Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Komoditas Ekspor Indonesia Paling Populer

by | Jan 10, 2023 | Ekspor

Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan suatu barang ke luar negeri. Pada prosesnya ekspor dapat dimulai jika terdapat penawaran atau permintaan dari suatu pihak ke negara lain.

Indonesia sendiri memiliki beberapa komoditas ekspor populer yang sangat diminati oleh pasar dunia. Tidak hanya menguntungkan bagi pihak yang melakukan ekspor karena dapat menembus pasar global, tapi aktivitas ekspor juga berperan mendatangkan devisa bagi negara.

Berdasarkan laman Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor indonesia sepanjang Januari-Oktober mencapai lebih dari US$244,14 miliar atau naik 30,97 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. Hal ini menandakan bahwa pergerakan ekonomi indonesia khususnya di bidang ekspor telah meningkat setelah sebelumnya menurun akibat badai covid19.

Peningkatan inipun menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah indonesia. Lantas komoditas apa saja kah yang ikut membantu meningkatkan kinerja ekspor indonesia? Berdasarkan laman dari ppejp.kemendag.go.id, berikut 10 komoditas ekspor Indonesia paling populer.

1. Udang

Udang sebagai salah satu komoditas ekspor utama indonesia. Memngingat indonesia sebagai negara perairan terbesar didunia tak ayal membuat udang sebagai hasil laut dengan nilai ekspor yang tinggi. Berdasarkan catatan kementrian KKP ekspor Indonesia ke Amerika saja mencapai 71,6% dari total eksor udang nasional, atau menjadi negara tujuan ekspor terbesar pada komoditas udang. Sedangkan negara tujuan terbesar kedua yakni jepang dengan nilai 298 juta dolar AS dengan volume 28 ribu ton.

Adapun negara tujuan ekspor udang antara lain, jepang, Amerika, Hongkong, Singapura, Inggris dan lain sebagainya.

2. Kopi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi merupakan produk hasil pertanian terbaik di dunia. Maka dari itu kopi menjadi salah satu komoditas ekspor indonesia paling dicari. Ada banyak jenis kopi yang menjadi primadona seperti luwak, robusta dan arabika. Bahkan banyak pihak yang mendukung serta membantu untuk meningkatkan ekspor kopi.

Negara tujuan kopi meliputi Cina, Jepang, Amerika Serikat, Spanyol, Turki dan masih banyak lagi.

3. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit atau palm oil merupakan minyak nabati yang biasa digunakan untuk berbagai produk olahan baik makanan maupun kecantikan. Oleh karena itu, minyak kelapa sawit banyak diburu oleh berbagai negara karena manfaatnya tersebut.

Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Bahkan menguasai sekitar 55% pangsa pasar ekspor global. Mengutip dari laman statista pada 2018 Indonesia mengekspor 29,3 juta ton minyak kelapa sawit sekaligus menjadikannya sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia

Negara tujuan ekspor minyak kelapa sawit adalah China, India, Pakistan, Turki, Italia dan masih banyak lagi.

4. Kakao

Kakao adalah bahan baku utama pembuatan coklat. Tanaman kakao tumbuh dengan baik di negara tropis, oleh sebab itu kakao sangat cocok di tanam di Indonesia. Terlebih lagi Eropa yang sangat dikenal dengan coklatnya sangat membutuhkan tanaman kakao untuk pembuatan coklat.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara di kawasan Asia yang menjadi pengekspor kakao terbesar. Oleh karena itu kakao menjadi komoditas populer ekspor Indonesia.

Negara tujuan ekspor kakao antara lain : Jerman, Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Swis, Rusia, dan masih banyak lagi.

5. Karet

Karet juga masuk daftar komoditas ekspor paling populer nasional dari sektor perkebunan. Indonesia juga merupakan penghasil karet yang baik karena berasal dari getah yang bersih dan tak tercampur dengan kotoran.

Karet pun turut menyumbang devisa terbesar kedua di sektor perkebunan. Pada periode 2021, nilai ekspor karet mencapai US$1,082 miliar.

Beberapa negara tujuan ekspor karet diantaranya, Kanada, Belgia, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, dan masih banyak lagi.

6. Tekstil

Tekstil merupakan industri tekstil merupakan industri yang mengolah bahan asal serat untuk dibuat menjadi benang atau kain. Industri tekstil merupakan salah satu industri yang mendapat prioritas untuk dikembangkan di dalam negeri. Hal ini karena kontribusi yang dihasilkan dari tekstil sangat signifikan bagi perekonomian nasional, terutama sesuai dalam rancangan peta jalan Making Indonesia 4.0. Selain itu, industri tekstil  juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah cukup besar dan diandalkan sebagai industri yang berguna untuk memenuhi kebutuhan sandang nasional.

Industri tekstil dapat memproduksi dan menghasilkan produk yang nantinya bisa di ekspor antara lain, baju, sprei, tas, dll.

Negara tujuan ekspor tekstil diantaranya adalah Amerika Serikat, Mexico, Spanyol, Australia, Korea Selatan dan masih banyak lagi.

7. Alas Kaki

Selain dari sektor pertanian, perkebunan dan kelautan, barang hasil industri seperti alas kaki juga menjadi komoditas ekspor Indonesia terpopuler. Produk alas kaki yang diekspor di antaranya, sepatu olahraga maupun produk alas kaki lainnya untuk keperluan sehari-hari.

Alas kaki buatan Indonesia sudah dikirim ke banyak negara. Di antaranya Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Jerman, Inggris, dan Prancis.

8. Elektronika

Meskipun lebih dikenal negara China, Jepang dan Korea Selatan sebagai negara penyumbang elektronik terbesar di dunia, produk elektronik Indonesia pun juga tak kalah dan dapat bersaing di pasar global karena kualitasnya sudah memiliki standar internasional. Contoh produk elektronika yang diekspor yaitu produk rumah tangga (produk household).

Negara tujuan ekspor elektronika diantaranya, Hongkong, Malaysia, Vietnam, Polandia, Denmark, dan masih banyak lagi.

9. Komponen Otomotif

Indonesia menjadi produsen otomotif terbesar kedua di ASEAN setelah Thailand. Ini juga termasuk salah satu komoditas ekspor Indonesia. Beberapa produk suku cadang Indonesia yang diekspor ke luar negeri, yaitu kopling dan bagiannya, roda, stir, serta berbagai aksesoris untuk badan kendaraan.

Negara tujuan ekspor otomotif diantaranya yaitu Kanada, Prancis, Jerman, China, India, Pakistan, dan masih banyak lagi.

10. Furniture

Produksi kayu dan hasil hutan yang melimpah menjadikan Indonesia sebagai pengekspor produk furniture paling populer di dunia. Kegiatan dari industri furniture yaitu mengolah bahan baku dari kayu, rotan, maupun bahan alami lainnya untuk dijadikan produk furniture. Perabot atau alat-alat rumah tangga, seperti meja, kayu, lemari, dan sejenisnya.

Negara tujuan ekspor firniture antara lain, Amerika Serikat, Spanyol, Belanda, Italia, Jerman, Taiwan, Korea Selatan, Australia dan masih banyak lagi.

Itulah 10 komoditas ekspor Indonesia paling populer. Bagaimana, kamu jadi tau bukan apa saja komoditas ekspor indonesia paling populer? kalau kamu sudah tau apakah kamu ingin melakukan ekspor juga? Jika kamu tertarik dan ingin melakukan ekspor kamu tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce siap membantu kamu. Dengan berbagai layanan yang akan memudahkan kamu dalam melakukan ekspor. Sehingga kamu bisa tetap fokus untuk mengembangkan usaha ekspormu. Klik di sini atau banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments