Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan jual beli secara online, hal tersebut tentunya mengarah pada penciptaan platform e-commerce, yang sangat membantu dunia bisnis, maupun individu. Saat ini, sudah banyak sekali portal atau situs web yang memfasilitasi transaksi jual beli online dengan berbagai macam produk yang tersedia. Fasilitas yang ada tentunya berkaitan dengan kenyamanan, harga yang sesuai, kemudahan berbelanja, privasi, dan pilihan produk yang bervariasi. Contoh situs belanja online dari China yang populer di masyarakat adalah Alibaba dan Aliexpress.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja perbedaan Alibaba dan AliExpress. Namun, tahukah kamu? Walaupun keduanya merupakan perusahaan yang berbeda, mereka masih berada dalam satu grup yang sama, yaitu Alibaba Group. Alibaba Group ini dimiliki oleh pebisnis ternama, salah satunya yaitu Jack Ma, dan sudah sukses melakukan berbagai macam inovasi yang menarik perhatian market global. Perusahaan B2B tersebut mendapat banyak keuntungan dari perkembangan teknologi informasi serta inovasinya dalam memunculkan model bisnis yang baru dan unik sehingga membuat customer tertarik untuk bertransaksi di sana. Alibaba Group sendiri membawahi beberapa marketplace besar mulai dari Alibaba, 1688, Taobao, Aliexpress, dan masih banyak lagi. Dari semua itu, kita akan berfokus pada Alibaba dan AliExpress saja, karena seringkali masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya apa yang membuat kedua perusahaan tersebut berbeda. Ini dia 7 perbedaan Alibaba dan Aliexpress yang perlu kamu ketahui.

Perbedaan Alibaba dan AliExpress

1..Konsep Bisnis

Pada dasarnya, perbedaan Alibaba dan AliExpress dapat dilihat dari segi konsep bisnisnya. Alibaba dalam bisnisnya memiliki konsep B2B atau Business to Business. Artinya, aplikasi ini mempertemukan pelaku bisnis yang satu sebagai penjual dengan pelaku bisnis yang lain sebagai pembeli. Sementara untuk aplikasi Aliexpress memiliki konsep B2C atau Business to Customer yang berarti produsen dan konsumen dapat bertemu dan bertransaksi secara langsung.

2. Kuantitas Barang

Perbedaan yang kedua, terletak pada kuantitas barang yang ditawarkan. Alibaba pada umumnya menawarkan barang dalam kuantitas yang besar atau grosir dimana barang tersebut akan dijual kembali oleh pelaku bisnis kepada konsumen yang baru. Sementara di Aliexpress tidak berlaku minimal pembelian, sehingga konsumen boleh melakukan pembelian secara eceran dan bahkan satuan.

3. Negosiasi Harga Barang

Di Alibaba terjadi tawar menawar harga antara penjual dan pembeli dan negosiasi terlebih dahulu sampai terjadinya kesepakatan di antara kedua belah pihak. Sementara untuk Aliexpress, konsumen harus membeli dengan harga nett atau yang sudah ditetapkan oleh penjual tanpa adanya perubahan. Konsumen bisa langsung memasukkan barang yang ingin dibeli ke “keranjang” dan membayarnya saat itu juga. Pasalnya, AliExpress sama dengan marketplace pada umumnya.

4. Label Produk

Pembeli di Alibaba dapat membeli barang sesuai dengan keinginan ditambah lagi bisa request untuk ditambahkan merek, label, ataupun desain khusus. Lain halnya dengan Aliexpress, konsumen tidak dapat memesan label atau merek, mereka tinggal membeli saja suatu produk yang sudah jadi tanpa modifikasi atau permintaan tambahan.

5. Kedatangan Barang

Saat pembeli memesan di Aliexpress, barang akan langsung dikirim sesaat setelah pembeli melakukan pembayaran. Lain halnya dengan di Alibaba, barang yang ada di toko tidak dapat langsung dikirim ke pembeli. Hal itu dikarenakan barang memerlukan waktu untuk mencapai pelanggan karena pesanan harus dikonfirmasi, sampel dikonfirmasi, negosiasi harga dengan pembeli, juga membuat produk custom sesuai permintaan pembeli. Oleh karena itu saat konsumen membeli barang di Alibaba, diperlukan waktu yang lebih lama karena barang harus diproduksi dulu sesuai pesanan.

6. Fasilitas Dropshipping

Platform Aliexpress menawarkan fasilitas dropshipping yaitu menjual kembali barang yang ada di toko tanpa perlu membelinya terlebih dulu. Sementara di aplikasi Alibaba tidak ada fasilitas tersebut. Hal itu dikarenakan terlihat cukup sulit bila fasilitas dropshipping tersedia di Alibaba, karena minimal order yang cukup besar.

7. Kepastian Harga Barang

Untuk pembeli di Aliexpress, mereka dapat melihat harga yang tertera pada setiap produk. Sedangkan di Alibaba, harga suatu produk harus dinegosiasikan terlebih dahulu dengan penjual, yang biasanya akan ditentukan oleh jumlah barang yang akan dipesan.

Persamaan Alibaba dan Aliexpress

Setelah kita mengetahui perbedaan Alibaba dan Aliexpress, ada juga beberapa kesamaan yang penting untuk kamu ketahui, beberapa di antaranya yaitu:

1..Alibaba dan Aliexpress adalah perusahaan e-commerce yang berada di satu grup perusahaan yang sama, yaitu Alibaba Group yang berbasis di China. Alibaba Group adalah perusahaan induk kelas dunia dengan valuasi yang terbukti sangat besar. Data menunjukkan bahwa nilai perusahaan tersebut mencapai 2% dari total PDB China. Tentunya angka tersebut sangatlah besar dan sampai saat ini belum ada perusahaan lain di dunia yang bisa menandinginya.

2. Sebagai marketplace kelas dunia, Alibaba dan Aliexpress bisa dibilang cukup terjangkau dan mungkin yang termurah di dunia. Keduanya bisa diandalkan sebagai sumber barang dagangan retail. Dengan membeli dalam jumlah besar dari sana, pengecer akan mendapatkan margin yang besar karena harga grosir yang sangat murah.

3. Baik Alibaba dan Aliexpress memfasilitasi berbagai metode pembayaran, mulai dari kartu kredit, transfer bank, dan platform pembayaran global lainnya. Bahkan di Aliexpress, pembeli dapat membayar pesanan mereka di Alfamart. Konsumen bisa memilih tipe pembayaran yang paling mudah bagi mereka.

4. Baik Alibaba maupun Aliexpress memberikan perlindungan yang terjamin untuk transaksi konsumennya. Misalnya di Aliexpress, pembayaran hanya akan diteruskan kepada penjual hanya jika konsumen menyatakan bahwa pesanan telah diterima dalam kondisi baik. Aliexpress juga menjanjikan pengembalian dana penuh jika pelanggan tidak menerima pesanan dalam waktu pengiriman yang ditentukan (hingga 60 hari).

Mana yang Harus Dipilih? Alibaba atau Aliexpress?

Setelah mengetahui perbedaan dan persamaan antara Alibaba dan Aliexpress, kini saatnya memutuskan platform mana yang akan dipilih. Sejatinya, Alibaba dan Aliexpress sama-sama ideal, hanya saja untuk konteks bisnis yang berbeda. Alibaba sangat bagus untuk pelaku bisnis besar yang membeli dalam jumlah besar, Aliexpress sangat bagus untuk pelaku bisnis kecil dan individu. Oleh karena itu, penting bagimu memahami platform apa yang paling menguntungkan bagi bisnismu.

Untuk memulai bisnis online menjual barang dari China ke konsumen Indonesia tentunya akan memilih Aliexpress karena di sana kita bisa membeli barang dalam jumlah sedikit. Setelah kamu menjalani bisnismu dan penjualan terus naik dengan stabil, kamu dapat mulai beralih ke Alibaba, yang seringkali menawarkan harga barang yang lebih murah.

Bagi kamu yang berminat untuk mengimpor barang dari China, AsiaCommerce menawarkan jasa impor dan turut membantu serta mengurus proses impor tersebut. Kamu tidak perlu bingung dalam mencari supplier, karena kami akan mencarikan supplier yang terbaik dengan harga yang sesuai dengan modalmu. Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama kami dengan klik di sini atau klik pada gambar di bawah ini.