Facebook Ads (saat ini berganti jadi Meta Ads) menjadi salah satu platform periklanan online terbesar di dunia yang banyak digunakan. Hal ini dikarenakan Facebook Ads memiliki fitur yang begitu kompleks untuk membantu perkembangan suatu bisnis. Salah satu fitur paling penting yang wajib digunakan oleh pengiklan adalah Facebook Pixel. Ada beragam alasan kenapa harus menggunakan Facebook Pixel. Salah satunya adalah agar performa iklan yang kamu jalankan menjadi lebih optimal serta meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu saja, Facebook Pixel juga berguna untuk mengidentifikasi dan menganalisis audiens. Namun tahukah kamu cara menggunakan Facebook Pixel? Dibawah ini akan kami bahas tuntas mengenai pengertian, cara kerja, manfaat, dan cara menggunakan Facebook Pixel. Jadi mari simak selengkapnya.
Apa Itu Facebook Pixel?
Facebook Pixel atau yang sekarang disebut Meta Pixel adalah sebuah fitur berbentuk kode yang dipasang di situs website untuk merekam aktivitas pengunjung website serta mengumpulkan data dari perilaku audiens.
Tidak hanya itu saja, dengan kode ini kamu bisa melacak konversi dari Fecebook Ads, mengoptimalkan iklan digital, dan membangun audiens yang tepat untuk iklan dapat dilakukan. Kamu juga dapat melakukan retargeting orang-orang yang pernah berkunjung ke situs website mu.
Secara umum Facebook Pixel digunakan untuk membuat target menjadi lebih spesifik serta mengukur efektifitas dari iklan yang kamu jalankan, sehingga iklan mu akan tampil kepada orang yang relevan dan lebih tepat sasaran.
Cara Kerja Facebook Pixel
Lantas bagaimana cara kerja Facebook Pixel? Berikut adalah cara kerjanya.
Facebook Pixel memanfaatkan cookie pada browser untuk melacak pengunjung saat berinteraksi dengan website bisnismu, sehingga kemudian dapat digunakan agar iklan Facebook muncul sesuai dengan aktifitas pengunjung yang dilakukan sebelumnya.
Secara keseluruhan Intinya adalah Facebook Pixel yang terhubung dengan website akan mengambil cookies yang berasal dari browser, lalu menyimpannya di Facebook agar iklan Facebook yang ditayangkan di halaman Facebook user akan sesuai dengan isi dari cookies mereka.
Manfaat facebook Pixel
Facebook Pixel memang bertujuan untuk mengoptimalkan iklan agar target lebih spesifik. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Membuat Lookalike Audience Atau Pengelompokan Audiens
Facebook Pixel memungkinkan kamu dapat membuat lookalike audience dari pengguna yang pernah berinteraksi sebelumnya seperti kunjungan website. Lookalike audience adalah audience yang sangat potensial untuk ditarget karena memiliki minat, perilaku, dan demografi yang sama dengan audience yang telah berinteraksi dengan iklan dan website mu.
Dengan menggunakan lookalike audience, kamu akan dipermudah dalam melacak dan mencari audience yang memiliki karakter maupun perilaku yang sesuai dengan audience tersebut.
2. Optimasi Konversi
Facebook Pixel dapat membantu melacak aktivitas pengunjung di dalam website seperti tindakan call to action, sign up, lead magnet, email subscription, dan newsletter subscription dan lain sebagainya.
Dengan adanya fitur ini juga akan mempermudah kamu dalam menghitung cost per click, cost per conversion dan lain sebagainya dengan lebih spesifik.
3. Melacak Konversi
Setelah kamu memasang Facebook Pixel pada websitemu, kamu bisa melacak konversi. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk melacak setiap pengunjung yang melakukan interaksi dalam situs, sehingga dapat dijadikan conversion rate pada Facebook Ads.
Dengan adanya fitur ini kamu dapat mengetahui device yang diguakan oleh pengunjung, baik melalui desktop atau melalui mobile. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk menentukan strategi mana yang nantinya akan kamu gunakan.
4. Retargeting
Strategi retarteging atau pemasaran ulang adalah menargetkan kembali orang yang pernah mengunjungi situs website. Iklan hanya akan ditampilkan kepada mereka yang pernah mengunjungi dan berinteraksi dengan website mu.
Diharapkan setelah dilakukannya retargeting, pengunjung dapat memikirkan ulang mengenai produk supaya melakukan pembelian.
5. Meningkatkan ROI
Penggunaan Facebook Pixel yang memberikan iklan tepat kepada audience memungkinkan mereka melakukan tindakan seperti yang diharapkan, yang mana kedepannya dapat meningkatkan conversion rate dari Facebook Ads.
Dengan menampilkan iklan yang tepat diharapkan nantinya pengunjung dapat melakukan pembelian sehingga meningkatkan Return on Investment.
Cara Membuat dan Menggunakan Facebook Pixel
- Masuk ke Facebook Business Suite, lalu klik All Tolls dan pilih Events Manager
- Klik connect data, pilih Web kemudian klik Connect
- Masukan nama pixel lalu klik create Pixel
- Masukan Url Website kemudian Check
- Jika berhasil maka selanjutnya pilih Meta Pixel only kemudian klik Next
- Memasang kode Facebook Pixel ke Website
- Jika kamu ingin memasangnya secar manual maka silahkan pilih install code manually, namun jika kamu menggunakan website melalui partner intergrasi Facebook seperti WordPress kamu bisa pilih Use Partner Integration, dengan menggunakan ini kamu dapat menghubungkan Facebook Pixel tanpa melakukan pengkodean sama sekali.
Cara install Facebook Pixel di Website secara manual
- Klik Install Code Manually lalu klik tombol copy code
- Untuk menggunakannya kamu perlu menempelkan kode tersebut tepat dibawah header website kamu
- Jika kamu ingin menggunakan Automatic Advanced Matching kamu bisa mengaktifkannya, opsi ini dapat digunakan untuk mencocokkan data pengunjung website-mu dengan orang-orang yang ada di Facebook. Fitur ini juga dapat melacak konversi dengan lebih akurat dan membuat Custom Audience yang lebih besar. Klik Continue untuk melanjutkan proses.
- Selanjutnya klik Open Event Setup Tools, untuk membuat Event
- Masukan alamat website kamu kemudian klik Open Website
- Facebook akan memberikan daftar event yang dapat kamu gunakan, pilih Confirm atau Dismiss. Selanjutnya klik Finish untuk menyelesaikan prosesnya.
- Untuk memastikan apakah Pixel kamu berjalan atau tidak kamu dapat menggunakan bantuan Facebook Pixel Helper.
Langkah-langkah menggunakan Facebook Pixel Helper
1. Pastikan bahwa kamu menggunakan browser Chrome, karena Facebook Pixel Helper hanya bisa digunakan di Google Chrome Browser. Masuk ke browser kemudian pilih menu extension lalu buka Chrome Web Store, dan cari Facebook Pixel Helper pada kolom pencarian. Add to Chrome untuk menambahkannya.
2. Masuk ke website yang telah kamu pasang Facebook Pixel. Lalu klik extensi Facebook Pixel Helper. Jika sudah terpasang dengan baik, maka akan muncul pop up yang memberikan informasi mengenai Pixel yang telah kamu pasang, jika terjadi kesalahan dalam pop up tersebut juga akan memberikan koreksi mengenai apa yang terjadi.
Nah itulah panduan menggunakan Facebook Pixel 2023, bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Jika kamu mau memulai bisnis tapi masih bingung mulai dari mana, tidak perlu khawatir! konsultasikan dengan kami, Gratis! cukup chat ke Customer Support Whatsapp kami atau klik banner yang ada di bawah ini.
terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat
Guruuu , ajarkan saya bagaimana caranya iklan yang bagus dan benar :)))))