Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Beli Barang AliExpress, Apakah Aman ?

by | Mar 27, 2019 | Marketplace

Sebagian keresahaan seseorang ketika mereka melakukan pembelian secara online apalagi di pasar online besar seperti AliExpress, eBay, dan Amazon adalah apakah aman berbelanja di sana ?  Apakah di sana ada rentan keamanan yang perlu Anda tahu? Apakah Beli Barang AliExpress aman? Dan apakah Anda akan cenderung menjadi korban penipuan atau pemalsuan jika Anda berbelanja disana ? Ini adalah jawaban dari keresahan Anda.

Apa itu AliExpress?

Untuk mengetahui keamanan dan kenyamanan ketika Beli Barang AliExpress. Tentunya Anda harus mengetahui dulu tentang produknya.

Jika anda tidak begitu familiar dengan AliExpress, berikut adalah penjelasan singkatnya: AliExpress merupakan pengecer online besar yang dimiliki oleh Grup Alibaba. sebuah perusahaan besar yang sudah menghasilkan jutaan dolar dengan memulai dari penjualan dan pembelian secara Business to business (B2B) . kemudian berkembang menjadi Business to Custumer (B2C), Customer to Customer (C2C), Cloud Computing, hingga jasa pembayaran.

Untuk memberikan Anda bayangan tentang seberapa besar Alibaba. Mereka pernah tercatat berhasil melakukan penjualan dengan total 14 Juta dollar hanya dalam waktu 1 hari, yaitu pada tanggal 11 November 2015.

AliExpess merupakan merupakan pasar online Alibaba yang ditujukan untuk pembeli internasional. AliExpress mengijinkan bisnis kecil di China untuk menjual kepada customer ke seluruh dunia. Seperti Amazon, Anda bisa menemukan apapun di sini. Akan lebih akurat jika kita membandingkan AliExpress dengan eBay, walaupun sebagai penjual yang independen, AliExpress hanya berfungsi sebagai wadah bagi penjual untuk menjualkan barang mereka ke customer.

Karena sebagai wadah atau tempat untuk menjualkan barang dari penjual ke pembeli, tentunya banyak hal-hal yang membuat Anda akan menjadi was-was ketika beli barang AliExpress

1 – Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tentang harga

Kenapa AliExpress bisa sangat murah?

Jika Anda mencari beberapa produk di AliExpress, Anda akan sadar bahwa banyak harga barang yang sangat murah yang membuat Anda akan heran, kok bisa? Terdapat dua hal kemungkinan, dalam hal ini.

  • Yang pertama ada kemungkinan Anda membeli langsung dari pabrik asalnya. Sehingga dapat mengurangi harga jual untuk Anda. Dalam banyak kasus, Biaya produksi barang di China lebih murah dibandingkan biaya produksi di negara lain dan penegakan hukum kekayaan intelektual di China yang lemah juga turut berkontribusi terhadap murahnya harga.
  • Kemungkinan kedua yang membuat harga barang menjadi sangat murah adalah antara barang tersebut Kw atau palsu (atau semi-palsu seperti “GooPhone I5”). China terkenal sebagai sarang produksi barang-barang palsu atau KW dan AliExpress juga bukan pengecualian. Anda bisa mendapatkan semua barang Kw disini. Dari mulai barang elektronik, hingga pakaian dan barang untuk sehari-hari. Beberapa penjual juga dikenal menipu pembeli dengan cara meminta pembeli untuk mengirimkan uangnya terlebih dahulu sebelum menerima barang lalu penjual kabur dengan uang tersebut.
 2 – tentang keamanan

Selama beberapa tahun terakhir, hanya satu kerentanan keamanan profil tinggi yang pernah terungkap di AliExpress. Tahun lalu, terdapat kerentanan dalam cross-site scripting (XSS) terungkap – yang merupakan hal yang sama dengan yang sedang dialami oleh eBay saat ini. Kerentanan ini dapat mengijinkan penyerang website untuk menunjukkan beberapa informasi pribadi customer. Para peneliti dalam peristiwa ini telah mengumumkan bahwa akan ada banyak data yang bisa terbuka sangat cepat jika bug tersebut tidak segera diselesaikan.

Lebih dari itu, belum ditemukan laporan lain tentang kerentanan lain di system AliExpress. Tentunya, tidak semua kerentanan akan di publikasikan. Tetapi hal yang paling baru yaitu masalah XSS sejauh ini merupakan eror yang paling menonjol yang pernah tercatat dalam sejarah AliExpress. Dan berdasarkan para peneliti yang menemukan kerentanannya, ketika AliExpress mengetahui hal itu. Mereka menganggapnya hal serius dan segera memperbaikinya.

Sayangnya, para peneliti juga melaporkan bahwa mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghubungi siapapun di perusahaan. Hal itu menjadi sangat  mengkhawatirkan, khususnya dalam hal memberikan keseriusan terahadap kerentanan. Karena AliExpress sangat bergantung pada Alipay, yang merupakan sistem pembayaran internasional untuk Alibaba. Ada kemungkinan kekhawatiran atas kerentanan sistem juga ada di sana.

3 – Masalah yang sebenarnya: Fraudster (Penipuan)

Ada satu lubang besar dalam AliExpress: proses persetujuan perdagangan. Kami tidak bisa mengatakan proses yang seperti apa yang terjadi, selain hanya pedagang dari daratan utama China yang boleh untuk berjualan di website. Tetapi dilaporkan terdapat banyak  penipuan yang terjadi di website. Sangat banyak, faktanya pusat keamanan AliExpress memiliki bagian untuk studi kasus penipuan dan tips bagaimana agar terhindar dari penipuan ketika membeli di website.

Baca Juga: Ini Dia Langkah Mudah Bisnis Import China Ala Asiacommerce

Jadi bagaimana anda tetap aman dari penipuan dan scam ketika berbelanja di AliExpresss maupun website lainnya??. Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
  1. Jika harganya terlihat terlalu bagus untuk menjadi nyata, itu mungkin iya.

Inilah bagaimana para penipu mendapatkan Anda: mereka menarik Anda dengan bualan janji-janji menggiurkan. Cobalah mencari referensi pada situs lain untuk apapun yang ingin Anda beli. Agar dapat memastikan bahwa harga di AliExpress tidak terlalu murah. Jika terlalu murah, Anda mungkin akan berakhir membeli produk Kw atau terjebak dalam penipuan.

Bicara tentang referensi website di Indonesia ada situs online yang menjual produk-produk berkualitas dari China. Situs ini bernama Asiacommerce. Dalam situs ini Anda bisa melihat harga barang langsung terconvert kedalam Rupiah. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengkalkulasi harga barang yang Anda inginkan.

  1. Gunakan sistem pembayaran Alipay Escrow. (Jika di AliExpress)

Mengapa dengan cara Escrow akan melindungi Anda lebih ketika Beli Barang AliExpress?

Pertama karena kartu kredit Anda tidak akan dibelikan ke penjual. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang mereka yang akan mencuri informasi identitas Anda atau pergi berbelanja dengan kartu Anda.

Kedua, pembayaran tidak akan dikeluarkan hingga Anda menerima barang yang Anda beli. Jadi jika terjadi penipuan, Anda bisa segera meminta refund dari AliExpress dan tidak perlu melalui proses refund yang panjang dan menyebalkan dengan penjual.

  1. Cek feedback penjual sebelum membeli.

Jika penjual memiliki reputasi yang buruk untuk menipu pembeli, akan ada bukti dalam feedback dan review mereka. Waspadalah terhadap para penjual yang menyebutkan tidak  memberikan atau mengirim barang dengan kualitas tinggi. Di AliExpress, kebanyakan penjual mendapatkan review yang positif. Tapi untuk jaga-jaga sebaiknya hal ini perlu Anda lakukan.

  1. Periksalah Barang pesanan Anda dengan teliti ketika Anda menerimanya.

Karena sistem escrow untuk Beli Barang AliExpress memungkinkan Anda untuk menahan pembayaran hingga Anda menerima barang yang Anda pesan. Anda bisa mengkonfirmasi bahwa Anda mendapat apa yang Anda bayar. Pastikan semuanya, termasuk apakah keadaan barang yang datang sesuai dengan apa yang Anda pesan. Jika Anda memesan barang bermerek, pastikan jika barang tersebut bukan barang palsu atau KW.

“Masih Ragu dan Takut membeli ??”

Jika Anda masih takut untuk membeli sendiri. Anda bisa beralih untuk mempercayakan pihak ketiga sebagai pengganti Anda untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan seperti Asiacommerce. Di Asiacommerce Anda tidak perlu takut dan ragu untuk membeli, karena  semua barang akan dikirim dulu di gudang Asiacommerce di China dan akan melalui proses quality control  dulu sebelum akhirnya barang siap untuk dikirimkan ke pembeli.

Jadi, Anda tinggal tunggu barang datang tanpa perlu merasa was-was jika barang Anda cacat atau Anda akan mengalami penipuan

Get a 30% off for all package membership Asiacommerce with a promo code “ACN30

Segeralah bergabung bersama kami melaui (Paket Membership Asiacommerce) yang telah kami sediakan.  >KLIK DI SINI< untuk segera mendapatkan keuntungan bisnis import China.

Subscribe
Notify of
guest

11 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Anwar
Anwar
5 years ago

Bila saya ingin bergabung bagaimana? Sy ingin beli sesuatu di alibaba

Juan
Juan
5 years ago

Untuk pembelian satuan, tidak masalah.
Namun jika ingin membeli grosir, sebaiknya memang perlu pihak ke-3 untuk inspeksi barang sebelum dikirim.
Ada banyak orang Indonesia di Tiongkok yang menyediakan jasa inspeksi. Mereka bertindak sebagai pihak yang mewakili buyer untuk memeriksa isi paket. Hanya jika mereka setuju, maka barang baru bisa dikirim…

Dinda Amalia
Dinda Amalia
5 years ago

Cuma kadang-kadang barang tidak terlalu sesuai dengan foto yang dipajang, lebih bagus yg difoto. Terutama untuk produk pakaian

Bobby
Bobby
5 years ago

Bisa bantu lebih rinci untuk menggunakan jasa asiacommerce.. Tx

Yongky
Yongky
5 years ago

Ada nomor yg bs saya hubingi?

Rachmat M
Rachmat M
5 years ago

Halo, trimakasih artikel ini sangat berguna, saya sdh beberapa kali beli di aliexpress, dan lancar, nah pada waktu ke pembayaran sdh isi nomer kk dan otomatis handle by alipay tidak ke escrow yg lebih aman seperti yg disebutkan diatas lebih aman, bagaimana caranya pakai escrow itu, trimakasih

Dodo Danish Cell
Dodo Danish Cell
4 years ago

I am confused about my order, that is, the package of toys that the customs of the city of Cirebon is holding, the seller does not reply to me, I beg for a solution, thank you

Zam2
Zam2
4 years ago

Minimal nominal order via assiacommerce berapa rupiah?

Zam2
Zam2
4 years ago

Minimal nominal order via asiacommerse berapa rupiah?

Jansa
Jansa
3 years ago

Orderan saya p30 pro case sampe sekarang tidak ada pengiriman saya order bulan september sampai sekarang januari 2021 insyaallah ini pertama dan terakhir belanja di Aliexpress

frans yuwono
Admin
3 years ago
Reply to  Jansa

emang benar kak, karena aliexpress biasanya hanya memakai courier tapi tidak terspesifikasikan kurir yang mana. Apabila kakak pingin lebih banyak followup, mungkin bisa order lewat Asiacommerce ya.

trackback

[…] Beli barang AliExpress, apakah aman? – Perdagangan Asia […]