing dan promosi dengan tujuan untuk menarik pelanggan. Buat rencana marketing dan promosi yang menarik supaya pelanggan lebih tertarik dengan bisnis yang kamu tawarkan. Gunakan sesuatu yang unik untuk lebih menarik perhatian dan membedakan bisnismu dengan kompetitor. 

Baca Juga : Pahami Cara Riset Produk Terlaris Untuk Mendominasi Market

  • Evaluasi Bisnis

Jangan lupa untuk memberikan evaluasi terhadap bisnis. Iya, evaluasi penting apalagi bagi kamu yang memulai bisnis tanpa modal. Berikan evaluasi kinerja rutin untuk memastikan apakah bisnis telah berjalan dengan baik dan telah berhasil mencapai tujuan. Dari sini kamu bisa mengambil langkah selanjutnya apa yang harus diperbaiki dan di tingkatkan lagi. 

Nah itulah 8 contoh bisnis tanpa modal dan tips memulainya, bagaimana cukup jelas bukan ? Ide bisnis tanpa modal sangatlah beragam, 8 diantaranya mungkin dapat kamu terapkan dalam bisnismu seperti contoh yang ada di atas. Perlu di ingat bahwa dalam berbisnis ketekunan adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan, jadi jangan pernah berharap hasil yang instan. 

Rekomendasi Kami 

Tapi dari 8 contoh bisnis tanpa modal di atas ada satu yang sangat kami rekomendasikan buat kamu yaitu Dropshipper. Kenapa harus Dropshipper ? Karena kamu hanya perlu memasarkan barang dan melakukan transaksi setiap ada pembeli yang memesan barang. Kamu tidak perlu repot-repot mengatur stok barang, packing barang sampai pengiriman barang. Bagaimana sangat menguntungkan bukan ? 

Kamu dapat mengawali bisnis tanpa modal yang sederhana dengan mendaftar dropshipper di AsiaCommerce yang menyediakan berbagai macam produk yang bisa kamu pasarkan kembali. Mulai bisnismu dan nikmati keuntungannya. Klik disini untuk untuk mempelajari lebih lanjut.