Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

9 Tips Ecommerce Marketing Ini Bikin Anda Sukses

by | Oct 22, 2016 | Tips & Strategi Bisnis

Dari pay-per-klik iklan untuk blogging dan dari mesin pencari optimasi untuk analisis, e-commerce marketing yang luas, beragam, dan, berpotensi, serta kompleks, pada dasarnya tujuannya adalah untuk menemukan kegiatan apa saja, promosi, dan taktik untuk menghasilkan keuntungan. Pertanyaannya, apakah Anda telah sukses dan terampil e-commerce marketing? Jika belum, simaklah  tips ecommerce marketing berikut ini.

Lima tahun lalu, E-commerce Praktis menerbitkan sebuah artikel yang menjelaskan keterampilan yang penting bagi pengusaha e-commerce. Tips ecommerce yang, dapat diambil kurang lebih: bisa menulis, tahu bagaimana untuk belajar, dan menjadi pendengar yang terampil. Keterampilan ini adalah tentang kemampuan strategis yang dibutuhkan pengusaha. Membangun keterampilan adalah satu kemampuan taktis yang akan membantu e-commerce marketing Anda sukses.

1. Menulis, Konten Marketing

Ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk para ecommerce. Tips ecommerce ini adalah Kemampuan menulis yang, pada dasarnya, kemampuan untuk berkomunikasi secara online. Setiap deskripsi produk e-commerce, setiap posting blog, setiap how-to artikel, setiap tentang halaman, setiap naskah video adalah tindakan menulis. Lakukanlah dengan baik, menulis akan membantu mendorong pemasaran e-commerce Anda. Jika tidak maksimal, akan berdampak juga bagi bisnis Anda.

Gunakan sesuatu yang detail dalam menulis sebuah konten marketing, sehingga pembaca nantinya dapat mengetahui secara jelas informasi apa saja yang terdapat dalam sebuah artikel yang Anda terbitkan. Kegunaanya tentu selain memberikan value terhadap pembaca, juga dapat menarik pembaca menjadi subscriber dan tentu sampai pada tahap sebagi pembeli.

Jelas menulis adalah tips ecommerce untuk syarat sukses e-commerce pemasaran.

2. Analisis Data, Analytics

Marketer sukses meneliti fakta dan statistik untuk membuat keputusan yang baik tentang bagaimana untuk berinvestasi dalam pemasaran dan promosi. Kemampuan untuk mempertimbangkan fakta dan memahami implikasi dari statistik disebut analisis data. Tips ecommerce yang satu ini penting untuk pemasaran e-commerce modern.

Analisis data berdampak banyak pada bidang pemasaran, termasuk akuisisi pelanggan, marketing mix, retensi pelanggan, media sosial, segmentasi, dan strategi promosi;

Para marketer yang lebih efektif menggunakan dan memahami data lebih mungkin untuk berhasil.

3. Pengujian dan Pengumpulan Data

Erat kaitannya dengan analisis data adalah kemampuan untuk mengumpulkan fakta dan statistik kinerja pemasaran perusahaan Anda.

Keterampilan pemasaran ini meliputi kemampuan untuk mengatur Google Analytics atau hal serupa, mengoptimalkan untuk bisnis e-commerce Anda dengan spesifik, laporan yang berarti. Ini termasuk memahami bagaimana menguji karya dan menggunakan platform pengujian seperti Optimizely atau yang lain. Hal ini juga mencakup kemampuan untuk mengumpulkan data dari masing-masing paket perangkat lunak bisnis yang Anda gunakan – seperti data penjualan, laporan email, atau manajemen pesanan.

Dalam contoh ini, mengukur atau mengumpulkan informasi tentang kapan responden masuk memudahkan untuk melihat dampak bahwa email marketing efektif atau tidak. Dengan demikian, memantau bagaimana praktik yang dilakukan berdampak untuk membuat keputusan yang lebih baik kedepannya.

Jika Anda dapat mengumpulkan informasi yang baik tentang bagaimana pemasaran Anda berkinerja, Anda lebih mungkin untuk membuat keputusan yang baik berdasarkan informasi tersebut.

4. Desain

Grafis dan desain website sangat berdampak bagi pemasaran. Cara iklan, artikel, atau bahkan detail produk halaman yang terlihat dapat memiliki dampak yang signifikan pada bagaimana email marketing atau bahkan bagaimana produk itu dirasakan.

Tips ecommerce ini merupakan salah satu elemen penting untuk mendatangkan pembeli adalah kepercayaan. Merek pada dasarnya adalah cara untuk mempengaruhi pikiran orang: merek ini mewakili kualitas dan kemewahan, atau merek ini mewakili kenyamanan dan nilai.

Terlepas dari apa target yang Anda tuju pada pelanggan adalah harga tinggi, merek adalah hal yang sangat berpengaruh untuk itu. Jika desain yang kurang profesional dan selaras dengan pesan inti merek, hal ini dapat melemahkan tampilan yang baik. Sebaliknya, desain yang baik berbicara banyak untuk sebuah perusahaan tentang profesionalisme, kualitas dan posisi di pasar.

Untuk mencapai sukses bisnis e-commerce, lihatlah bagaimana situs Anda, iklan Anda, dan bahan merek Anda terlihat.

5. Pengembangan

Kemampuan untuk menulis kode dapat menjadi keuntungan besar bagi marketer. Kemampuan ini mungkin dasar seperti pemahaman HTML dan CSS sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dari posting artikel di WordPress. Atau mungkin kemampuan untuk mengembangkan alat pemasaran Anda sendiri dan laporan.

Dengan beberapa perkiraan, setengah dari semua pekerjaan pemasaran digital memerlukan setidaknya beberapa keahlian teknis. Hal ini terjadi karena begitu banyak dari apa yang dilakukan secara online memerlukan setidaknya pemahaman tentang coding.

Belajarlah kode dan Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas pemasaran Anda. Dengan kontrol yang lebih, kemungkinan Anda untuk meningkatkan keberhasilan.

6. Iklan

iklan e-commerce harus direncanakan, dibuat, dibeli, dieksekusi, dan diukur. Dan itu harus dilakukan di banyak saluran, menggunakan berbagai bentuk media, termasuk situs bayar per-klik iklan di search engine dan pada sosial media, iklan display, iklan asli, iklan mobile, iklan video, dan banyak lagi.

E-commerce marketing yang efektif adalah memahami bagaimana iklan bekerja dan berusaha untuk mendapatkan kemungkinan kembali yang terbaik untuk investasi.

Manajemen iklan adalah keterampilan marketing high-end yang dapat mengambil waktu yang lama untuk belajar dan bahkan lebih lama untuk menguasai. Tapi itu sepadan dengan usaha. Iklan dapat mendorong penjualan dan keuntungan.

7. Email Marketing

Mengutip Direct Marketing Association, alamat email dapat menentukan perkembangan bisnis secara online. Hal ini, email mungkin salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan e-commerce. Anda dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen yang tahu bisnis Anda dan tertarik dengan produk Anda.

Bahkan, sebuah survei oleh Asosiasi Pemasaran Langsung digital marketing menemukan bahwa banyak orang percaya bahwa email marketing adalah, pada kenyataannya, alat pemasaran yang paling efektif.

Kunci dari tips ecommerce ini adalah belajar untuk secara efektif memasarkan via email mungkin menjadi hal terbaik yang Anda lakukan untuk pemasaran e-commerce Anda.

8. Marketing Automation

Marketing automation dapat mengurangi biaya pemasaran, meningkatkan tingkat konversi, meningkatkan nilai pesanan rata-rata, dan, dalam beberapa kasus, bahkan meningkatkan pengalaman pembelanja.

Sebagai keterampilan, marketing automation adalah tentang mengelola proses dan alur kerja di platform otomatisasi seperti Marketo, Infusionsoft, atau bahkan MailChimp.

Untuk pemasaran e-commerce Anda, temukan alat otomatisasi yang pas untuk bisnis Anda dan menguasainya.

9. Search Engine Optimization

Tips ecommerce marketing yang terakhir adalah Search Enging Optimization (SEO). Optimisasi mesin pencari adalah proses membuat halaman web Anda mudah bagi web crawler untuk mengakses dan indeks. Idenya adalah bahwa jika Google, Bing, dan mesin pencari lainnya dapat dengan mudah menemukan dan katalog apa yang ada di halaman Anda, dapat lebih mudah daftar situs Anda pada halaman hasil yang sesuai.

Tujuan SEO tidak untuk mengelabui mesin pencari dengan konten palsu atau isian kata kunci, melainkan untuk membantu mesin pencari menemukan dan memahami konten Anda.

Lakukan dengan baik, SEO akan membantu membuat situs Anda mudah untuk menemukan, yang dapat menyebabkan keberhasilan pemasaran.

 

Baca juga : Model Bisnis E-commerce yang Perlu Kamu Ketahui

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Slamet santoso
Slamet santoso
3 years ago

Sangat membantu saya ingin terus berkembang
terimakasih