Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis impor merupakan bisnis yang sudah umum dijalankan oleh banyak orang. China merupakan salah satu pilihan favorit dalam mengimpor barang untuk menekuni usaha, khususnya di Indonesia. Kita bisa melihatnya di kehidupan sehari-hari kita, begitu banyak produk China yang dijual serta dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari barang elektronik, pakaian, perabotan rumah tangga, alat memasak, dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena bisnis impor China yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan di bidang transportasi dan juga informasi teknologi membuat akses ekspor impor menjadi lebih mudah dan dapat dijangkau.

Tentunya terdapat alasan-alasan tersendiri yang memicu bisnis impor dari China ini menjadi begitu marak dan menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi para pengusaha. Apa saja hal-hal yang membuat bisnis impor dari China begitu menguntungkan? Simak ulasannya:

Harga Barang yang Sangat Murah

Seperti yang sudah diketahui, barang-barang yang berasal dari China cenderung memiliki harga yang sangat murah. Dengan harga yang murah tersebut, kita dapat mengimpor barang dengan jumlah yang banyak untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Bahkan, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai lima sampai sepuluh kali lipat dari harga beli. Selain itu juga, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang mayoritas menengah-kebawah juga menjadi alasan mengapa produk China sangat diminati dan laris di pasaran. Masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan mengganti produk yang digunakan dalam waktu yang singkat. Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis impor.

Banyaknya Produk yang Bervariasi dan Unik


Begitu banyak produk-produk dari China yang terbilang unik dan bervariasi sesuai dengan fungsinya. Hal itu disebabkan karena inovasi yang terus dijalankan oleh para supplier atau produsen produk di China. Mulai dari produk yang sederhana sampai kompleks, rasanya produk dari China selalu bisa kita temukan di e-commerce atau toko-toko yang biasa kita kunjungi. Selain itu, produsen barang unik di Indonesia masih terbilang sedikit, sedangkan permintaan pasar terus meningkat. Hal itu tentunya bisa menjadi peluang untuk kamu menjual barang-barang tersebut dan memperoleh keuntungan yang besar.

Banyaknya Barang dengan Kualitas Produk yang Tinggi


Beberapa orang seringkali menganggap bahwa produk buatan China memiliki kualitas yang rendah. Pada kenyataannya, sekarang sudah banyak sekali produk China yang berkualitas tinggi namun tetap memiliki harga yang murah. Hal ini disebabkan oleh persaingan industri antar negara, yang membuat China terus mengembangkan kualitas dalam memproduksi produk buatan mereka. Setiap barang yang dijual tentunya juga melewati proses pengecekan terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas barang yang diproduksi.

Margin Keuntungan yang Besar


Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa peluang bisnis impor dari China sangatlah menguntungkan. Kamu bisa mendapat keuntungan yang berlipat-lipat dengan menjalani bisnis ini. Dengan harga beli yang murah dan harga jual yang tinggi, tentunya akan berpengaruh kepada margin keuntungannya, yaitu dapat mencapai 100%-1000% saat menjual barang impor dari China. Kamu juga dapat menentukan harga barang sendiri, dan tidak perlu khawatir jika mengalami kerugian karena bisnis ini terbukti menguntungkan.

Dapat Menjadi Supplier Barang Impor


Selain menjual barang impor secara langsung ke masyarakat, kamu juga dapat menjual kembali barang tersebut ke perusahaan-perusahaan menggunakan layanan jasa pengiriman door-to-door dengan harga murah. Kamu juga dapat menawarkan diri atau mendapatkan kesempatan menjadi penyuplai logistik perusahaan yang menginginkan produk dengan harga yang murah dan terjangkau. Selain itu, adanya juga kemungkinan untuk kamu sebagai penyuplai logistik untuk pemerintah daerah. Kebutuhan logistik pemerintah bersifat kontinu, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang konsisten.

Cara Impor Barang dari China ke Indonesia

Beberapa dari kamu mungkin memiliki keinginan untuk menjalani bisnis impor dari China, tetapi masih bingung bagaimana cara melakukannya. Mempelajari cara mengimpor barang dari China ini merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu, karena dapat mencegah terjadinya penipuan atau ketidaksesuaian terhadap barang impor yang akan kamu beli. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan cara impor barang dari China ke Indonesia untuk dijual kembali.

Melalui Jalur Pelabuhan

Cara ini merupakan cara tradisional dalam mengimpor barang dari China. Kamu akan bertemu langsung dengan seller dari China dan membuat kesepakatan terhadap produk yang ingin kamu beli. Terkait harga produk, banyaknya produk, jenis pengiriman, dan lain sebagainya akan kamu diskusikan langsung dengan seller. Kamu dapat memesan barang dalam jumlah yang sangat banyak jika melakukan impor melalui jalur ini. Biaya yang diperlukan melalui jalur pelabuhan ini terbilang cukup tinggi sehingga cara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan stok barang dalam jumlah banyak.

Melalui Marketplace atau E-commerce

Cara ini merupakan cara yang paling mudah serta murah dalam mengimpor produk China. Selain itu, cara ini juga kerap digunakan oleh para importir mengingat semakin majunya teknologi yang ada. Marketplace yang paling populer dalam mengimpor produk dari China diantaranya adalah Alibaba, AliExpress, TaoBao, dan lain-lain. Kemudahan yang dapat dirasakan dengan menggunakan cara ini adalah kamu hanya perlu duduk manis saja memesan barang dan menunggu sampai produk yang kamu pesan datang. Terlebih lagi, kamu tidak perlu menjalankan prosedur apa pun karena proses pengiriman sepenuhnya menjadi tanggung jawab marketplace penjual barang. Namun, ada juga kelemahan dari cara ini, yaitu harga cenderung lebih tinggi dan jumlah barang yang bisa dipesan terbatas.

Melalui Jalur Pariwisata

Cara ini merupakan cara yang kurang populer jika dibandingkan dengan cara yang lainnya. Impor barang melalui cara ini, yaitu dengan pergi ke China melalui suatu agen pariwisata. Nantinya, agen tersebut akan singgah di suatu tempat di mana kamu bisa membeli berbagai barang dari China. Keunggulan dari cara ini adalah, kamu bisa mendapatkan barang yang lebih murah karena kamu membelinya langsung di pasar China. Kamu juga tidak memerlukan prosedur ekspor impor yang rumit. Terdapat juga kelemahannya, yaitu jumlah produk yang bisa kamu beli cenderung lebih sedikit dan waktu berbelanja juga dibatasi oleh pihak agen wisata.

Melalui Jalur Pribadi

Cara ini mirip dengan jalur pariwisata, bedanya kamu melakukannya sendiri tanpa perantara suatu agen pariwisata. Ketika sampai di China, kamu dapat memilih produk yang hendak kamu jual kembali di toko-toko tertentu. Mengimpor barang jalur pribadi ini termasuk dalam impor barang skala kecil, karena terbatasnya barang yang bisa dibeli dan dibawa. Terdapat juga pajak saat membawa barang dari luar negeri.

Nah, itulah alasan-alasan mengapa bisnis impor dari China merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Terdapat juga cara-cara dalam melakukan impor produk dari China ke Indonesia, yang dapat membuat kamu bisa langsung merealisasikan keinginan kamu sebagai pelaku bisnis impor dari China.

Bagi kamu yang masih ragu menjalani bisnis impor dari China, semoga artikel ini dapat membantu meyakinkan kamu, ya. Kamu juga tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce menyediakan jasa layanan impor yang dapat membantu bisnismu. Sehingga bisnis impor yang kamu jalani dapat berjalan dengan lancar. Klik di sini untuk mendaftar atau pada gambar di bawah ini.