Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

3 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Ekspor, Wajib Tahu!

by | Aug 1, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Digital marketing kini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan bisnis di seluruh dunia, mulai dari bisnis pakaian, makanan, hingga bisnis ekspor. Hal ini karena digital marketing dianggap lebih baik untuk mempromosikan barang atau produk dibandingkan teknik promosi konvensional.

Cakupan pasar yang luas, serta biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, membuat digital marketing menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisnis terutama pebisnis ekspor yang memerlukan jaringan pasar yang luas.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknik digital marketing untuk bisnis ekspor Anda, maka Anda telah membaca artikel yang tepat! Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai strategi, manfaat, hingga tips digital marketing untuk bisnis ekspor Anda. Yuk, simak!

Pengertian Digital Marketing

tips digital marketing

Digital marketing merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan media digital sebagai tempat untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Dengan kata lain, digital marketing adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk mereka melalui internet menggunakan media digital seperti website, media sosial, konten video, iklan dan lain sebagainya.

Di era sekarang ini, sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan digital marketing sebagai sarana promosi. Teknik ini juga dapat diterapkan di dalam bisnis ekspor. Digital marketing dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga membuat suatu brand dapat dengan mudah bersaing dalam pasar global hanya dengan melalui sebuah jaringan internet.

Hal ini yang kemudian mendorong sebuah bisnis untuk melakukan ekspor demi memenuhi permintaan pelanggan. Oleh sebab itu, digital marketing memiliki peranan penting dalam meningkatkan penjualan serta membantu bisnis untuk dapat terus berkembang hingga menjangkau berbagai negara.

Strategi Digital Marketing Ekspor

Jika Anda tertarik untuk menggunakan pemasaran digital atau digital marketing sebagai media memasarkan produk untuk menembus pasar ekspor, maka Anda perlu menyimak beberapa strategi digital marketing untuk ekspor berikut ini agar strategi digital marketing Anda dapat berjalan lebih optimal, yuk simak!

Membuat Website

tips digital marketing

Memiliki sebuah website merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai teknik pemasaran digital marketing. Melalui website, calon konsumen akan tahu tentang profil perusahaan Anda serta barang atau produk apa saja yang Anda jual. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha untuk memaksimalkan website bisnis mereka demi menarik perhatian pelanggan.

Jika Anda ingin menembus pasar global, maka pertimbangkan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default website Anda. Hal ini agar calon konsumen Anda yang berasal dari berbagai negara dapat memahami website Anda dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda.

Pasarkan Produk Anda Secara Online

Selain menggunakan website, Anda juga dapat memanfaatkan media digital lainnya untuk mempromosikan barang atau produk yang Anda jual. Anda dapat menggunakan social media seperti Instagram, Facebook, atau Youtube untuk memasarkan produk Anda. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan marketplace dunia seperti Ebay, Alibaba, dan masih banyak lagi untuk mempermudah Anda menjangkau pasar yang lebih luas.

Gunakan Teknik SEO

Pengguna internet umumnya mencari sebuah informasi mengenai suatu produk melalui mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) sebagai sarana untuk memaksimalkan website bisnis Anda agar dapat terlihat oleh pengguna internet.

Apa itu SEO? Search Engine Optimization adalah sebuah upaya pemasaran untuk menempatkan sebuah website pada halaman pertama Google. Saat ini, terdapat ribuan website yang terdaftar di Google, jika website Anda tidak dapat bersaing dengan website lain, maka risiko kerugian bisa terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimasi website bisnis Anda agar pengguna dapat melihat website bisnis Anda di halaman pencarian.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Ekspor

Menggunakan digital marketing untuk bisnis ekspor Anda akan membawa banyak manfaat yang bisa langsung Anda rasakan. Berikut ini beberapa manfaatnya!

Lebih Memahami Popularitas Produk

Digital marketing akan membantu Anda untuk lebih memahami popularitas produk bisnis ekspor Anda. Dengan digital marketing, Anda bisa mengecek di Google seberapa populer produk yang Anda sediakan dari banyaknya orang yang mencarinya atau menjualnya di Google.

Selain itu, digital marketing juga bisa memberi tahu popularitas produk yang Anda sediakan di negara yang akan menerima ekspor produk Anda. Dengan mengira-ngira popularitas produk Anda di negara tersebut, Anda juga bisa mengira-ngira kesuksesan bisnis ekspor Anda nantinya.

Menemukan Pesaing

Bisnis ekspor pasti memiliki pesaing, baik dari dalam negeri atau dari negara dimana Anda akan melakukan ekspor produk Anda. Oleh karena itu, digital marketing Akan membantu Anda menemukan siapa saja pesaing Anda dari konten digital marketing mereka juga.

Meningkatkan Reputasi Brand

Manfaat terakhir adalah meningkatkan reputasi brand bisnis ekspor Anda. Digital marketing akan membantu brand bisnis Anda lebih dikenal, sehingga brand bisnis Anda pun akan lebih meningkat dan membuka banyak peluang baru untuk Anda.

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Ekspor

Sebelum mulai menggunakan digital marketing untuk bisnis ekspor Anda, simak dulu beberapa tips ini!

Persiapkan Konten Secara Matang

Digital marketing berpusat pada konten. Oleh karena itu, persiapkan konten digital marketing produk Anda secara matang. Lakukan riset online dan pantau kompetitor untuk tahu strategi marketing apa yang cocok untuk bisnis ekspor Anda. Melakukan riset akan membantu Anda untuk mengetahui mana strategi yang sudah dan belum dipakai oleh kompetitor Anda.

Jika sudah, Anda bisa mulai membuat konten web atau media sosial yang sesuai. Jangan lupa optimalkan penggunaan website dan media sosial untuk menyokong konten promosi Anda. Caranya adalah dengan membuat konten dengan isi dan desain yang menarik sehingga banyak pelanggan yang tertarik mencoba produk Anda.

Manfaatkan Fitur Iklan Digital

tips digital marketing

Tips lain yang bisa Anda gunakan sebelum menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan fitur iklan digital, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya. Dengan begitu, bisnis Anda akan dapat menjangkau lebih banyak orang dan akan ada banyak orang juga yang tertarik untuk membeli produk bisnis Anda.

Gunakan Fitur E-Commerce Global

tips digital marketing

Tips terakhir sebelum menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda adalah dengan menggunakan fitur e-commerce global. Saat ini, sudah banyak e-commerce yang menyediakan pengiriman ke seluruh dunia, seperti Amazon, Alibaba, dan lainnya. Memanfaatkan e-commerce global tersebut akan membantu Anda memasarkan langsung produk Anda kepada pelanggan di berbagai negara.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments