Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

16 Tips Blogging Sukses Untuk E-Commerce

by | Mar 19, 2018 | Tips & Strategi Bisnis

Membuat jalan bagi pelanggan Anda untuk masuk ke website Anda membutuhkan kombinasi dari berbagai saluran. Salah satu metode yang paling ampuh untuk menarik mereka ke website Anda adalah blogging. Apakah Anda sedang menciptakan blog dengan format yang seperti berita, “how-to” atau “top 10”-sesuatu, mempromosikan profil perusahaan, atau pengetahuan berharga yang informatif akan menarik mereka masuk.Membuat sebuah blog adalah cara yang bagus untuk menarik audiens yang mungkin berpotensi menjadi pelanggan setia Anda. Dengan blogging, Anda bisa memberikan nilai yang berharga untuk pelanggan melalui keterlibatan dan hubungan langsung dengan mereka melalui percakapan. berikut beberapa tips blogging sebagai kunci untuk mencapai keberhasilan blogging:

16 Tips Blogging Sukses Untuk E-Commerce

1. Tahu Tujuan Blog Anda

Dalam tips blogging yang pertama ini hambatan utama di sini adalah untuk membedakan dengan jelas nilai jual bisnis Anda dan menyampaikan ke audiens tentang sisi lain dari bisnis yang ingin anda libatkan serta membuat hubungan dengan mereka. Pembaca atau audiens adalah kunci di sini.

2. Mengetahui Karakter Audiens

Lakukan segmentasi untuk mengetahui target audiens. Dari situ, Anda dapat mendefinisikan dengan jelas jenis pembaca atau penonton yang ingin Anda capai melalui blog Anda dengan memahami perilaku, selera, kepentingan, dan bahkan kebutuhan mereka! tips blogging ini juga sangat penting untuk blog Anda.

3. Membuat Sasaran

Membuat blog adalah sebuah perjalanan di mana Anda tidak perlu apa-apa kecuali ketekunan. Untuk membuat blog yang sukses, Anda harus mengidentifikasi tujuan blog. Untuk tips blogging satu ini Anda dapat menggunakan pendekatan S-M-A-R-T disini, yaitu:

  • Specific (Spesifik): Cobalah untuk menentukan rincian tujuan dengan menggunakan pendekatan 5 W dan mulai bertanya: Apa yang blog Anda ingin capai? Mengapa Anda membuat blog? Siapa target audiens Anda? Dimana Anda ingin bisnis Anda ditemukan? Kapan blog akan diposting?
  • Measurable (Terukur): Mengukur keberhasilan dengan mulai mencari tahu apa tujuan dari blog Anda, setelah mengetahui tujuan, mulai mendefinisikan apa arti dari target tersebut, dan bagaimana Anda akan tahu kapan Anda telah mencapai target itu.
  • Attainable (Dapat Dicapai): Seni tentang mencampurkan harapan tinggi, sehingga Anda akan tetap termotivasi tetapi tetap mempunyai tujuan yang cukup realistis untuk dicapai.
  • Relevant (Relevan): Pastikan tujuan blog Anda relevan dengan tujuan blog untuk jangka panjang
  • Time-bound (Terikat Waktu): Berikan blog Anda tenggat waktu yang jelas untuk mencapai target dalam jangka waktu yang menetap.

4. Menulis Dengan Memikirkan Audiens

Ini adalah awal yang baik dimana Anda membuat blog dengan kepentingan spesifik yaitu audiens yang ditargetkan. Ketika Anda memulai percakapan dengan audiens, Anda akan belajar apa sebenarnya kebutuhan audiens Anda dan Anda dapat membuat informasi atau pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka, tetapi juga untuk orang lain.

5. Menyampaikan Konten Berkualitas

Konten adalah raja, tidak diragukan lagi. Cobalah untuk membuat konten yang dapat menambah informasi apapun untuk audiens Anda.

6. Desain dan Visual

Buat konten Anda dapat dibaca dan juga menarik bagi mata pembaca dengan menggabungkan setiap visual dan warna yang akan membuat mereka merasa nyaman membaca artikel Anda.

Baca Juga:

7. Membuat Tulisan Dengan Pengoptimalan SEO

Ada saluran yang harus dilewati audiens sebelum konten dapat mereka baca, yaitu mesin pencari. Pastikan posting Anda telah mengoptimalkan kata kunci, baik dalam isi dan judul. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan ini:

  • Mencampur judul dan meta description adalah relevan
  • Pastikan tidak ada link yang rusak dan semua pekerjaan navigasi lancar
  • Pastikan hasil posting Anda adalah orisinil

8. Buat Blog Anda Dapat Dibagikan

Tambahkan plugin lainnya sehingga Anda dapat mengelola dan melihat percakapan yang masuk dengan mudah dan nyaman. Beberapa plugin yang dapat Anda gunakan adalah media sosial tempat dimana sebagian besar audiens Anda aktif. Ada Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Plus, dan banyak lagi.

9. Buat Hubungan Dengan Blogger Berpengaruh di Target Pasar Anda

Trik ini dapat menghasilkan sejumlah manfaat untuk blog Anda. Berlangganan feed dari blogger berpengaruh, membaca posting blog mereka, mengomentari komentar mereka, dan link posting mereka di feed Anda sendiri, dapat membuka hubungan baru dengan mereka, dan mungkin mereka akan membalas budi untuk blog Anda juga.

10. Buat Post Dengan Gaya List

Posting List-style atau How sangat populer di kalangan pembaca. Keduanya merupakan jenis tulisan yang mudah dibaca dan dapat memberitahu pembaca secara langsung apa poin utama dari konten.

11. Sesekali Menulis Post “Link Bait”

Strategi ini dilakukan dengan cara menghubungkan posting internal Anda yang terkait ke dalam situs web Anda sendiri. Dengan begitu, peringkat website Anda akan meningkat karena audiens hanya berselancar di sekitar situs Anda. Cara ini sederhana, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan:

  • Membuat konten yang cukup banyak di situs. Anda akan membutuhkan konten untuk dikaitkan.
  • Buat teks link dimana kursor bisa diarahkan

12. Frekuensi

Blogging adalah sesuatu yang harus Anda perbarui secara teratur. Akan semakin membantu jika Anda melakukan posting secara berkala.

13. Belajar Dari Ahlinya

Dalam penulisan blog, selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari bagi si penulis. Belajar dari blogger terbaik yang memiliki eksposur sama terhadap bisnis Anda dapat membantu Anda untuk meningkatkan blog Anda menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Ketika Anda membaca dari blog lain, perhatikan:

  • Topik yang terkait dengan blog Anda
  • Gaya penulisan
  • Sumber yang dikutip dalam tulisan
  • Grafis dan gambar

14. Ukur Kesuksesan Blog Anda

Untuk menganalisis hasil kinerja blog, kita dapat menggunakan Google Analytics dengan memeriksa tingkat bouncing, waktu yang orang gunakan untuk melihat laman, halaman keluar, dan rasio konversi. Dari situ, selaraskan tujuan jangka pendek Anda untuk mengetahui apakah blog Anda mencapai target atau tidak.

Namun demikian, bersikaplah terbuka untuk menerima umpan balik dari pelanggan Anda. Keluhan sederhana seperti “Saya pikir lebih baik untuk menjadi seperti ini dan itu” dapat memberikan wawasan untuk bisnis Anda terkait peluang yang belum dimanfaatkan.

15. Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa yang Tepat

Tata bahasa yang ceroboh adalah kesalahan yang fatal. Hindari hal ini.

16. Call To Action

Sebuah seruan tindakan adalah bahan ajaib yang membuat posting blog Anda layak disebarkan. Setiap post membutuhkan seruan tindakan. Para audiens sudah menanggapi blog Anda dan siap untuk terlibat, dan kemudian apa yang Anda ingin mereka lakukan? Apakah memberikan alamat email, mengunjungi halaman lain, membeli produk, atau mengunduh e-book, Anda harus memiliki seruan tindakan yang eksplisit untuk setiap post.

Sebuah blog adalah bagian dari bisnis Anda. Walaupun tidak akan memecahkan semua masalah bisnis Anda sekaligus, tetapi blog tentu dapat meningkatkan visibilitas online Anda dengan mendapatkan perhatian dari calon pelanggan dan memberikan mereka keuntungan selama berbisnis dengan Anda. Apakah ada sesuatu terlwarkan? Silakan tinggalkan apapun yang Anda di otak Anda pada bagian komentar bawah ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments