Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mau Cepat Jadi Juragan? Ini Cara Bikin Brand Sendiri!

by | Sep 6, 2022 | Impor, Tips & Strategi Bisnis

Diperbarui oleh Arsyad Dena Mukhtarom pada 18 Juli 2023

Kita pasti sudah tidak asing dengan produk-produk bermerek terkenal di sekitar kita. Misalnya saja Aqua yang terkenal dengan produk air mineral, Bengbeng populer sebagai produk cemilan coklat, hingga Pepsodent yang menjadi salah satu merek pasta gigi yang paling mudah untuk ditemui di warung-warung terdekat. Melihat popularitas brand tersebut, mungkin membuat kamu tertarik untuk membuat bisnis dengan merek sendiri. Berikut ini adalah cara bikin brand sendiri yang simpel dan tidak rumit untuk dilakukan.

 

Ini Cara Bikin Brand Sendiri!

 

1. Riset dan Pahami Peluang Pasar

Sebelum menciptakan merek bisnis sendiri, sangat penting untuk memperhatikan kondisi pasar dan melakukan riset terhadap kompetitor. Pahami dengan baik target pasar yang potensial dan persaingan di pasar saat ini. Dalam perencanaan, penting untuk mempertimbangkan data demografi target audiens agar dapat mengembangkan bisnis dengan baik. Selain itu, perhatikan juga kondisi pasar yang sedang berlangsung, terutama pesaing-pesaing yang ada.

 

2. Tentukan Bisnis Kamu

Setelah kamu memahami kondisi dan peluang pasar, kamu dapat menentukan jenis bisnis yang ingin kamu jalani. Brand yang kamu buat perlu memiliki jenis bisnis yang jelas agar tidak membuat bingung para konsumen. Selain itu, dengan memiliki jenis bisnis yang jelas kamu akan lebih mudah untuk membuat identitas brand-mu.

 

3. Menentukan Identitas Brand

Cara bikin brand sendiri yang ketiga adalah dengan menentukan identitas brand. Mulailah dari memilih nama bisnis yang unik dan mudah diingat oleh target pasarmu. Setelah itu, kamu dapat membuat slogan yang menarik dan sesuai dengan karakter dari brand-mu. Jangan lupa juga untuk membuat logo yang memiliki warna serta tipografi yang selaras. Dengan memadukan semuanya, makan brand milikmu akan memiliki identitas yang unik untuk diingat.

 

4. Melakukan Branding

Yang terakhir dan tidak kalah penting, kamu perlu melakukan branding yang menarik untuk bisnismu. Mulailah dengan menonjolkan unique point selling dari bisnismu kepada para konsumen. Misalnya dengan menonjolkan kelebihan produk kamu dibandingkan merek lainnya. Selanjutnya, akan kami jelaskan lebih detail mengenai topik branding di bawah ini.

 

Apa itu Branding?

Menurut wartaekonomi.co.id, branding adalah proses menciptakan persepsi yang kuat dan positif tentang perusahaan, produk atau layanannya di benak pelanggan. Branding dibuat dengan menggabungkan elemen seperti logo, desain, pernyataan misi perusahaan, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran. 

Branding juga membawa pesan mengenai gambaran umum suatu perusahaan kepada konsumen. Dengan Branding yang baik, bisnismu akan mudah dikenal dan produk yang kamu hasilkan akan lebih diterima oleh para konsumen.

Mari kita ambil contoh brand perusahaan dengan customer loyalty tertinggi di dunia untuk produk smartphone, yaitu Apple. Apple memiliki Branding yang fokus pada perasaan customernya. Apple berkomitmen untuk menghapus kerumitan dari hidup para customernya. Dengan strategi demikian, perusahaan ini mampu menarik perhatian konsumen dengan visi misi perusahaan yang dinilai people-driven

Kesimpulannya, branding yang bagus dapat memudahkan suatu perusahaan dalam mendapatkan profit atau keuntungan. Apple merupakan contoh brand identity yang sangat baik dalam membuktikan hal ini.

 

cara bikin brand sendiri

 

Mengapa Branding itu Penting?

Dengan melihat keberhasilan merek-merek besar di seluruh dunia, dapat dipastikan bahwa strategi branding yang mereka terapkan merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan mereka. Inilah mengapa branding efektif merupakan salah satu dari cara bikin brand sendiri yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis kamu. berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu rasakan ketika melakukan branding dengan baik.

 

a. Memberikan Identitas Perusahaan

Manfaat pertama dari Branding adalah sebagai suatu identitas perusahaan yang menjadi pembeda antara perusahaan tersebut dengan para kompetitornya. Perusahaan dengan Branding yang unik dan positif akan lebih mudah diingat oleh masyarakat. Brand yang unik akan membantu bisnismu memiliki pasar sendiri sehingga tidak akan berkompetisi dengan para pesaing. Dua hal yang paling penting adalah brand milikmu harus unik dan beda dari yang lain.

 

 

b. Membantu Strategi Pemasaran

Branding dapat menjadi alat bisnismu untuk melakukan promosi. Suatu perusahaan dapat menjadi terkenal karena cara mereka melakukan branding dan mempromosikan brand perusahaan tersebut. Suatu perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan pengakuan dari para konsumen serta masyarakat apabila mereka memiliki branding yang kuat. Inilah sebabnya mengapa logo, warna, serta packaging produk selalu didesain sedemikian rupa agar seragam dan mudah dikenali dimanapun.

Ketika branding sudah tertanam kuat di masyarakat, brand tersebut akan memiliki daya tarik tersendiri karena pasar biasanya membeli dari brand yang mereka rasa familiar. Tampilan brand yang terlihat profesional juga dapat cenderung menarik pelanggan baru. Branding juga membantu kamu untuk membuat customer relationship yang dekat dengan masyarakat sehingga akan menciptakan pelanggan yang setia terhadap bisnismu.

 

cara bikin brand sendiri

 

c. Meningkatkan Nilai Bisnis

Di masa yang akan datang, branding perusahaan penting untuk digunakan sebagai salah satu media untuk memperluas dan memperbesar bisnismu. Branding yang baik dinilai sebagai aset perusahaan oleh para investor karena membutuhkan waktu yang lama untuk dibangun. Brand yang kuat akan meningkatkan nilai bisnis sehingga dapat dinilai sebagai peluang yang memiliki prospek oleh para investor.

 

 

Tahap-tahap Membuat Branding yang Sukses

a. Memahami Produk Bisnis

Langkah pertama dalam cara membangun brand yang kuat adalah dengan memahami produk yang akan kamu jual. Pemahaman terhadap produk menjadi dasar dari sebuah branding. Ke depannya, pemahaman terhadap produk juga akan membantu kamu menentukan arah bisnismu. Setelah kamu memahami produkmu, kamu juga harus menggabungkannya dengan visi misi bisnismu.

 

b. Identifikasi Target Pasar

Langkah kedua adalah dengan melakukan identifikasi target pasar. Langkah ini penting untuk membantu kamu menyusun strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan karakteristik target pasar yang kamu pilih. Bagaimana cara melakukan identifikasi target pasar? Caranya adalah dengan melakukan benchmarking, yaitu dengan membandingkan bisnis milikmu dengan kompetitor. Benchmarking akan memberikan gambaran branding yang cocok untuk target pasar yang kamu tuju.

 

cara bikin brand sendiri

 

c. Bangun Identitas Brand

Setelah kamu memahami produk serta melakukan riset pada kompetitor, langkah selanjutnya dalam cara bikin brand sendiri adalah membangun identitasnya. Identitas brand harus mampu mendeskripsikan visi misi bisnismu. Brand image yang positif akan membantu kamu mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sehingga orang-orang akan lebih setia pada bisnis kamu, seperti yang terjadi pada Apple. Penting untuk diingat, branding harus mencakup ciri khas bisnis. Ini dilakukan agar bisnis kamu mudah diingat oleh konsumen setiap kali mereka membeli produkmu.

 

d. Melakukan Kampanye 

Setelah brand milikmu memiliki identitas, langkah selanjutnya adalah memberikan informasi mengenai bisnismu ke pasar. Kamu dapat melakukan kampanye di berbagai media sosial untuk mengiklankan bisnismu. Misalnya dengan melakukan iklan di Facebook Marketplace atau Tiktok Shop. Selain itu, kamu bisa beriklan di Google Ads sebagai alternatif lainnya.

Biasanya, masyarakat akan lebih mudah menaruh kepercayaan pada merek yang mudah dicari. Setelah mulai mendapatkan keuntungan, kamu dapat mulai mencoba menjadi sponsor pada acara-acara tertentu. Menjadi sponsor di acara besar akan dengan cepat membantu brand kamu dikenal oleh masyarakat luas. Jangan lupa, kamu harus tetap membuat konten di media sosial brand tersebut untuk menjaga customer relationship. Sebab hal itu merupakan cara membangun brand loyalty terhadap bisnis kamu

Selain itu, kamu juga bisa melakukan strategi influencer marketing sebagai bagian dari kampanye bisnismu. Meskipun banyak sekali cara kampanye yang dapat kamu lakukan, kamu perlu memilih strategi yang cocok dengan budget yang kamu miliki agar pengeluaran bisnismu tidak mengalami defisit yang berlebihan.

 

cara bikin brand sendiri

 

Itulah artikel mengenai cara bikin brand sendiri yang mudah untuk kamu lakukan. Kamu dapat memulai brand bisnismu dengan menjual barang-barang impor dari supplier terbaik dari China. Dengan bergabung di AsiaCommerce, kamu akan mendapatkan produk-produk terbaik dengan harga termurah dari para supplier terpercaya kami. Produk-produk yang kamu dapatkan pun merupakan produk-produk yang sudah melalui tahap quality control yang dilakukan oleh tim kami. Jadi kamu tidak perlu khawatir barang yang kamu terima adalah barang cacat yang tidak layak dijual. Tunggu apalagi? Klik di sini atau banner di bawah ini untuk memulai bisnis impormu.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments