Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Barang Impor Indonesia Terlaris dan Negara Asalnya

by | Jun 5, 2024 | Impor, Product Sourcing

Sudah menjadi hal yang umum kalau barang impor banyak diminati masyarakat Indonesia,  selain memiliki kualitas yang cukup baik dan harga yang murah, barang impor juga mampu memberikan keuntungan yang tinggi bagi seorang importir apabila dimanfaatkan untuk usaha.  

Hal tersebut tak terlepas dari adanya kerja sama perdagangan internasional yang memungkinkan Indonesia bisa mengekspor dan mengimpor barang/produk dari luar negeri. Barang/produk yang diimpor biasanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri ketika terjadi kelangkaan, menjaga stabilitas, hingga menurunkan gejolak harga.  

Selama tahun 2023 ada beberapa produk yang banyak diimpor ke Indonesia. Hal ini telah dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa barang impor Indonesia sepanjang tahun 2023 mencapai USD221,89 miliar. Dengan data tersebut, apakah kamu yang tertarik dengan usaha impor barang/produk dari luar negeri dan menjadikannya bisnis yang paling potensial di Indonesia. 

10 Barang Impor Indonesia Terbanyak dan Negara Asalnya

Kegiatan ekspor-impor adalah salah satu aktivitas ekonomi yang penting bagi banyak negara, termasuk Indonesia. Sebagai negara yang aktif dalam perdagangan internasional, Indonesia tidak hanya mengekspor berbagai produk tetapi juga mengimpor beragam barang untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Berikut adalah 10 barang impor Indonesia beserta negara asalnya.

1. Produk Fashion

barang impor indonesia, barang impor, produk impor, brand fashion china, pakaian china

Barang impor indonesia yang paling banyak dicari pertama adalah produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, dan perhiasan, tingginya permintaan produk fashion ini karena produk fashion dari luar negeri bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah daripada dalam negeri.
Negara asal yang menjadi pemasok utama impor produk fashion ke Indonesia adalah China, diikuti oleh negara-negara seperti Brasil, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Thailand, dan Vietnam.

2. Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik juga menjadi salah satu barang impor Indonesia yang banyak dicari, peralatan elektronik ini meliputi smartphone, komputer, headset, mesin cuci, speaker, dan lain lain.
Negara asal yang jadi sumber impor utama produk elektronik di Indonesia adalah Tiongkok yang kemudian diikuti oleh negara lainnya seperti Jepang dan Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

3. Mesin dan Peralatan Mekanik

Barang selanjutnya yang juga laris diimpor oleh masyarakat indonesia adalah mencakup berbagai jenis mesin dan peralatan mekanik, barang ini biasanya digunakan untuk perusahaan indstri swasta maupun milik negara.
Negara-negara pemasok utama mesin dan peralatan mekanik di asia adalah adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, Tiongkok, dan Malaysia. Selain itu juga ada beberapa dari eropa seperti jerman dan amerika serikat.

4. Skincare

barang impor indonesia, barang impor, produk impor, skincare china, kosmetik china

Skincare seperti kosmetik dan body carare adalah jenis barang yang juga banyak diimpor oleh indonesia, karena memang permintaan masyarakat sangat tinggi terhadap barang ini, banyak juga brand skincare terkenal di indonesia yang produksi secara impor.
Negara asal kosmetik impor di Indonesia yang utama adalah China, kemudian disusul oleh Korea, Jepang, dan Thailand. Kamu bisa mendapatkan skincare dengan murah dari negara – negara tersebut.

Baca juga : 10 Brand Kosmetik China yang Lagi Booming

5. Bahan Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga tidak ketinggalan sebagai barang yang banyak diimpor oleh Indonesia, karena memang ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bahannya harus didapatkan dari luar negeri.
Negara pemasok utama produk ini adalah Australia, Amerika Serikat, India, Tiongkok, dan Brazil. Kamu bisa cek di sini untuk data nilai impor negara pemasok bahan makanan dan minuman di indonesia

6. Plastik dan Produk Berbahan Plastik

Selanjutnya barang yang banyak dicari adalah plastik dan produk yang berbahan plastik, Bahan plastik ini biasanya digunakan untuk kemasan makanan atau minuman, tingginya impor plastik ini karena tingginya permintaan plastik di Indonesia.
Mayoritas impor plastik berasal dari Tiongkok. Selain itu, beberapa bahan baku plastik dan limbah plastik juga diimpor dari berbagai negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

7. Serealia

Serealia seperti gandum, sorgum, dan jagung banyak juga diimpor di Indonesia, karena memang supply serealia tidak terlalu banyak di Indonesia, sementara serealia cukup banyak digunakan di Indonesia seperti Gandum digunakan sebagai bahan baku makanan mi instan dan roti, serta jagung yang digunakan untuk pakan ternak dan konsumsi.
Negara pemasok utama serealia di Indonesia banyak berasal dari benua eropa dan amerika seperti Australia, Argentina, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat.

8. Produk Kimia

Produk kimia menjadi salah satu barang impor nonmigas yang banyak dibutuhkan. Indonesia mengimpor produk seperti sabun, pembersih lantai, pemutih pakaian, dan insektisida, serta bahan kimia mentah seperti merkuri, formaldehida, asam sulfat, asam klorida, dan klorin.
Negara pemasok impor produk kimia terbanyak di Indonesia adalah Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Korea Selatan. Tiongkok menjadi pemasok utama karena banyaknya pabrik kimia di sana.

9. Alat Medis

Alat medis termasuk dalam daftar barang impor Indonesia yang paling banyak dicari. Meskipun produksi dalam negeri semakin meningkat, tapi kebutuhannya juga terus meningkat sehingga masih perlu untuk banyak impor.
Negara yang menyediakan alat medis ke Indonesia adalah Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura. Indonesia paling banyak impor alat kesehatan dari Tiongkok.

10. Alat Optik, Fotografi, dan Sinematografi

Barang impor Indonesia lainnya yang banyak dicari adalah alat optik, fotografi, dan sinematografi seperti lensa kamera, kacamata, kamera video, dan kamera digital. Alat ini banyak diimpor lalu dijual lagi oleh masyarakat Indonesia.
Negara asal alat optik, fotografi, dan sinematografi adalah Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat. Tentunya Tiongkok menjadi negara impor utama yang mendominasi alat ini di Indonesia.

Cara Mendapatkan Barang Impor Indonesia Dengan Mudah

Setelah mengetahui 10 barang impor Indonesia terlaris dan negara asalnya di atas apakah kamu juga tertarik impor produknya untuk dijadikan bisnis? Kalau kamu tertarik tapi masih bingung mau mulai dari mana kamu bisa konsultasi gratis dengan AsiaCommerce. 

Dengan konsultasi dengan AsiaCommerce kamu akan mendapatkan berbagai benefit yang akan memudahkan serta memenuhi kebutuhan kamu dalam berbisnis impor, mulai dari pencarian supplier, pengecekan kualitas produk, perhitungan biaya all in, pengiriman logistik, sampai pengurusan berbagai dokumen, perpajakan serta beacukai. Dengan impor bersama AsiaCommerce kamu dapat secara penuh fokus kedalam pengembangan bisnis. Sehingga kamu cukup memesan barang dengan jenis yang dinginkan dan menunggu barang sampai di tempat.

Jadi tunggu apa lagi ? Yuk segera bergabung bersama kami. Klik disini atau banner dibawah untuk informasi lebih lanjut.

 

 

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rully
Rully
1 year ago

I want to know about it