Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apa Itu Port to Port dan Perbedaannya dengan Door to Door

by | Aug 30, 2023 | Impor

Ketika kamu terlibat dalam kegiatan pengiriman barang, kamu mungkin pernah mendengar istilah “port to port.” Ini adalah salah satu konsep kunci dalam dunia logistik yang mengacu pada metode pengiriman barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Konsep ini melibatkan serangkaian proses dan koordinasi yang penting untuk memastikan barang tiba dengan aman dan tepat waktu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih jauh tentang apa yang sebenarnya dimaksud dengan “port to port” dan mengapa konsep ini memiliki peran sentral dalam rantai pasok global.

port to port
(Unsplash/Eilis Garvey)

Apa itu Layanan Port to Port?

Dalam dunia bisnis ekspor impor, istilah ini mengacu pada salah satu metode pengiriman barang yang paling umum digunakan. Dalam layanan ini, barang yang hendak dikirim harus diambil langsung oleh penerima di pelabuhan atau bandara tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Jika pengiriman melalui jalur laut, barang akan disimpan di pelabuhan, sementara dalam pengiriman melalui jalur udara, barang akan berada di bandara cargo. Meskipun terdengar sederhana, layanan ini memerlukan kerja sama yang erat antara para pihak terlibat, termasuk pengirim, penerima, dan jasa ekspedisi.

Dalam layanan ekspor impor ini, peran pengirim dan penerima perlu menjadi lebih aktif. Pengirim harus memastikan barang sudah siap diambil oleh penerima di tempat tujuan. Penerima akan menerima nomor resi, surat muatan udara (SMU), atau Airwaybill sebagai bukti pengiriman sah. Meskipun memerlukan upaya lebih pada sisi penerima, layanan ini memiliki keuntungan dalam hal biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan layanan “Door to Door”. Oleh karena itu, jika kamu memiliki pengalaman dalam mengurus dokumen pengiriman dan memiliki akses transportasi yang memadai, layanan yang satu ini dapat menjadi opsi yang menguntungkan dalam mengatur pengiriman barangmu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan port to port merupakan metode pengiriman yang mengharuskan penerima mengambil sendiri paket pesanannya. Baik di pelabuhan ataupun cargo di bandara.

Baca juga: Airway Bill, Pengertian Serta Persamaannya Dengan Faktur Pajak

Apa Saja Kelebihan Layanan Port to Port?

Jika kamu sedang merencanakan pengiriman barang dalam bisnis ekspor impor, memilih metode pengiriman yang tepat bisa memberikan dampak signifikan pada efisiensi dan biaya. Metode ini memiliki sejumlah kelebihan yang dapat mendukung kesuksesan bisnismu.

1. Barang Diperiksa dan Dipantau dengan Ketat

Salah satu kelebihan utama dari layanan ini adalah pemeriksaan dan pemantauan yang lebih ketat terhadap barang. Sebelum barang dikirim, ia akan diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan kondisinya baik dan sesuai dengan persyaratan pengiriman. Selama proses pengantarannya, barang akan terus dipantau, sehingga kamu dapat yakin bahwa barang akan aman dan selamat hingga sampai di tujuan akhir.

2. Biaya Pengiriman Lebih Terjangkau

Dalam hal biaya, layanan yang satu ini sering kali lebih terjangkau dibandingkan dengan layanan door to door. Terutama jika kamu memiliki pengiriman dalam jumlah besar atau berat, metode ini dapat memberikan solusi yang lebih hemat. Biaya yang lebih rendah ini dapat membantu kamu mengoptimalkan anggaran bisnis dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

3. Pemantauan Lebih Mudah

Dengan memilih layanan ini, kamu juga memiliki kendali lebih besar atas pemantauan barangmu. Kamu dapat memantau pergerakan barang saat berada di kantor ekspedisi, memberikan rasa aman dan kepastian bahwa barangmu dalam kondisi baik. Ini juga memungkinkanmu untuk mengambil langkah-langkah jika terjadi masalah atau keterlambatan dalam pengiriman.

4. Pelayanan yang Ramah Terhadap Customer

Layanan ini juga umumnya menawarkan pelayanan yang ramah dan informatif terhadap para pelanggan. Kamu akan mendapatkan informasi yang jelas tentang status pengiriman, proses pemeriksaan, dan estimasi waktu tiba. Dengan komunikasi yang baik, kamu akan merasa lebih terhubung dan diberdayakan dalam mengatur pengiriman bisnismu.

Secara keseluruhan, layanan ini dapat menjadi solusi yang menguntungkan dalam mengatur pengiriman barang ekspor impor. Dengan biaya yang lebih terjangkau, pemantauan yang lebih ketat, dan pelayanan yang baik, metode ini dapat membantu kamu menjaga integritas barangmu dan menjalankan bisnis dengan lebih efisien.

Oleh karena itu, layanan ini cocok untuk kamu jika kamu merupakan pelaku bisnis retail yang memiliki gudang dalam jumlah banyak, pengusaha UMKM, dan unit bisnis yang tidak mempunyai bagian logistik untuk pengantaran.

Baca juga: Memahami Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang untuk Impor

Apa Saja Kekurangan Layanan Port to Port

Meskipun layanan memiliki sejumlah kelebihan, tidak dapat dimungkiri bahwa metode ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum kamu memilihnya sebagai opsi pengiriman dalam bisnis ekspor impor.

1. Tidak Cocok Jika Kamu Ingin Layanan Simpel

Salah satu kekurangan dari layanan ini adalah ia tidak cocok untuk pelanggan yang menginginkan kemudahan dan efisiensi waktu. Metode ini mengharuskan kamu untuk mengambil barangmu ke kantor ekspedisi sendiri, yang bisa memakan waktu dan tenaga. 

2. Penerima Harus Meluangkan Waktu untuk Mengambil Barang Kiriman

Jika menggunakan layanan ini, penerima barang bertanggung jawab untuk mengambil barang di terminal kargo atau pelabuhan. Penerima harus mengatur waktu untuk pergi ke tempat pengambilan barang, yang bisa memerlukan usaha ekstra terutama jika lokasinya cukup jauh dari tempat bisnismu.

3. Tidak Memasukkan Layanan Pengantaran Hingga Tujuan Akhir

Setelah barang tiba di pelabuhan atau bandara tujuan, penerima harus mengurus sendiri pengambilan dan pengantaran barang ke alamat yang diinginkan. Jika kamu menginginkan solusi yang lebih lengkap dan tanpa repot, mungkin layanan door to door lebih sesuai karena melibatkan pengantaran langsung ke alamat penerima.

Meskipun memiliki kekurangan, layanan yang satu ini tetap menjadi pilihan yang dapat diandalkan tergantung pada kebutuhan bisnismu. Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing metode pengiriman agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat dan sesuai dengan prioritas bisnismu.

port to port
(Unsplash/Ilya Cher)

Apa Perbedaan Port to Port dan Door to Door?

Dalam dunia ekspor impor, memilih metode pengiriman yang tepat adalah keputusan penting yang mempengaruhi efisiensi dan biaya bisnismu. Perbedaan antara layanan “Port to Port” dan “Door to Door” bisa menjadi pertimbangan penting saat memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mengirimkan barang.

1. Efisiensi Waktu dan Kemudahan Pengiriman

Salah satu perbedaan utama antara layanan “Port to Port” dan “Door to Door” adalah efisiensi waktu dan kemudahan pengiriman. Layanan “Door to Door” menawarkan kenyamanan dengan menyediakan kurir yang menjemput dan mengantarkan barang langsung ke alamat pengirim atau penerima. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mengurus pengiriman ke kantor ekspedisi atau mengambil barang di terminal kargo. Di sisi lain, layanan “Port to Port” meminta kamu untuk mengantarkan barang ke tempat pengiriman sendiri dan penerima harus mengambil barang di pelabuhan atau bandara tujuan.

2. Biaya Pengiriman

Ketika berbicara mengenai biaya, perbedaan yang signifikan juga terlihat antara kedua layanan ini. Layanan “Port to Port” cenderung lebih hemat biaya karena tidak melibatkan layanan kurir penjemputan dan pengantaran langsung ke alamat. Di sisi lain, “Door to Door” memberikan kenyamanan namun bisa lebih mahal karena biaya tambahan yang diperlukan untuk jasa kurir yang mengurus pengiriman langsung hingga alamat penerima.

3. Kendali atas Pengiriman

Layanan “Port to Port” juga memberikan kamu lebih banyak kendali atas pengirimanmu. Kamu bisa lebih terlibat dalam pengemasan, persiapan dokumen, dan pengiriman ke tempat ekspedisi. Namun, layanan “Door to Door” memberikan kemudahan dengan jasa kurir yang mengurus sebagian besar proses pengiriman, sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnismu tanpa perlu khawatir tentang pengiriman.

Dalam memilih antara kedua opsi ini, kamu perlu mempertimbangkan prioritas bisnismu, termasuk kecepatan, kenyamanan, dan anggaran. Apapun pilihanmu, memahami perbedaan antara layanan “Port to Port” dan “Door to Door” akan membantu kamu membuat keputusan yang cerdas untuk bisnismu.

Baca juga: Importir Catat! Apa Itu Cross Docking dalam Distribusi Barang?

Impor Dengan Lancar Bersama AsiaCommerce

Impor barang dari luar negeri mungkin terasa kompleks, tetapi dengan bantuan yang tepat, kamu dapat menjalankannya dengan lancar dan sukses. Sebagai spesialis dalam bisnis ekspor impor, AsiaCommerce memiliki layanan yang dapat membantumu mengimpor barang dengan mudah dan efisien. Kami menyediakan konsultasi dan klarifikasi pengadaan barang, sehingga kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang proses impor dan kebutuhan bisnismu. Kami juga menawarkan inspeksi barang untuk memastikan bahwa produk yang kamu impor berkualitas baik dan dalam kondisi yang baik.

Tidak hanya itu, kami juga dapat membantu dalam negosiasi harga barang dengan pemasokmu. Selain itu, kami siap untuk mengurus semua dokumen dan syarat yang diperlukan untuk proses impor. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam regulasi impor, kami akan memastikan bahwa semua aspek administratif telah terpenuhi dengan benar.

Tunggu apa lagi? Segera impor barang untuk bisnis impianmu dengan mengeklik tautan berikut atau banner di bawah ini agar proses impormu lancar tanpa kendala.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments