Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Terms & Conditions

Syarat dan Ketentuan Layanan AsiaCommerce

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Matahari Labs (“AsiaCommerce”) dan terkait penggunaan situs www.asiacommerce.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna atau Pelanggan di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.asiacommerce.id, maka pelanggan dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan AsiaCommerce. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pelanggan dengan AsiaCommerce. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan AsiaCommerce, maka pengguna dipersilakan untuk tidak menggunakan layanan AsiaCommerce atau layanan di situs www.asiacommerce.id.

Informasi Umum

  1. AsiaCommerce adalah website penyedia layanan Cari Barang, Edukasi dan Informasi Logistik untuk para penggunanya,
  2. Barang-barang yang dapat ditayangkan di AsiaCommerce.id merupakan barang yang tidak tercantum di daftar “Barang Terlarang” (keterangan lebih lanjut di bagian Barang Terlarang di bawah ini)
  3. AsiaCommerce memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun pelanggan yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Syarat & Ketentuan AsiaCommerce , mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Request/Pengiriman Barang”, membatasi jumlah pembuatan akun pelanggan, membatasi atau mengakhiri hak setiap pelanggan untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut dan memberikan pemberitahuan atau informasi lewat email kepada pemilik akun yang bersangkutan.
  4. AsiaCommerce berhak meminta data-data pribadi pelanggan jika diperlukan sesuai dengan ketentuan undang-undang Indonesia.
  5. Syarat & Ketentuan AsiaCommerce pada situs www.asiacommerce.id berlaku mutatis mutandis untuk layanan AsiaCommerce, penggunaan situs www.asiacommerce.id dan Aplikasi Katalog AsiaCommerce.

Membership AsiaCommerce

  1. AsiaCommerce memiliki sistim keanggotaan atau membership. Pendaftaran akun Membership AsiaCommerce merupakan layanan bagi pengguna untuk melakukan pembelajaran edukasi mengenai Impor Ekspor secara umum. Bagi pengguna yang ingin mengakes edukasi2 yang ada, maka pengguna wajib melakukan pendaftaran membership dengan terlebih dahulu membeli paket membership AsiaCommerce pada situs www.asiacommerce.id. Setelah login berhasil, maka pelanggan dapat melakukan mengakses layanan edukasi yang tersedia di asiacommerce.id
  2. Pelanggan diwajibkan mengisi data yang sebenar-benarnya saat mengisi data diri dalam form pembelian paket Membership AsiaCommerce.
  3. Dengan melakukan pembelian paket Membership AsiaCommerce berarti pelanggan melakukan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh AsiaCommerce.
  4. Pelanggan membayar sebagai kesediaan dan persetujuan transaksi pemesanan paket membership AsiaCommerce sebesar nilai transaksi tersebut, yang ditandai dengan persetujuan dari Bank pemproses kartu yang telah melakukan pendebetan.
  5. Pelanggan kemudian diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran dan apabila transaksi pembayaran telah berhasil dilakukan, kami akan mengirimkan tanda terima pembayaran melalui surat elektronik (e-mail) kepada alamat e-mail yang tercantum dalam data pribadi pembeli dalam waktu max 1 (satu) hari setelah proses pembayaran selesai dilakukan.
  6. Pelanggan diwajibkan untuk menyimpan bukti pembayaran jika sewaktu-waktu diperlukan dalam proses konfirmasi pembayaran.
  7. Semua transaksi akan diproses dalam kurun waktu 1 x 24 jam.
  8. AsiaCommerce berhak menolak pendaftaran dan menangguhkan akun membership pelanggan apabila dianggap melakukan pelanggaran / manipulasi data yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan negara Indonesia.
  9. Semua pembayaran akan diproses lewat Payment Platform ketiga yang sudah ditunjuk oleh AsiaCommerce.

Request Pencarian Produk / Layanan Impor / Layanan Ekspor

  1. Layanan “Request Solusi Impor / Solusi Ekspor / Pencarian Barang”  dapat dilakukan pada halaman homepage www.asiacommerce.id, lewat aAplikasi AsiaCommerce atau melalui tim AsiaCommerce secara langsung.
  2. Setelah tim AsiaCommerce menerima Request, maka tim AsiaCommerce akan membantu mengkonfirmasi dan mencarikan layanan yang tersedia dalam waktu 2×24 jam dan setelah nya tim AsiaCommerce akan memberitahukan hasilnya kepada pengguna.
  3. Apabila pengguna menyetujui hasil dari layanan AsiaCommerce, maka tim Sales AsiaCommerce akan membantu membuatkan Sales Quote kepada pengguna.

Layanan Pemesanan dan Pengiriman barang

  1. Layanan Pemesanan dapat dilakukan apabila telah terjadi persetujuan antara pengguna (pembeli) dengan tim AsiaCommerce
  2. Proses Pemesanan dan Pengiriman produk akan dilakukan setelah tim AsiaCommerce menerima konfirmasi pembayaran pelanggan atas transaksi yang dilakukan pelangga. Pelanggan dapat mengetahui status pemesanan dengan menggunakan pilihan pada Order History yang terletak pada halaman “Orders” di Aplikasi AsiaCommerce (pelanggan dimohon untuk log in terlebih dahulu pada aplikasi AsiaCommerce)
  3. Biaya pengiriman produk akan dikenakan kepada pelanggan. Mekanisme biaya sepenuhnya disesuaikan dengan biaya jasa logistik pengiriman yang digunakan dan disepakati.
  4. Pengiriman produk menggunakan jasa logistik dan kurir seperti di bawah ini:
  • JNE,J&T,DNA,DACOTA CARGO untuk pengiriman domestik
  • EMS, DHL, FedEx, Freight Forwarder untuk pegiriman internasional

Pembatalan dan Pengembalian Produk

  1. Pembatalan transaksi dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara supplier, tim AsiaCommerce dengan pembeli. Pembatalan transaksi hanya dapat dilakukan melalui konsultasi CS yang ada situs www.asiacommerce.id.
  2. Keluhan dan klaim atas pesanan Anda harus diinformasikan kepada AsiaCommerce dalam waktu 2 x 24 jam (duakali dua puluh empat jam) sejak Anda menerima bukti barang datang.
  3.  Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli (retur) selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dalam Syarat Layanan AsiaCommerce.
  4. Barang yang dikembalikan harus sudah dikirim maksimal 2×24 jam hari kerja sejak klaim diajukan. Untuk luar kota mengacu pada tanggal stempel pos/kurir, AsiaCommerce hanya dapat menerima kembali barang pesanan dalam keadaan utuh, segel tidak rusak dan tidak adanya kerusakan pada fisik kemasan.

Gambaran dan Kondisi Produk

  1. Status barang disajikan seakurat mungkin dengan update secara periodik yang sewaktu-waktu dapat berubah. Gambar yang disajikan sepenuhnya tanggung jawab dari supplier.
  2. Kondisi produk adalah sebagai berikut:
  • Barang dalam keadaan tersegel/terbungkus sesuai dari pabriknya.
  • Dimungkinkan terdapat perbedaan warna barang yang tidak sama persis dengan yang ditampilkan pada situs, bisa diakibatkan oleh faktor pencahayaan dan pengaturan/resolusi monitor komputer dan tidak bisa dijadikan acuan.
  • Pelanggan harus memastikan detil/informasi produk yang telah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan sebelum melakukan persetujuan pada payment page online.

Harga Produk dan Konfirmasi Pembelian/Pembayaran

  1. Harga produk yang harus dibayarkan adalah sebagaimana yang tertera pada keranjang belanja dan atau invoice pemesanan (halaman pembayaran) aplikasi katalog AsiaCommerce.
  2. Apabila terdapat perubahan harga, maka harga yang berlaku adalah harga yang sesuai dengan informasi total belanja yang ditampilkan dalam payment page.

Barang Terlarang

AsiaCommerce  telah dan akan terus melakukan hal-hal sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan untuk mencegah terjadinya perdagangan barang-barang yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku dan/atau hak pribadi pihak ketiga. Berkenaan dengan hal tersebut, berikut adalah barang-barang yang dilarang untuk dipesan melalui AsiaCommerce :

  1. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap AsiaCommerce
  2. Narkotika, obat-obat tidak terdaftar di Dinkes dan/atau BPOM, dan obat yang harus disertai dengan resep dari Dokter
  3. Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya
  4. Dokumen pemerintahan dan perjalanan
  5. Mailing list dan informasi pribadi
  6. Barang-barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain
  7. Barang yang berhubungan dengan kepolisian
  8. Barang curian
  9. Barang mistis
  10. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian
  11. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri
  12. Pornografi, sex toys, alat untuk memperbesar organ vital pria, maupun barang asusila lainnya
  13. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional
  14. CD, DVD, dan Software bajakan
  15. Segala jenis binatang atau hewan peliharaan
  16. Produk non-fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir terdaftar/tidak terdaftar, termasuk namun tidak terbatas pada akun AsiaCommerce , e-Book, akun game, pulsa elektrik maupun pulsa fisik/voucher, voucher kuota internet, voucher game, voucher aplikasi, steam wallet, dan lainnya; terkecuali ada kerja sama resmi dengan pihak AsiaCommerce
  17. Produk yang bukan produk asli dengan merek, atau berkaitan dengan merek terdaftar
  18. Gadget (ponsel, tablet, phablet, smartwatch, dan sejenisnya) replika atau berasal dari pasar gelap (black market)
  19. Barang-barang lain yang dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia

Berikut kami infokan juga barang-barang dengan kategori di bawah ini membutuhkan ijin khusus :

1. Makanan dan Minuman : ijin BPOM
2. Kosmetika : ijin BPOM
3. Suplemen : ijin BPOM
4. Alat Kesehatan : Ijin Alkes
5. Perbekalan Rumah Tangga: Ijin PKRT
6. Mainan : ijin SNI

– Anda dapat berdiskusi dengan AsiaCommerce untuk dapat memperoleh cara untuk mendapatkan ijin2 di atas
– Pihak AsiaCommerce berhak menolak untuk memproses order dari luar negeri apabila anda belum mempunyai ijin2 di atas

Perlindungan Hak Milik Intelektual

Hak Milik Intelektual Seluruh desain, foto dan gambar yang tertera di www.asiacommerce.id tidak dapat disebarluaskan oleh pihak manapun dan untuk kepentingan apapun, kecuali ada persetujuan tertulis dari pihak www.asiacommerce.id. Hal-hal yang Tidak Diperbolehkan

  1. Pihak www.asiacommerce.id akan melaporkan kepada pihak berwajib atas segala modus penipuan yang dasarnya ingin memperoleh keuntungan secara sepihak dan pihak www.asiacommerce.id hanya melayani pesanan yang telah dilunasi.
  2. Segala masalah dapat dibicarakan baik-baik. Pihak www.asiacommerce.id akan melaporkan kepada pihak berwajib atas segala penghinaan, pencemaran nama baik di forum, milis atau media lain tanpa dipastikan kebenarannya.

Penghapusan & Pemblokiran Akun

  1. Anda dapat menghapus akun Anda di www.asiacommerce.id dengan menghubungi admin support@asiacommerce.id .atau melalui halaman kontak yang kami sediakan. Untuk membatalkan akun tersebut Anda wajib memberikan informasi ke pihak www.asiacommerce.id bahwa Anda adalah pemilik asli akun tersebut. Akun Anda akan dibatalkan setelah ada konfirmasi antara www.asiacommerce.id dengan Anda mengenai otorisasi keabsahan identitas Anda.
  2. Kami dapat melakukan pemblokiran akun Anda disertai dengan pemberitahuan terlebih dahulu apabila terjadi adanya hal-hal termasuk, tetapi tidak terbatas hanya pada: a) pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang berlaku di www.asiacommerce.id, b) permintaan dari badan hukum atau instansi milik pemerintah, c) periode ketidakaktifan account yang cukup lama, dan d) kasus penipuan yang dilakukan oleh Anda atau yang merugikan pihak lain e) periode membership AsiaCommerce sudah habis.
  3. Pemblokiran account Anda akan berakibat sebagai berikut: a) Pesanan milik Anda tidak bisa diakses lagi dari www.asiacommerce.id, b) password Anda tidak akan berlaku lagi, dan c) Anda tidak dapat lagi menggunakan layanan www.asiacommerce.id

Keluhan atau Pertanyaan Bila Anda memiliki pertanyaan atau keluhan, Anda dapat menghubungi admin support@asiacommerce.net

Penyelesaian Masalah

  1. Syarat dan ketentuan yang tertera di situs www.asiacommerce.id mengenai produk dan jasa kami dilindungi oleh Undang-undang dan Hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Segala perselisihan yang timbul dari pelaksanaan situs serta layanan yang disediakan www.asiacommerce.id dengan Anda akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan, kecuali jika ada hal-hal yang memang meresahkan dan menyangkut orang banyak akan kami proses secara hukum.