Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Para pengusaha pasti sudah pernah mendengar nama Alibaba, baik pebisnis lama maupun pebisnis baru. Alibaba adalah perusahaan teknologi multinasional China yang mengkhususkan diri dalam e-commerce, ritel, internet, dan teknologi. Pada artikel di bawah ini, saya akan membahas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh importir pemula mengenai website e-commerce Alibaba. Termasuk bagaimana cara mendapatkan alibaba ongkir yang murah.

1. Alibaba Gold Supplier

Berapa biaya ongkir di Alibaba? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengenal Supplier di Alibaba karena biaya ongkir seringkali sangat bergantung pada Supplier. Apabila Anda pernah mencari barang di Alibaba atau sekedar melihat websitenya, Anda akan menyadari bahwa ada 2 jenis supplier di website e-commerce ini. Kedua jenis Supplier di Alibaba yaitu Supplier biasa dan Alibaba Gold Suppliers. Biasanya, importir pemula mencari Supplier berdasarkan ada atau tidaknya logo Gold Supplier karena dianggap lebih trusted daripada Supplier biasa.

Namun, apakah sistem Gold Supplier Alibaba sama dengan sistem Power Merchant yang ada di Tokopedia? Jawabannya adalah tidak. Apabila di Tokopedia untuk menjadi Power Merchant diukur dari performa toko serta pendapatan, untuk menjadi Gold Supplier di Alibaba tidak sesulit itu. Berdasarkan website resmi Alibaba sendiri, untuk menjadi Gold Supplier hanya diperlukan paid membership dari Supplier tersebut. Artinya, gelar tersebut dapat dibeli dengan sangat mudah sehingga tidak selalu dapat dipercaya.

Lantas bagaimana cara mendapatkan Supplier yang tepat? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih Supplier:

  • Harga produk yang dijual
  • MOQ atau jumlah pembelian minimum
  • Lama perusahaan Supplier tersebut berdiri di Alibaba
  • Reputasi dan reviews Supplier tersebut

Apabila hal ini terlalu rumit dan memakan waktu, Anda dapat menggunakan layanan Fulfillment perusahaan pihak ketiga untuk membantu Anda melakukan Quality Control (QC). Dengan adanya Quality Control, pihak ketiga yang akan memastikan bahwa produk tersebut sudah sesuai dengan harga dan ekspektasi Anda. Salah satu perusahaan pihak ketiga yang dapat diandalkan untuk membantu Anda adalah AsiaCommerce. AsiaCommerce memiliki gudang di Guangzhou, China sehingga selain melakukan QC, akan ada tim yang dapat membantu Anda melakukan packing. Apabila Anda merupakan member AsiaCommerce, Anda juga akan mendapatkan layanan pencarian barang serta Supplier oleh team yang profesional. Klik untuk mendaftar fulfillment atau mendaftar sebagai member!

Info lebih lanjut mengenai Keuntungan dan Keamanan berbelanja di Alibaba,

Baca juga: Impor dan Belanja Melalui Alibaba, Amankah?

2. Ongkos Kirim Alibaba Mahal

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh importir adalah apakah ada gudang Alibaba di Indonesia? Adanya gudang resmi di Indonesia pastinya akan mempermudah pengiriman barang karena Alibaba memiliki tempat fisik. Sayangnya, hingga kini Alibaba masih belum memiliki gudang resmi di Indonesia, sehingga pengiriman resmi dilakukan secara langsung.

Platform e-commerce dalam negeri di Indonesia yaitu Tokopedia dan Shopee sering memberikan gratis ongkir. Ini mengakibatkan importir pemula juga seringkali mempertanyakan bagaimana cara belanja di Alibaba gratis ongkir. Apakah di Alibaba memiliki promo “Gratis Ongkir Alibaba”? Jawabannya adalah tidak, Alibaba tidak memiliki ongkir gratis. Seluruh pengiriman harus dibayar secara penuh ditambah dengan bea cukai.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh importir pemula adalah mengapa ongkir (ongkos kirim) Alibaba ke Indonesia mahal. Berikut ini adalah beberapa alasan Alibaba memiliki tarif pengiriman yang mahal.

a. Jasa Pengiriman Alibaba Aman, Cepat, dan Dapat Dipercaya

Perusahaan Alibaba telah berdiri lebih dari 20 tahun sehingga sudah menyempurnakan kemampuan mereka dalam menangani urusan logistik. Data dari thecoldwire.com menyatakan bahwa pada tahun 2018 saja, Alibaba telah berhasil mengirim sebanyak 1.04 miliar paket ke seluruh dunia. Dilaporkan bahwa sebagian besar paket tersebut sampai dengan rapi, tepat waktu, dan dalam kondisi baik. Achievement yang luar biasa ini menjadi salah satu alasan mengapa pengiriman Alibaba dapat dipercaya. Produk juga dapat dilacak di website perusahaan sehingga sangat aman.

b. Biaya Supplier yang Tinggi

Apa yang dimaksud dengan “biaya supplier” dan mengapa biaya tersebut mempengaruhi ongkos kirim Anda? Jadi untuk mengambil keuntungan, Alibaba membebankan biaya supplier di websitenya. Singkatnya, biaya ini adalah “biaya sewa” Supplier sebagai penjual di Alibaba, yang kemudian juga akan mendapatkan bantuan marketing tools serta pengetahuan dari Alibaba. Selain itu, Alibaba juga menarik komisi dari setiap barang yang berhasil dijual oleh Supplier di Alibaba, sehingga ini terus mengurangi keuntungan yang didapatkan Supplier.

Selain biaya supplier, ada juga yang disebut dengan “marketing fees”. Pada saat ini, diperkirakan ada lebih dari 150.000 Supplier di Alibaba. Dengan jumlah vendor yang sangat banyak, tentu Anda dapat membayangkan perjuangan para Supplier tersebut agar dapat muncul di bagian atas pencarian barang. Salah satu cara Alibaba memanfaatkan ini adalah dengan membuat sistem membership yang dibagi menjadi paket basic, paket standard, serta paket premium. Supplier yang berlangganan paket premium tentu saja akan muncul di bagian atas mesin pencarian serta mendapatkan privilege untuk beriklan di laman tersebut.

c. Supplier Menilai Keseriusan Anda

Supplier-supplier yang berjualan di Alibaba biasanya merupakan perusahaan atau pabrik yang secara langsung membuat produk yang mereka jual. Sehingga mereka lebih memilih importir yang ingin membeli dalam jumlah banyak untuk meminimalisir biaya menyalakan mesin pabrik.

Dalam beberapa kasus, Supplier dapat mengirimkan produk sampel (prototype) gratis dengan biaya pengiriman yang dibebankan ke Anda. Apabila Anda menyanggupi, maka Supplier biasanya akan menganggap Anda serius untuk membeli dalam jumlah besar. Konsepnya seperti ini, Anda disuruh untuk membayar ongkos kirim yang mahal hanya untuk sebuah sampel. Namun biasanya, biaya produk yang nantinya akan Anda keluarkan untuk produk jadi akan lebih besar daripada yang harus Anda bayar untuk ongkos kirim ini. Dari sini Supplier dapat menilai bahwa Anda memang bersedia untuk menyelesaikan final purchase. Selain itu, biaya pengiriman produk grosir biasanya terhitung jauh lebih murah daripada biaya pengiriman sampel.

d. Jarak Pengiriman yang Jauh

Dalam menentukan biaya pengiriman, elemen yang paling dinilai adalah seberapa jauh jarak antara tempat awal hingga tempat tujuan. Tentu saja, semakin jauh jaraknya, maka semakin tinggi pula harganya. Alibaba merupakan perusahaan yang berasal dari China, sehingga para Suppliernya juga berdomisili di China. Jarak dari China ke Indonesia bisa dibilang sangat jauh meskipun masih berada di benua yang sama. Oleh karena itu, tidak heran apabila biaya pengiriman menggunakan Alibaba membutuhkan budget yang tinggi.

e. Labor Fee/Biaya Tenaga Kerja dari Supplier

Seperti yang sudah disebutkan pada poin di atas, Supplier di Alibaba biasanya secara langsung membuat produk-produk yang mereka jual. Sehingga ketika Anda membeli sebuah produk, perlu diketahui bahwa Anda tidak hanya membayar biaya bahan baku serta produk jadi tersebut. Anda juga turut membayar tenaga kerja yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Ini termasuk karyawan, mesin, serta waktu yang digunakan untuk membuat dan melakukan pengepakan (packing) produk spesifik yang Anda beli. Dalam beberapa kasus, biaya pengiriman juga termasuk biaya pengurusan dokumen ekspor impor oleh Supplier.

3. Strategi Agar Ongkos Kirim Alibaba Murah

Anda sudah mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mengakibatkan ongkir yang tinggi di Alibaba. Jadi, bagaimana strategi untuk mengurangi ongkos kirim Alibaba? Simak selengkapnya berikut ini.

a. Negosiasi dengan Supplier

Melihat faktor-faktor yang mempengaruhi harga ongkos kirim di Alibaba, Anda akan menyadari bahwa ada bagian besar keputusan biaya yang berada di tangan sang Supplier. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis/entrepreneur harus dapat melakukan negosiasi harga dengan Supplier. Cara lain selain melakukan negosiasi adalah dengan membeli secara grosir. Biasanya, Supplier dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah per satuan apabila Anda bersedia untuk membeli dalam jumlah yang besar.

b. Memaksimalkan Packaging

Ada 2 jalur dalam melakukan Pengiriman Internasional. Yaitu melalui laut (menggunakan kapal) atau melalui udara (menggunakan pesawat). Biaya pengiriman melalui jalur laut biasanya diukur dari volume barang yang ingin dikirim. Sedangkan biaya pengiriman melalui jalur udara biasanya diukur dari berat barangnya.

Packaging dan jalur pengiriman yang Anda pilih untuk produk Anda berpengaruh pada kedua elemen ini. Memaksimalkan packaging produk Anda akan berpengaruh pada efisiensi biaya pengiriman. Apabila Anda mengirim melalui laut, Anda dapat memastikan tidak ada space kosong dalam packaging setiap produk sehingga tidak membuang tempat. Sebaliknya, apabila Anda menggunakan jalur udara, Anda dapat memilih packaging yang lebih ringan seperti plastik atau kardus daripada kaca ataupun kayu.

c. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Strategi yang terakhir adalah Anda dapat mencari pihak ketiga sebagai pengirim barang Anda dari China hingga ke Indonesia. Perusahaan pihak ketiga yang tepat dapat membantu Anda mengurangi banyak biaya (cost) dan juga waktu. Dari tiga strategi untuk mengurangi ongkos kirim Alibaba, strategi ini adalah yang paling mudah dan paling cocok untuk seorang importir pemula. Ini disebabkan importir tidak perlu memiliki perusahaan yang berbadan PT untuk melakukan impor karena badan PT akan mengikuti pihak ketiga tersebut. Dalam beberapa kasus, pihak ketiga juga akan menguruskan dokumen-dokumen yang perlu Anda urus ketika melakukan impor. 

Salah satu perusahaan pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengurangi banyak cost dan waktu adalah AsiaCommerce. Team AsiaCommerce menyediakan layanan pencarian barang dan Supplier pada para membernya. AsiaCommerce juga memiliki gudang di Guangzhou, China sehingga Anda tidak perlu mencemaskan penyimpanan dan pengiriman barang. Anda juga tidak perlu mengurus dokumen karena akan ada team yang mengurusnya untuk Anda. Apakah Anda tertarik untuk menjadi member kami? Yuk gabung menjadi member AsiaCommerce sekarang juga dan nikmati kemudahan berbisnis!