Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Pelabuhan Peti Kemas Tersibuk di Dunia. Yuk Simak Penjelasannya Berikut!

by | Sep 28, 2024 | Ekspor, Impor, Logistik

Pelabuhan Peti Kemas 

Pelabuhan peti kemas merupakan fasilitas maritim yang dirancang khusus untuk menangani peti kemas, atau yang biasa dikenal sebagai kontainer. Peti kemas ini berisi berbagai macam barang yang dikirim secara internasional melalui laut. Proses bongkar muat bisa kamu lakukan menggunakan alat berat seperti derek otomatis, yang mampu menangani ribuan peti kemas setiap hari. Selain itu pelabuhan ini juga menjadi pusat distribusi yang menghubungkan antar negara-negara di seluruh dunia.

Baca Juga : Mengenal Proses Loading dan Unloading Kontainer dalam Pengiriman Barang!

10 Pelabuhan Peti Kemas Tersibuk di Dunia

pelabuhan peti kemas

1. Pelabuhan Shanghai

Tahukah kamu, Pelabuhan Shanghai ini terletak di delta Sungai Yangtze yang merupakan pelabuhan peti kemas terbesar di dunia lho, baik dari segi volume barang yang ditangani maupun kapasitas. Setiap tahun, pelabuhan ini menangani lebih dari 43 juta TEUs (twenty-foot equivalent units). Pelabuhan ini menjadi pelabuhan tersibuk karena lokasinya yang strategis, menghubungkan antara jaringan pelayaran internasional ke kawasan industri di Tiongkok bagian timur. Selain itu memiliki banyak dermaga modern yang mampu melayani kapal kargo terbesar di dunia, menjadikannya pusat utama perdagangan global.

2. Pelabuhan Singapura

Selanjutnya ada Pelabuhan Singapura yang merupakan salah satu pelabuhan peti kemas tersibuk dan paling efisien di dunia, berfungsi sebagai pusat transit utama dalam perdagangan internasional. Setiap tahun, pelabuhan ini menangani sekitar 37 juta TEUs. Pelabuhan peti kemas ini dilengkapi dengan fasilitas canggih dan manajemen logistik yang efisien. Karena Singapura berperan sebagai penghubung untuk barang-barang yang datang dari seluruh penjuru dunia dan didistribusikan ke wilayah Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Eropa.

3. Pelabuhan Shenzen

Pelabuhan Peti Kemas selanjutnya adalah Pelabuhan Shenzen terletak di wilayah pesisir selatan Tiongkok dan merupakan salah satu pusat utama untuk ekspor barang-barang elektronik dan manufaktur dari kawasan industri tersebut. Shenzhen sendiri terdiri dari beberapa terminal, dan menangani lebih dari 30 juta TEUs setiap tahunnya. Kamu dapat menemukan banyak pabrik besar di sekitar Shenzhen yang menghasilkan produk elektronik, pakaian, dan berbagai komoditas lainnya, membuat pelabuhan ini sangat penting dalam perdagangan global.

4. Pelabuhan Peti Kemas Hongkong

Secara geografis Hongkong dikenal sebagai negara yang wilayahnya kecil, tetapi ia memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia lho, dengan sekitar 20 juta TEUs yang ditangani setiap tahun. Pelabuhan peti kemas Hongkong ini terkenal karena peran historisnya sebagai pusat perdagangan maritim Internasional. Selain itu, pelabuhan ini juga menawarkan layanan logistik yang canggih dan efisien, menjadikannya penghubung utama antara pasar Tiongkok daratan dengan pasar global.

5. Pelabuhan Busan

Pelabuhan busan terletak di Korea Selatan dan merupakan salah satu pelabuhan terbesar disana. Selain itu berperan penting dalam perdagangan internasional lho, khususnya di kawasan Asia Timur. Setiap tahun, pelabuhan ini menangani lebih dari 22 juta TEUs. Serta melayani ekspor dan impor Korea Selatan, Pelabuhan Busan juga sering digunakan sebagai pelabuhan transshipment untuk barang-barang yang dikirim ke Jepang, Tiongkok, dan wilayah Asia lainnya.

6. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan

Pelabuhan Ningbo-Zhoushan, terletak di provinsi Zhejiang, Tiongkok, merupakan salah satu pelabuhan terbesar di dunia dengan volume sekitar 28 juta TEUs per tahun. Selain itu, pelabuhan ini berperan sebagai pintu gerbang utama untuk barang-barang yang dikirim ke dan dari kawasan industri di Tiongkok timur. Selain melayani kapal kargo besar, pelabuhan ini juga memiliki fasilitas untuk menangani barang-barang curah, seperti minyak mentah dan batu bara. Kombinasi antara peti kemas dan barang curah menjadikan Ningbo-Zhoushan salah satu pelabuhan paling fleksibel di dunia.

7. Pelabuhan Peti Kemas Guangzhou

Pelabuhan Guangzhou terletak di Tiongkok Selatan dan digunakan sebagai pusat perdagangan utama di kawasan tersebut, dengan lebih dari 24 juta TEUs yang diproses setiap tahunnya. Sebagai pelabuhan tertua di Tiongkok, Guangzhou telah lama menjadi pusat distribusi penting bagi barang-barang yang diekspor dari Tiongkok. Pelabuhan ini juga berperan penting dalam mendukung perdagangan domestik di Tiongkok.

8. Pelabuhan Kelang

Pelabuhan Kelang ini terletak di Malaysia, dimana merupakan pelabuhan utama di negara Malaysia dan menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di Asia Tenggara. Setiap tahun, terdapat sekitar 13 juta TEUs melewati pelabuhan ini. Pelabuhan peti kemas ini berfungsi sebagai pusat logistik yang menghubungkan jalur pelayaran internasional di Selat Malaka, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

9. Pelabuhan Tokyo

Sebagai salah satu pelabuhan utama di Jepang, Pelabuhan Tokyo berperan penting dalam mendukung perdagangan internasional dan ekonomi domestik Jepang. Setiap tahun, pelabuhan peti kemas ini menangani lebih dari 7 juta TEUs. Meskipun Jepang memiliki beberapa pelabuhan besar lainnya, seperti Yokohama dan Kobe, Tokyo tetap menjadi yang paling penting karena letaknya di ibu kota negara.

10. Pelabuhan Jawaharlal Nehru

Nah pelabuhan peti kemas yang terakhir ini ada pelabuhan Jawaharlal Nehru yang merupakan pelabuhan terbesar di India, yang terletak di dekat Mumbai. Sebagai pelabuhan tersibuk di negara tersebut, Jawaharlal Nehru berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi India yang cepat, serta meningkatkan konektivitas perdagangan India dengan pasar internasional.

Baca Juga : Distibusi Barang : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Pelaku Distribusi!

Temukan Solusi Impor Barang ke Indonesia yang Aman dan Terpercaya! Yuk Konsultasikan Gratis Sekarang Juga!

Gimana nih setelah membaca artikel di atas, kamu jadi lebih tau kan apa itu pelabuhan peti kemas. Jadi selain digunakan untuk pengiriman barang secara Internasional, pelabuhan tersebut juga digunakan sebagai sarana distribusi antar negara tujuan.

Kamu ingin impor ke berbagai negara dengan aman dan tanpa ribet? Yuk gunakan solusi impor dari Asia Commerce. Kami hadir dan siap melayani para importir dengan baik. Kamu akan dibantu pengurusan syarat dokumen, pengurusan bea cukai, kalkulasi biaya, hingga pengurusan pembayaran mata uang supplier. Tunggu apalagi, yuk tingkatkan bisnismu dengan menggunakan Solusi Impor dari Asia Commerce. Klik tautan ini yaa, kamu juga bisa konsultasi gratis sekarang juga!


Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments