Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Menaikkan Website ke Halaman Pertama Google

by | Nov 19, 2022 | Tips & Strategi Bisnis

Membuat dan menaikkan website di halaman pertama Google adalah sebuah tujuan pasti bagi seorang blogger atau pemilik bisnis. Parameter sebuah bisnis atau brand memiliki kredibilitas adalah memiliki website-nya sendiri. Bisa dilihat ketika kamu browsing di Google dengan kata kunci tertentu pasti akan muncul berbagai artikel dari berbagai macam website. Karena setiap website memiliki peluang yang sama untuk dapat berada di halaman pertama Google. Kamu harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh website agar dapat menarik banyak pengunjung di internet. Berikut 10 cara menaikkan website ke halaman pertama Google. 

 

1. Implementasi SEO

Cara Menaikkan Website : Implementasi SEO

Cara menaikkan website ke halaman pertama Google yang pertama adalah dengan melakukan implementasi Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO. Yang dimaksud SEO adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah website secara organik. Bagaimana SEO bekerja untuk mendatangkan traffic ke website kita?

Seperti yang kamu tahu jika sesuatu yang berhubungan dengan aset digital harus memiliki konten di dalamnya. Salah satu konten yang mendatangkan traffic ke website adalah artikel atau blog. Namun blog yang dibuat tidak bisa sembarangan, ada beberapa aturan yang harus diterapkan agar sesuai dengan kaidah dari SEO. 

 

Cara Membuat Artikel atau Blog

Tahap pertama pembuatan sebuah blog adalah mencari kata kunci yang paling relevan dan banyak dicari di internet. Kata kunci atau keyword tersebut akan dijadikan sebagai acuan untuk membuat topik utama dalam blog. Keyword ini harus tercantum dalam blog agar algoritma Google dapat menemukan konten yang dibuat agar ditampilkan di halaman Google Search.  

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis e-commerce yang menjual kaos custom dan keyword yang paling relevan serta banyak dicari adalah sablon kaos custom. Dari keyword tersebut kamu bisa membuat artikel yang menarik seperti: Cara Memulai Bisnis Kaos Custom Di Bawah 100 Ribu.

Agar strategi SEO kamu berjalan efektif, gunakan analytics tools atau tools lain yang dapat membantu mencari data terkait keyword yang kamu butuhkan. Dengan tools tersebut kamu dapat melihat seberapa tinggi tingkat persaingan keyword dan melihat keyword apa saja yang ada di website kompetitor. 

 

2. Gunakan Google Ads atau SEM

Cara Menaikkan Website : Gunakan Google Ads atau SEM

Selain SEO yang meningkatkat traffic secara organik agar menaikkan website ke halaman pertama Google, ada juga SEM atau Search Engine Marketing yang meningkatkan traffic dengan berbayar. SEM atau yang biasa disebut ads merupakan strategi digital marketing berbayar yang akan membuat peningkatan traffic yang signifikan. Ketika kamu mencari sebuah keyword di Google Search, pada halaman SERP (Search Engine Result Page) akan muncul website yang sudah terpasang ads pada bagian teratas. SEM biasanya digunakan untuk website yang ingin menjalankan sebuah campaign atau event tertentu. Maka dari itu posisinya berada paling atas di halaman SERP agar pengguna internet yang mencari keyword yang relevan bisa melihat dan tertarik untuk melihat. 

Yang perlu kamu perhatikan adalah ketika durasi ads akan berakhir, penurunan traffic merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kamu juga perlu menjalankan strategi SEO secara bersamaan agar penurunannya tidak terlalu jauh. Karena SEO dan SEM adalah dua hal yang saling melengkapi untuk menaikkan website ke halaman pertama Google.

 

3. Daftarkan Brand ke Google My Business

Cara Menaikkan Website : Daftarkan Brand ke Google My Business

Google My Business adalah platform yang disediakan oleh Goolgle untuk pebisnis agar dapat memunculkan bisnis atau perusahaannya secara online di Google. Jadi pengguna internet nantinya akan mendapat informasi lengkap mengenai perusahaanmu seperti alamat, nomor telepon, media sosial, hingga websitenya. Profil perusahaan ini nantinya bisa terintegrasi ke sistem Google, misalnya di Google Maps akan ter-indeks alamat perusahaan jika pelanggan ingin mengunjungi tokonya secara langsung. Di Google My Business, seluruh pelanggan dapat memberikan review terhadap bisnis yang kamu jalankan. Review atau testimoni merupakan satu hal penting dalam bisnis karena itu adalah bukti bahwa sebuah bisnis yang kamu jalankan terpercaya dan valid. Semakin banyak review bagus, maka akan semakin besar potensi pelanggan baru untuk berkunjung atau berbelanja di tokomu.

 

4. Manfaatkan Fitur dari Google

Cara Menaikkan Website : Manfaatkan Fitur dari Google

Cara menaikkan website ke halaman pertama Google yang selanjutnya kamu bisa memanfaatkan fitur dari Google itu sendiri. Dengan memanfaatkan fitur Google dengan maksimal, peluang website-mu untuk dilihat pengguna internet juga semakin tinggi. Website yang kamu miliki harus berkontribusi secara aktif pada hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Seperti misalnya, mencantumkan image, video, People Also Ask, dan banyak lagi. Dengan berkontribusi secara aktif, algoritma Google akan merekomendasikan website-mu agar dapat dilihat oleh banyak orang. 

Di Google sendiri ada fitur yang bernama Google Analytics untuk menganalisa performa dari website-mu. Dengan Google Analytics kamu bisa mengetahui keyword apa yang banyak dicari oleh pengguna internet secara real-time serta memantau website dari kompetitor. Kamu juga bisa melihat profil pengunjung website seperti data usi, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, hingga apa minat mereka. Maka dari itu, manfaatkan fitur dari Google dengan maksimal agar mendapatkan potensi traffic yang maksimal juga.

 

5. Perbaiki Tampilan Website

Cara Menaikkan Website : Perbaiki Tampilan Website

Tampilan website harus memiliki kesan menarik dan mudah diakses. Karena pengalaman yang kurang berkesan akan membuat pengunjung enggan untuk melihat lebih jauh website yang kamu miliki. Perlu kamu ketahui, algoritma Google saat ini tidak melihat berapa banyak konten yang diisi ke dalam website. Google membuat sebuah algoritma baru yang bernama Core Web Vitals yang berfungsi untuk menilai keseluruhan tampilan website agar memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna internet. Sehingga, Google hanya akan menampilkan website dengan kualitas terbaik pada halaman pertama SERP agar pengunjung memiliki pengalaman yang memuaskan ketika mencari sebuah kata kunci. 

Kamu perlu melakukan peninjauan terhadap website-mu milikmu apakah tampilannya sudah menarik dan rapi. Ada tiga kriteria website yang menarik menurut penilaian Google, yaitu : 

  • Desain menarik dan tidak membuat pengunjung kebingungan mencari infomasi yang dibutuhkan
  • Memiliki UI/UX yang membuat pengunjung betah untuk singgah dalam waktu yang lama
  • Waktu muatan website cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu waktu yang lama

 

6. Pastikan Website Sudah Mobile Friendly

Pastikan Website Sudah Mobile Friendly

Selain dinilai dari tampilan website-nya, algoritma terbaru dari Google memberikan penilaian lebih bagi website yang sudah terintegrasi dengan tampilah mobile atau yang disebut Mobile Friendly. Saat ini, pengguna internet tidak hanya menggunakan perangkat desktop untuk mencari informasi. Namun juga banyak yang menggunakan perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet. Masih banyak pemilik bisnis yang melupakan poin penting ini. Oleh karena itu, kamu juga harus membuat website-mu menjadi mobile friendly.

Para website developer biasanya akan menawarkan paket pembuatan website yang bisa langsung terintegrasi dengan berbagai macam ukuran layout. Tidak hanya mobile friendly, namun juga dapat menyesuaikan dengan tampilan di berbagai macam ukuran layar gadget. Namun untuk sekarang tidak perlu khawatir, karena sudah ada software atau tools canggih yang bisa membuat website bisa menyesuaikan tampilannya ke jenis perangkat apapun.

 

7. Memasang SSL Certificate

Memasang SSL Certificate

Cara selanjutnya untuk menaikkan website ke halaman pertama Google adalah dengan memasang SSL Certificate pada website. Jika kamu memperhatikan alamat URL website yang kamu kunjungi ada tulisan ‘https’, maka ‘s’ tersebut adalah secure yang artinya website yang dikunjungi sudah memasang SSL Certificate. SSL sendiri merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yang berfungsi sebagai keamanan saat terhadinya perturakan data melalui jaringan internet. Website yang tidak memiliki SSL Certificate rawan terjadinya pencurian data, sehingga para pengguna internet diminta untuk lebih berhati-hati dalam mengakses atau memberikan data pada website tersebut. Tentunya Google akan merekomendasikan website yang telah menggunakan SSL Certificate dan meletakkannya pada halaman pertama SERP. Jadi sangat penting bagi kamu yang memiliki website untuk memasang SSL Certificate.

 

8. Membuat Sitemap Untuk Meningkatkan Proses Crawling

Membuat Sitemap Untuk Meningkatkan Proses Crawling

Sitemap adalah kumpulan dari seluruh file yang ada di website. File ini berisi konten artikel, halaman website, gambar, video, dan semua aset yang ada dikumpulkan dalam 1 tempat yang bernama sitemap. Dengan adanya sitemap, Google akan mudah untuk mencari informasi yang sedang dicari pengguna internet. Maka dari itu, setiap website yang memiliki sitemap akan berpeluang besar untuk muncul pada halaman pertama Google. Ada beberapa jenis sitemap, diantaranya : 

  • Normal XML Sitemap, jenis yang paling umum digunakan oleh pemilik website.
  • Video Sitemap, membantu Google untuk mengetahi isi konten dari video pada website.
  • Image Sitemap, berisi gambar-gambar yang berhubungan dengan SEO.
  • News Sitemap, berisi file yang berkaitan dengan berita.

 

Fungsi sitemap sendiri adalah agar Google lebih mudah dalam membaca dalam proses indexing jika kamu memiliki banyak URL. Namun juga website-mu memiliki URL yang sedikit tidak perlu membuat sitemap. Bagi website yang baru dibuat, sitemap akan membantu proses crawling atau penelusuran isi website agar website tersebut dapat muncul di halaman pertama SERP.

 

9. Masukkan Internal Link

Masukkan Internal Link

Ada cara lain untuk melakukan crawling pada website-mu selain dengan membuat sitemap, yaitu dengan memasukkan internal link. Fungsi dari internal link ini adalah menghubungkan antara 1 halaman dengan halaman lainnya dalam sebuah website. Contohnya, ketika kamu membuat sebuah konten blog baru kamu menyisipkan sebuah link menuju blog lama yang masih relevan topiknya dengan blog baru tersebut. Perlu diperhatikan, internal link yang baik harus saling berhubungan satu dengan yang lain. Penempatan internal link juga tidak bisa sembarangan. Dalam sebuah konten juga bisa mencatumkan lebih dari 1 internal link asal tidak berlebihan dan topiknya masih relevan. Internal link dapat membantu Google untuk melakukan proses indexing terhadap pencarian pengguna internet. Di lain sisi, internal link juga dapat memberikan sugesti kepada pengunjung website untu mendapatkan informasi lebih rinci atau topik terkait. Dan hal tersebut akan berdampak pada peningkatan traffic website sehingga Google akan meletakkan website-mu pada halaman pertama SERP.

 

10. Tambahkan Inbound Link

Tambahkan Inbound Link

Selain internal link, kamu juga perlu menambahkan inbound link untuk menaikkan website ke halaman pertama Google. Yang dimaksud inbound link adalah link yang menghubungkan website-mu melalui website orang lain. Inbound link juga dikenal dengan istilah backlink. Inbound link berfungsu untuk menarik pengunjung dari website lain yang memiliki traffic tinggi. Kamu perlu memiliki kesepakatan dengan pemilik website tersebutm biasanya dalam bentuk penempatan inbound link pada konten yang telah disepakati dalam website masing-masing. Yang perlu dipahami adalah inbound link tidak bisa diletakkan secara sembarangan. Apabila kamu meletakkan inbound link secara asal-asalan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap penilain website-nya. Dan mungkin juga Google akan memberikan penilaian yang buruk terhadap website-mu. Selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan strategi yang akan dijalankan agar website-mu dapat muncul pada halaman pertama Google.

 

Nah itu dia 10 cara menaikkan website ke halaman pertama Google. Buat kamu yang sedang menjalankan bisnis, kamu bisa gabung di Membership Asia Commerce. Kamu juga bisa Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments