Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Dalam beberapa tahun ke belakang, bisnis menjadi salah satu solusi untuk membantu masyarakat meningkatkan penghasilan selain bekerja. Para pebisnis pemula terus bermunculan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun, mendirikan bisnis tentunya memerlukan modal yang cukup. Bagi kamu yang memiliki modal kecil namun tetap ingin memulai bisnis, kamu bisa mencoba peluang bisnis dengan modal kecil yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Usaha modal kecil tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Dengan perkembangan teknologi yang maju dan sumber daya manusia yang baik, ide bisnis modal kecil dapat menghasilkan keuntungan besar. Namun, bagaimanakah cara yang tepat untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan keuntungan besar dan modal kecil ini? Mari kita simak bersama ulasannya di bawah ini.

1..Menjual makanan ringan atau camilan

Menjual makanan ringan atau snack bisa menjadi opsi yang baik sebagai ide bisnis modal kecil. Karena makanan ringan tidak hanya diminati kalangan anak-anak tetapi juga orang dewasa. Mulai dari pelajar hingga pekerja, banyak orang yang menyukai berbagai macam makanan ringan untuk disantap di sela-sela aktivitas mereka.

Tidak perlu bergantung pada camilan yang membutuhkan bahan mahal. Camilan keripik singkong, keripik kentang, dan makaroni juga banyak diminati. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjual makanan ringan unik yang bisa kamu dapatkan secara impor. Tentunya, hal itu bisa menjadi daya tarik bagi orang-orang yang ingin mencoba berbagai macam camilan yang berbeda dari yang lain.

2. Menjual Frozen Food

Contoh ide bisnis modal kecil berikutnya adalah bisnis frozen food. Hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan produk frozen food juga meningkat sejak masa pandemi. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang membutuhkan makanan praktis yang dapat disimpan dalam waktu lama di lemari es. Tidak heran jika menjual frozen food untuk produk seperti sosis, nugget, dan kentang goreng menjadi semakin populer.

Terbukti di beberapa  negara seperti negara-negara Eropa, ditemukan bahwa  dengan berkembangnya industri food delivery, permintaan menu french fries semakin meningkat. Melihat dari industri pasar Eropa, tidak menutup kemungkinan hal ini juga akan terjadi di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

3. Menjadi dropshipper

Jika kamu merasa mempromosikan sesuatu adalah passion-mu, ide bisnis modal kecil sebagai dropshipper ini tentunya sangat cocok untukmu. Bisnis dropship bukan lagi bisnis dengan modal kecil, melainkan bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak membutuhkan modal. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini  tanpa mengeluarkan modal sepeserpun. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir untuk menangani pengiriman produk dan memperbarui stock, karena hal itu sudah diurus oleh orang yang menjual barang.

Sistem dropshipping yang perlu kamu ketahui cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasarkan produk kepada para calon pembeli, meneruskan pesanan dan membayar uang  dari pembeli kepada penjual. Meski terlihat mudah, namun penerapannya tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai seorang dropshipper, kamu juga perlu memahami spesifikasi barang yang dijual dan memilih supplier yang terpercaya. Hal ini sangat mempengaruhi reputasi perusahaan dan kualitas produk yang kamu jual.

4. Menjadi Reseller

Bisnis reseller ini hampir mirip dengan bisnis dropship, karena barang yang kamu jual didapatkan dari produsen atau supplier pihak pertama. Bedanya, kamu harus membeli terlebih dahulu barang yang ingin kamu jual kembali. Namun jangan khawatir, karena biasanya ada harga khusus reseller yang tentunya lebih murah dan kamu tetap bisa mendapat keuntungan yang besar dari sana.

Menjadi reseller tentulah harus pintar-pintar mencari supplier. Perlu diperhatikan dan diamati barang apa saja yang sekiranya murah tetapi tetap digemari oleh orang-orang. Mencari supplier dari luar negeri, contohnya China, bisa menjadi opsi untukmu. Karena seperti yang kita tahu, barang-barang impor dari China terbilang murah namun tetap memberikan kualitas yang baik. Tidak sedikit juga orang-orang yang sudah berhasil dengan menjadi reseller barang-barang impor dari China.

5. Bisnis thrift atau baju bekas

Semenjak masa pandemi, bisnis thrift store mulai bermunculan. Bisnis thrift ini merupakan bisnis jual beli pakaian bekas. Ide bisnis ini menjadi pilihan banyak anak muda karena modalnya yang tidak besar dan cukup mudah untuk dijalankan. Bisnis ini sebagian besar beroperasi melalui platform media sosial, dan harga pakaian yang ditawarkan seringkali lebih murah daripada membeli pakaian baru. Ide bisnis modal kecil ini bisa menjadi pilihanmu karena bisnis ini sudah cukup populer dan sudah banyak konsumen yang tertarik untuk membeli pakaian yang murah namun masih layak untuk dipakai.

6. Membuat Online Shop

Saat ini, transaksi jual beli berbagai jenis kebutuhan dapat dengan cepat terpenuhi melalui online shop. Seperti namanya, online shop adalah sebuah toko yang transaksinya bisa dilakukan secara online tanpa interaksi tatap muka antara pembeli dan penjual.

Biasanya, para pebisnis online membuka “toko” mereka melalui situs web, e-commerce, atau media sosial. Ide bisnis ini memiliki modal yang kecil karena pasalnya kamu tidak perlu membuat toko konvensional yang membutuhkan modal yang lebih. Kamu cukup menjual barangmu di toko online milikmu dan mempromosikannya di media sosial sehingga orang-orang tertarik untuk membeli produkmu. Perlu diperhatikan juga barang-barang yang akan kamu jual, apakah sesuai dengan permintaan pasar atau tidak.

7. Bisnis Jasa Titip (Jastip)

Terakhir, ide bisnis modal kecil yang sedang digemari saat ini adalah bisnis jastip atau  jasa titip. Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis yang menarik. Jumlah modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Keuntungan bisa kamu peroleh dari jasa titip tersebut yaitu membeli produk sesuai dengan pesanan pembeli. Cukup menarik bukan? Bagi kamu yang suka berpergian, tentulah bisnis ini cocok untukmu.

Bisnis modal kecil di bidang jasa titip ini sebenarnya merupakan bisnis yang relatif baru di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan jejaring sosial, bisnis jasa titip ini semakin banyak diminati. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari jasa titip di kota-kota besar Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Biasanya, barang yang paling banyak diminati untuk jasa titip ini adalah adalah kosmetik, makanan, furniture, pakaian, dan mainan anak.

Itulah ide bisnis modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnismu. Perlu diingat, dengan modal yang kecil tentulah bukan penghalang bagimu untuk memulai bisnis. Kamu hanya perlu konsisten dan terus gencar dalam mempromosikan bisnismu, sehingga bisnis yang kamu jalani bisa sukses seiring berjalannya waktu.

Jika kamu membutuhkan supplier barang untuk bisnismu dengan harga yang murah, mendapatkannya secara impor dari China bisa menjadi pilihan. Selain harganya yang murah, barang impor dari China juga sangat beragam dan unik, kualitasnya pun juga tidak kalah jika dibandingkan dengan produksi negara-negara lain. Jika kamu berminat, AsiaCommerce dapat membantu kamu dalam proses impor barang dari China. Kamu juga dapat berkonsultasi mengenai supplier terbaik dengan harga terjangkau yang bisa kamu dapatkan. Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama kami dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.