Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Jenis barang impor paling cuan untuk dijual lagi Tahun 2024!

by | Oct 10, 2024 | Impor, Product Sourcing, Tips & Strategi Bisnis

Bisnis barang impor jadi semakin populer dan banyak diminati karena keuntungannya cukup menjanjikan. Apalagi sekarang jenis barang impor mulai berinovasi mulai dari makanan, pernak-pernik, hingga peralatan rumah tangga. Membuat konsumen jadi makin tertarik untuk membeli barang impor, termasuk di Indonesia sendiri. Selain penuh inovasi dan unik, barang impor biasanya punya kualitas yang baik, jadi tidak mudah rusak atau awet dalam jangka waktu yang cukup lama.

Di tahun 2024 ini, banyak sekali jenis barang impor yang populer di pasar Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan sangat laris karena disukai masyarakat. Berikut ini list produk impor yang berpeluang besar untuk menghasilkan cuan! cocok untuk kamu yang mau jadi importir tapi masih bingung dengan produk yang ingin dipasarkan!

10 Jenis barang impor paling menjanjikan untuk dijual lagi

Sebelum memulai bisnis impor, penting untuk mengetahui jenis produk apa saja yang banyak diminati konnsumen dalam negeri. Hal itu sebagai referensi pembelian barang dan untuk menghindari kerugian, karena produk yang diminati akan memutar balik keuntungan pada importir.

1. Album Kpop

jenis barang impor

Meningkatnya pecinta Kpop atau Korean Pop membuat antusiasme yang tinggi terhadap pembelian album. Hal ini menciptakan peluang bisnis dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Pengemar Kpop didominasi dari usia remaja hingga dewasa, sehingga mereka tak akan ragu untuk merogoh kocek yang cukup besar demi mendapatkan album milik idola yang sangat diminatinya.

Setiap grup kpop punya pasar yang berbeda, penggemarnya kebanyakan setia pada satu grup saja. Sehingga kamu perlu mengimpor album dari berbagai grup agar bisnismu semakin lancar.

2. Snack

jenis barang impor

Cita rasa snack impor yang unik dan khas dari suatu negara membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mencobanya karena tidak bisa ditemui di dalam negeri. Hal itu menciptakan potensi yang cukup menjanjikan bagi para importir sebagai ide bisnis yang unik dan belum terlalu banyak pesaing. Apalagi kini bermunculan food vloger yang gemar me-review jajanan unik dari berbagai negara.

Beberapa snack impor yang baru-baru ini viral diantaranya latiao khas China, roti milk bun khas Thailand, gamchi atau potato cheesee bread khas Korea Selatan, dan mochi daifuku khas Jepang.

3. Fashion

jenis barang impor

Perkembangan industri fashion diprediksi tidak akan pernah mati, namun justru akan terus meningkat dari masa ke masa. Di Indonesia saat ini, banyak orang mulai berkiblat pada fashion luar negeri, membuat impor pakaian pun meningkat pesat. Salah satu yang kini sedang jadi tren dimana-mana adalah Korean fashion style. Peluang kepopuleran budaya Korea menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bagi para importir pakaian.

Banyak anak muda hingga dewasa gemar mengenakan style yang mirip dengan selebritas Korea. Mulai dari hoodie, dress, beanie, hingga sepatu.

4. Mainan Anak-Anak

jenis barang impor

Bisnis impor mainan anak-anak dapat dipastikan tidak akan pernah mati, karena bukan bisnis barang musiman. Terlebih mengingat jumlah anak di Indonesia yang tidak sedikit dan menyebar di berbagai wilayah, membuat bisnis ini jadi menjanjikan dimanapun berada. Selain itu fakta bahwa mainan dari luar negeri lebih mengutamakan edukasi dan melibatkan pengalaman, banyak orang tua lebih memilih memberikan mainan impor demi kebutuhan perkembangan anak mereka.

Beberapa mainan edukasi yang kini banyak diminati adalah pop it, balok susun, playdough, clay, mainan kosakata, mainan instrumen musik, dan masih banyak lagi.

5. Barang Unik

Di era digital ini, banyak orang bebas memposting apapun pada media sosial masing-masing. Termasuk mereview benda-benda unik. Bahkan tak sedikit akun conten creator yang hanya fokus mereview barang unik yang dibelinya secara impor. Hal ini meliputi barang dapur, barang kecantikan, dan masih banyak lagi. Memiliki fungsi yang berguna dan sangat inovatif membuat banyak orang tertarik, sehingga bisa jadi ladang bisnis yang juga menghasilkan keuntungan.

Barang-barang unik dengan fungsi yang cukup baik dan hampir tidak terduga diantaranya seperti alat pemotong makanan, pencetak pangsit, mesin jahit mini, dispenser galon mini, bahkan celengan berbentuk mesin ATM. Umumnya barang unik dan inovatif diproduksi dari China dengan harga yang cukup terjangkau, karena itulah digemari masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Potensi Import Barang Unik China Ini Patut Untuk Anda Coba!

6. Gadget

Perkembangan teknologi tidak pernah berhenti dan terus berinovasi dengan fitur-fitur yang semakin canggih. Bisnis gadget di era ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan, karena banyak orang mulai menganggap benda pintar tersebut sebagai kebutuhan utama. Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu mendapatkan supplier terpercaya agar kualitas gadgetnya baik.

Meski begitu, bisnis menjanjikan ini juga punya kekuarangan yaitu modal yang cukup besar. Jadi sebelum memulainya, sebaiknya persiapkan strategi dengan matang agar kamu bisa menjalankan bisnis secara lancar tanpe menghadapi kendala yang merugikan.

7. Produk Elektronik

Di Indonesia sendiri, kebanyakan masyarakatnya lebih percaya pada kualitas barang elektronik luar negeri ketimbang dalam negeri. Karena memang faktanya produk elektronik impor lebih inovatif, aman, dan kualitasnya juga lebih unggul. Produk elektronik impor sudah tidak jarang pula ditemui di berbagai pelosok wilayah di Indonesia, mulai dari TV, kulkas, AC, dan mesin cuci.

Di antara banyaknya produk elektronik di Indonesia, produk buatan China jadi yang paling mendominasi karena punya harga lebih murah dibanding produk dari negara lain. Jadi penting bagimu untuk mendapatkan supplier yang punya harga jual rendah, karena akan cukup menguntungkan untuk bersaing di pasaran.

8. Aksesoris

Aksesoris sebenarnya masuk dalam jajaran fashion, tapi tidak ada salahnya jika kamu tertarik berbisnis aksesoris saja. Impor aksesoris datang dari negara-negara seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang. Bentuknya selalu inovatif, unik, dan tidak membosankan, sehingga banyak yang tertarik untuk membelinya berkali-kali sebagai koleksi.

Bisnis impor yang satu ini memang terdengar sepele, namun jangan salah, keuntungannya bisa sangat besar kalau kamu mengimpor barang-barang yang unik dan antimainstream. Apalagi bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, jadi sangat cocok buat kamu yang baru terjun sebagai importir.

9. Produk Kecantikan

Kini masyarakat Indonesia mulai peduli dengan kesehatan kulit, sehingga mereka banyak mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Produk kecantikan dari luar negeri seolah punya spot tersendiri di hati masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang setia pada satu brand dan membelinya secara berulang kali untuk kebutuhan kulit. Entah itu skincare ataupun make up.

Selain aksesoris, ide bisnis produk impor ini juga bermodal kecil namun tetap menjanjikan. Satu orang konsumen yang sudah cocok dengan produk yang kamu jual pasti akan kembali lagi dan lagi, karena pengguna produk kecantikan lebih suka stay pada satu merek ketimbang bergonta-ganti.

10. Dekorasi Rumah

Bisnis impor dekorasi rumah sebenarnya tak jauh berbeda dari bisnis barang unik. Karena jenis dekorasi yang antimainstream pasti laris dipasaran. Apalagi masyarakat Indonesia kini gemar mempercantik setiap sudut rumah dengan berbagai perabot yang menambah estetika seiring popularitas home decor yang jadi trend di media sosial.

Selain indah dipandang, beberapa barang untuk dekorasi rumah juga punya kegunaan. Misalnya seperti sofa balon, lampu hias, vas bunga, karpet bulu, dan masih banyak lagi. Modal untuk bisnis ini juga tidak terlalu banyak lho, jadi kamu gak perlu khawatir kalau ingin memulai jadi importir dari produk jenis dekorasi rumah.

Alasan Kenapa Harus Bisnis Jenis Barang Impor Dari Luar Negeri

1. Harga Jauh Lebih Murah

Keuntungan mengimpor barang adalah harganya lebih murah. Kebanyakan produk dengan harga terjangkau berasal dari China, sehingga ini bisa jadi referensi kamu jika ingin impor barang yang modalnya tidak terlalu banyak. China bisa menjual produk dengan harga murah karena biaya produksinya rendah. Hal itu karena penggunaan teknologi cerdas dalam prosesnya, sehingga tidak memerlukan tenaga kerja. Bukan hanya China, kamu bisa mengimpor produk murah dari berbagai negara lainnya. Tetunya dengan kualitas yang unggul.

2. Jenis Barang Impor Beragam Dan Unik

Barang impor seringkali punya fitur dan desain yang unik, jenisnya pun beragam sehingga tidak monoton. Hal ini salah satu keunggulan barang impor yang jadi daya tarik bagi para konsumen dan dapat membuka pasar baru. Beberapa negara yang populer karena inovasi dnan kreativitasnya adalah China dan Jepang. Kedua negara tersebut memproduksi barang yang tidak hanya mengikuti tren, namun justru menjadi trendsetter di berbagai aspek.

3. Potensi Laba Tinggi

Berkat harga beli yang murah dan jenis barang yang beraneka ragam, potensi bisnis barang impor sangatlah tinggi. Selisih harga beli dan harga jual yang besar dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan, bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat ketimbang menjual produk umum lokal. Apalagi jika strategi pemasarannya tepat, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan volume penjualan produk. Sehingga laba yang dihasilkan juga semakin besar.

4. Kualitas barang Yang Baik

Punya harga yang murah belum berarti kualitasnya buruk. Justru karena diproduksi dengan teknologi cerdas yang minim kesalahan menciptakan barang yang unggul. Perusahaan-perusahaan besar di luar negeri pastinya juga telah memiliki sertifikasi dan standar edar barang produksi mereka, sehingga hampir tidak mungkin barang buruk bisa lolos edar ke berbagai negara.

5. Bisnis Barang Impor Mudah Berkembang

Bisnis barang impor ini sangat mudah berkembang karena didukung beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Berbagai jenis barang berkualitas, beraneka ragam, dan murah, membuat para importir bisa dengan mudah menambah variasi produk yang dijual. Terlebih di era digitalisasi ini menjadi peluang yang semakin terbuka dalam hal proses impor dan pemasaran. Hal ini menciptakan peluang yang besar bagi importir untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Panduan Membeli Berbagai Jenis Barang Impor Bagi Pemula

1. Tentukan Harga Dengan Supplier

Penentuan harga menunjukkan kapan tanggung jawab dan kewajiban biaya dengan supplier berakhir. Dalam proses ini penting juga bagi importir untuk memahami istilah-istilah seperti Free On Board (FOB), Cost and Freight (CFR), Delivered Duty paid (DDP), dan sebagainya. Istilah-istilah tersebut punya kaitan dengan biaya pengiriman, asuransi, dan penyerahan barang.

2. Tentukan Transportasi Dan Biaya Pengiriman Sesuai Jenis Barang Impor

Pada tahap ini, pilihlah freight forwarder yang profesional dan terpercaya. Selain itu pilih pengiriman yang sesuai dengan jenis, ukuran, berat, dan estimasi barang. Pengiriman barang impor menuju Indonesia diantaranya adalah melalui jalur udara dan laut. Tentukan juga biaya pengiriman yang ditawarkan jasa pengiriman barang impor, termasuk biaya tambahan mencakup bongkar muat, biaya gudang, biaya administrasi, dan masih banyak lagi.

3. Siapkan Dokumen Untuk Proses Impor

Siapkan dokumen untuk mengurus kepabeanan dan perizinan. Dokumen impor adalah dokumen yang berisi tentang barang, pemasok, pembeli, dan segala transaksi yang terjadi. Umumnya, dokumen impor mencakup:

  • Purchase Order (Surat pemesanan barang)
  • Certificate Of Origin (Surat Keterangan Asal Barang)
  • Bill Of Landing (Surat pengangkutan)
  • PIB (Surat pernyataan impor barang)
  • API (Surat izin impor)
  • Surat keterangan lainnya yang sesuai dengan jenis barang impor, seperti sertifikat kesehatan atau sertifikat halal.

4. Lakukan Pembayaran Pajak

Pemeriksaan adalah proses pengecekan secara fisik dan administratif terhadap barang impor dan dokumen. Alasan adanya pemeriksaan yaitu bertujuan untuk memastikan kalau barang impor sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Sementara pembayaran pajak terdiri dari bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN) dan lainnya yang relevan.

5. Lakukan Pengambilan Sesuai Jenis Barang Impor

Proses pengambilan barang import dilakukan di lokasi penyimpanan sementara seperti gudang, terminal, atau pelabuhan. Saat melakukan pengambilan barang, bawalah dokumen impor dan bukti pembayaran pajak yang sudah dilakukan. Importir juga perlu memeriksa kondisi barang, apakah sesuai dengan yang dipesannya, dan memastikan kerusakan juga kesesuaian jumlah.

Baca Juga: Cara Import Barang Dari China Ke Indonesia Tahun 2024

Tertarik Untuk Membeli Berbagai Jenis Barang Impor Secara Aman & Terpercaya? Yuk Konsultasi Bersama AsiaCommerce!

Asia Commerce dapat membantu bisnis impormu berjalan lebih mudah. Kami menawarkan solusi dan layanan yang komprehensif untuk membantu kamu mendapatkan produk impor berkualitas. Mulai dari mencarikan supplier dengan harga terbaik hingga bernegosiasi dengan supplier global. Kami juga akan membantu proses pengurusan dokumen barang impor, lalu melakukan quality control terhadap produk impor dari supplier yang kamu pilih.

Saat ini Asia Comemrce menjadi mitra yang sangat tepat untuk menjalankan bisnis impormu secara efisien. Jadi jangan sampai kamu melewatkan peluang besar ini. Segera konsultasi secara GRATIS bersama kami melalui link klik disini atau pada banner dibawah!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments