Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Update 2023

by | Jun 23, 2020 | Tips & Strategi Bisnis

Diperbarui oleh Aviccena Izzul Wirawan pada 17 Maret 2023

Kebanyakan orang atau Ascomers sendiri pasti memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan sarana hiburan. Mungkin sebagian besar pengguna internet juga belum banyak yang mengetahui berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Padahal jika Ascomers teliti, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cuan hanya dari internet saja.

 

Ada beberapa cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan bergabung di beberapa program job seperti freelance atau kerja paruh waktu maupun menjual karya kita di internet. Seiring dengan berkembangnya era digital seperti sekarang ini, tentu membuat kita semakin mudah dalam mendapatkan penghasilan dari internet.

 

Penasaran dengan apa saja cara menghasilkan uang dari internet? Yuk simak pembahasannya pada blog berikut ini.

 

1. Toko Online

bisnis menguntungkan

Cara yang pertama untuk menghasilkan uang dari Internet adalah membuka toko online. Saat ini banyak masyarakat terutama anak muda lebih sering berbelanja secara online. Kemudahan dan kepraktisan menjadi alasan utama mengapa masyarakat lebih nyaman berbelanja di marketplace online.

 

Untuk berjualan, Ascomers bisa menggunakan platform marketplace yang sudah populer di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada maupun Bukalapak. Namun, jika Ascomers ingin membuat toko online sendiri bisa memakai WordPress. Tambahkan plugin WooCommerce untuk menambahkan fitur transaksi seperti di e-commerce.

 

Ada beberapa hal penting yang perlu Ascomers perhatikan dalam membuat e-commerce sendiri, yaitu :

  • Dapat diakses dari berbagai perangkat
  • Mudah dipahami oleh pengguna
  • Memiliki halaman khusus untuk promosi
  • Tersedia berbagai pilihan pembayaran

 

2. Jasa Desain Grafis

Saat ini desainer grafis menjadi salah satu peluang bisnis online yang cukup banyak diminati. Desainer banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri seiring berkembangnya industri digital. 

 

Banyak pengusaha yang mulai memasarkan produk atau jasanya melalui internet, seperti di website atau media sosial. Oleh sebab itu, jasa seorang desainer grafis pasti dibutuhkan untuk membuat logo, foto produk, maupun postingan di media sosial.

3. Menjual Foto Secara Digital

Kamu hobi fotografi? Tidak ada salahnya menjual karya fotomu melalui website berikut : 

  • Shutterstock
  • iStockphoto
  • Etsy

Foto akan dimuat di laman situs tersebut setelah memenuhi beberapa persyaratan. Ascomers juga perlu mempelajari masing-masing situs karena mereka memiliki standar yang berbeda.

 

Dengan mengunggah karya di 3 situs tersebut, Ascomers akan mendapatkan komisi dari setiap foto yang diunduh. Semakin banyak diunduh akan semakin besar pula keuntungan yang bisa dapatkan.

Baca juga : Bisnis Menguntungkan di Tahun 2023

 

4. Jasa Konsultasi

Untuk menjadi seorang konsultan, Ascomers harus menjadi expert dan menguasai tentang bidang yang dikonsultasikan. Karena tugas seorang konsultan adalah untuk memberikan solusi dalam bentuk rencana dan juga strategi pengembangan yang dibutuhkan oleh klien, mengidentifikasi setiap masalah.

 

Ada dua jenis konsultan, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Konsultan internal adalah mereka yang bekerja di perusahaan yang sama dan dapat memberikan saran sesuai dengan bidangnya secara profesional dan rinci.

 

Sementara konsultan eksternal adalah mereka yang berada di luar perusahaan. Mereka akan bekerja untuk klien mereka, baik itu perusahaan maupun individu.

 

5. Membuat Kursus Online

cara menghasilkan uang dari internet

Selain membuka jasa konsultasi, Ascomers juga bisa membuat kursus online jika ahli dalam bidang tertentu. Berbagi ilmu sekaligus mencari uang melalui internet bisa menjadi ide yang menarik. Ascomers bisa membuat sebuah website atau aplikasi kursus sendiri seperti platform belajar lainnya.

 

Untuk membuat kursus online yang menarik, Ascomers bisa mengikuti langkah berikut ini : 

  • Pilih sebuah tema yang menjadi fokus dalam kursus
  • Memilih topik yang sedang banyak diminati
  • Buatkan konten yang unik dan mudah dipahami
  • Sediakan banyak pilihan pembayaran agar pengguna lebih nyaman

 

6. Jasa Copywriting

Keahlian kreatif yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Ascomers yang punya kreatifitas dalam penulisan. Jasa copywriting ini bisa meliputi copy untuk landing page, iklan, website, deskripsi produk, dan lain sebagainya. Bagi pelaku bisnis, sebuah copywriting yang menarik bisa menjadi kunci untuk meningkatkan konversi dan mendapatkan pelanggan.

 

Dibutuhkan keterampilan dan jam terbang yang tinggi agar copywriting yang kamu buat bisa dilirik oleh calon pelangganmu nantinya. Berikut langkah yang bisa kamu terapkan agar copywriting-mu lebih menarik : 

  • Pelajari produk atau layanannya
  • Pahami kebutuhan audiens
  • Gunakan headline yang memikat
  • Dukung headline dengan lead yang menarik
  • Tulis copy yang sederhana namun berkualitas
  • Akhiri dengan persuasi atau Call To Action

 

7. Jasa Pembuatan Blog

Cara menghasilkan uang dari internet melalui kreativitas dalam menulis lainnya adalah jasa pembuatan blog. Setiap orang bisa memiliki tujuan berbeda dalam menulis blog. Ada yang sekedar curhat, berbagi wawasan, menyampaikan pandangan, maupun mengembangkan brand

 

Daripada hanya sekedar membuat tulisan di internet, alangkah lebih baiknya jika Ascomers bisa mendapatkan uang dengan membuka jasa pembuatan blog. Kamu bisa membuat blog tentang apa pun atau menawarkan jasamu kepada bisnis yang aktif dalam mengunggah blog. 

 

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan riset topik dan memperbanyak latihan menulis agar blog yang kamu buat bisa menarik audiens sehingga meningkatkan traffic pada website klienmu.

 

8. Content Creator TikTok

content creator

TikTok juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Pasalnya platform satu ini semakin populer dan banyak content creator yang mencari penghasilan dari aplikasi TikTok. Ada banyak jenis konten di TikTok, seperti edukasi, seni, tutorial, duet musik, hingga konten hiburan yang terkadang tidak ada manfaatnya namun lucu untuk ditonton.

 

Dari penjelelasan di atas, Ascomers bisa memanfaatkan peluang menjadi content creator TikTok untuk menghasilkan uang. Banyak cara untuk menjadi content creator TikTok seperti menjadi influencer konten dengan niche, menjadi talent live shop, atau menyediakan jasa pembuatan konten.

 

Berikut beberapa tips untuk menjadi content creator di TikTok : 

  • Rajin mengunggah konten secara konsisten
  • Memanfaatkan tren dan topik yang viral
  • Memperhatikan kualitas konten
  • Pelajari cara editing yang bagus

 

9. Menjual Produk Dropship

Dropship adalah salah satu cara berjualan tanpa modal dan tanpa harus memiliki stok barang. Ascomers hanya berperan sebagai penghubung antara konsumen dengan supplier. Keuntungan yang kamu dapatkan yaitu selisih harga barang dari supplier dengan harga barang yang kamu tawarkan ke konsumen.

Berikut ini langkah untuk menjual produk dropship

  • Tentukan jenis produk yang akan dijual
  • Memilih supplier yang memiliki reputasi baik
  • Pilih platform jualan yang sesuai dengan niche produk
  • Menyusun strategi promosi

Baca juga Bisnis Dropship : Keuntungan dan Cara Memulainya

 

10. Gabung Reseller AsiaCommerce

Selain menjadi dropshipper, Ascomers juga bisa menjadi reseller. Ascomers bisa bergabung menjadi reseller di AsiaCommerce. Untuk bergabung menjadi reseller, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu men-install aplikasi AsiaCommerce lalu buat dan login akun, maka otomatis kamu sudah tergabung menjadi reseller. Kamu bisa mendownload aplikasi di Android atau iOS dan melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

 

Ada banyak pilihan produk yang unik dan menarik. Mulai dari produk kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, produk kecantikan, kesehatan, maupun produk unik yang bisa membantu aktivitas sehari-hari. 

 

Selain mendapatkan berbagai macam katalog dari beragam jenis produk, kamu juga bisa mendapatkan free e-book, video course, dan pelatihan-pelatihan tentang bisnis. Namun, benefit tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu join sebagai Reseller+ (Reseller Plus). Hanya dengan Rp. 239.000,- kamu sudah bisa mendapatkan materi-materi pelatihan dan akses ke lebih banyak katalog produk. 

 

Nah itu dia 10 cara menghasilkan uang dari internet di tahun 2023. Selain cara-cara di atas, Ascomers juga bisa mencoba peluang lain yang potensial untuk dicoba. Selalu belajar ilmu baru dan mengikuti tren terbaru akan membantu Ascomers untuk melihat peluang bisnis menghasilkan uang dari internet. Semoga informasi ini bermanfaat yaa:)

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments