Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Bisnis Impor Produk Fast Moving Consumer Goods yang Tidak Ada Matinya

by | Nov 27, 2023 | Impor

Fast Moving Consumer Goods atau FMCG adalah produk yang sangat laku, selalu dibutuhkan, dan memiliki harga yang begitu terjangkau. Perusahaan yang memiliki komoditi berupa FMCG biasanya merupakan perusahaan besar dan memiliki banyak jenis produk. Pada blog ini akan membahas mengenai apa itu FMCG, mulai dari jenis produk, tantangan bisnis, dan contoh perusahan.

Apa Itu Fast Moving Consumer Goods?

fast moving consumers goods
Freepik/freepik

FMCG adalah singkatan dari Fast Moving Consumer Good. Ini berarti, industri FMCG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk konsumen yang sering dibeli dan dikonsumsi karena harganya yang terjangkau sehingga barang terjual dengan cepat.

Perusahaan yang bergerak di bidang FMCG harus bisa melakukan produksi secara masif karena tingkat permintaan konsumen yang sangat tinggi. Maka dari itu, perusahaan yang bergerak di bidang FMCG biasanya merupakan perusahaan besar yang memiliki banyak sumber daya.

Karena dibutuhkan oleh semua kalangan konsumen, perusahaan FMCG perlu mendistribusikan produknya dengan masif ke segala penjuru tempat. Dengan hal tersebut, masyarakat bisa menemukannya dengan mudah seperti di minimarket, apotek, dan warung terdekat.

Jenis-jenis Produk Fast Moving Consumer Goods

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perusahaan FMCG menjual barang kebutuhan sehari-hari. Dikutip dari Feedough, berikut ini adalah berbagai jenis produk FMCG :

  • Makanan (makanan olahan dalam kemasan, makanan beku, makanan siap saji)
  • Minuman (Air mineral dalam botol, kopi, teh, minuman bersoda)
  • Perawatan pribadi (pelembab, lipstik, kosmetik, deodoran, sabun, shampo, pasta gigi, parfum)
  • Kebersihan rumah (deterjen, sabun colek, cairan pembersih lantai)

Produk-produk di atasmerupakan produk yang digunakan oleh semua lapisan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, perusahaan FMCG harus bisa memenuhi permintaan dengan melakukan proses produksi secara massal dan distribusi ke segala tempat.

Tantangan Bisnis Fast Moving Consumer Goods

Bisnis FMCG memang terlihat sangat menjanjikan karena memiliki target pasar konsumen yang sangat luas. Hal ini didukung dengan daya konsumsi masyarakat yang cukup tinggi sehingga masyarakat membutuhkan berbagai produk yang disediakan oleh perusahaan FMCG.

Bisnis FMCG memiliki peluang yang begitu besar, tetapi mengelola bisnis FMCG juga merupakan tantangan yang besar. Dilansir dari India Times, berikut ini berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis FMCG : 

1. Sales

Produk FMCG umumnya memiliki margin keuntungan yang kecil dan usia produk yang pendek. Dengan demikian, diperlukan seseorang yang bekerja di bidang sales untuk bisa menjual produk dengan masif untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahan.

2. Otomatisasi Penjualan

Bisnis retail dan FMCG harus mulai beralih ke model bisnis yang mengutamakan otomatisasi dan online. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, bisnis retail juga harus mengalami perkembangan agar bisa mengikuti keinginan konsumen.

3. Big Data

Kemampuan untuk memperoleh, menyimpan, dan memproses data harus dimiliki dengan baik oleh para perusahaan FMCG. Pelacakan merek, data penjualan mingguan dan bulanan perlu dikuasai dengan baik untuk bisa menjalankan bisnis FMCG dengan sukses.

4. Dampak Lingkungan

Produk FMCG umumnya menggunakan kemasan sekali pakai dari plastik yang bisa menimbulkan banyak sekali limbah. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para perusahaan FMCG untuk menemukan solusi terkait dampak lingkungan.

5. Tetap Relevan

Perusahaan FMCG harus bisa mempertahankan konsumennya sampai usia mereka tua. Selain itu, perusahaan FMCG juga harus selalu relevan agar tetap bisa menggaet konsumen dari kalangan muda dan berbagai kalangan lainnya.

Baca juga : Maksimalkan Bisnis Impor Dengan 6 Langkah Berikut!

Potensi Impor Produk Fast Moving Consumer Goods

fast moving consumer goods

Memulai bisnis impor dengan menjual produk Fast Moving Consumer Goods bisa menjadi pilihan yang bagus. Karena jenis produk ini selalu dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus mulai bisnis impor produk FMCG di antaranya : 

1. Permintaan Tinggi

Produk FMCG, seperti makanan ringan, minuman, produk kebersihan, dan barang sehari-hari lainnya, memiliki permintaan yang tinggi di pasar. Kebutuhan konsumen terhadap produk ini sangat konsisten.

2. Portofolio Produk yang Beragam

Produk FMCG mencakup berbagai kategori, memungkinkan Anda untuk memilih jenis produk yang sesuai dengan target pasar Anda. Dengan ragam produk, Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda dengan tren konsumen.

3. Perputaran Stok Cepat

Produk FMCG cenderung memiliki siklus perputaran stok yang cepat. Hal ini dapat membantu Anda mengelola inventaris dengan lebih efisien dan meningkatkan likuiditas bisnis Anda.

4. Pasar Global yang Tersedia

Banyak produk FMCG yang memiliki daya tarik global. Memperluas bisnis Anda ke pasar internasional dapat memberikan peluang pertumbuhan yang signifikan.

5. Brand Recognition

Beberapa merek FMCG memiliki pengakuan merek yang tinggi di seluruh dunia. Dengan mengimpor dan mendistribusikan produk dari merek-merek terkenal, Anda dapat memanfaatkan daya tarik merek yang sudah ada.

6. Pertumbuhan Populasi dan Urbanisasi

Pertumbuhan populasi dan urbanisasi di berbagai negara seringkali berdampak positif pada permintaan produk FMCG. Khususnya di daerah perkotaan, konsumen sering mencari kenyamanan dan aksesibilitas produk sehari-hari.

7. Potensi Keuntungan yang Tinggi

Meskipun margin keuntungan per unit mungkin rendah, volume penjualan yang tinggi pada produk FMCG dapat menciptakan potensi keuntungan yang substansial.

8. Tren Kesehatan dan Keberlanjutan

Ada peningkatan tren konsumen terhadap produk FMCG yang sehat dan berkelanjutan. Jika Anda dapat menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan ini, Anda dapat memenangkan perhatian pelanggan yang semakin sadar akan kesehatan dan lingkungan.

9. Fleksibilitas dalam Distribusi

Produk FMCG umumnya cocok untuk berbagai saluran distribusi, termasuk toko ritel, supermarket, e-commerce, dan lainnya. Ini memberikan fleksibilitas dalam strategi distribusi bisnis Anda.

Baca juga : Ini Langkah Mudah Bisnis Impor China ala AsiaCommerce

Tingkatkan Profit Bisnismu dengan Solusi Pengadaan Global AsiaCommerce

Jika Ascomers ingin memulai bisnis impor produk Fast Moving Consumer Goods, Anda bisa menggunakan soulusi pengadaan global dari AsiaCommerce. Anda cukup memberitahukan barang yang ingin diimpor, lalu kami akan mencarikan produk terbaik untuk Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot mengurus dokumen bea cukai atau khawatir adanya biaya tambahan. Kami akan urus semua prosesnya, Anda hanya perlu menunggu di rumah karena barangnya akan kami antarkan sampai tujuan dengan aman. Kami juga akan bantu kalkulasi biaya all in dari pengiriman sampai alamat tujuan. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnismu. Yuk tunggu apalagi, klik di sini atau banner di bawah ini agar Anda bisa segera mendapatkan kemudahan dalam melakukan impor.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments