Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

5 Cara Promosi Produk Online Bikin Cepat Untung 2023

by | Aug 10, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Cara promosi produk online tentunya sedikit berbeda pendekatannya dengan promosi produk offline. Dalam menjual produk secara offline, biasanya kita mempromosikannya dengan media-media konvensional seperti poster, papan reklame, atau strategi tertentu yang bisa terlihat pada toko fisik. Namun, untuk cara promosi produk online umumnya pasti menggunakan social media atau platform marketplace. Kebanyakan orang pasti mengakses media sosial atau marketplace menggunakan smartphone. Berikut ini 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk secara online.

Pastikan Brand Sudah Memiliki Value Proposition

Cara promosi produk online yang pertama adalah Ascomers perlu memiliki value proposition. Karena elemen inilah yang menjadikan sebuah brand terlihat unik dan bernilai di mata konsumen. Sehingga dari segi promosi akan tampak berbeda dan lebih menarik dibandingkan brand kompetitor. Dari sisi konsumen, value proposition bisa menjadi alasan bagi mereka untuk melakukan repeat order

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Invesp, value proposition memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja sales dan marketing perusahaan sebanyak 80 persen dalam kurun waktu 20 tahun. Dengan memiliki value preposition yang bagus di mata konsumen, akan memudahkan brand dalam mengembangkan produk dan merencanakan strategi kedepannya. 

Berikan Pelanggan Setia Exclusive Gift

Pelanggan setia merupakan aset yang sangat berharga dari cara promosi produk online bisa sukses. Namun, tidak selamanya mereka akan terus membeli produk-produk kita. Akan tetapi, setidaknya secara tidak langsung mereka bisa saja membantu mempromosikan produkmu kepada teman atau kerabat mereka. Selain itu, mereka biasanya akan meninggalkan review positif pada produk yang sudah mereka beli. Jadi ketika ada calon konsumen baru, hal tersebut bisa menjadi bukti jika produkmu memang berkualitas.

Mereka adalah aset yang sangat penting untuk menarik konsumen baru. Maka dari itu, sebagai pemilik brand kita perlu memberikan apresiasi untuk para pelanggan setia ini. Misal dengan memberi gift exclusive saat melakukan beberapa kali order atau memberikan komisi ketika ada orang lain yang beli dari rekomendasi mereka.

Gunakan Taktik Penawaran Awal yang Menarik

Tidak bisa dipungkiri setiap orang yang berbelanja, hal pertama yang menjadi fokus adalah melirik promo atau potongan harga dari sebuah produk. Salah satu cara promosi produk online ini dapat membuat calon konsumen melihat etalase toko kita atau bahkan bertanya-tanya tentang produknya. Berbagai jenis strategi atau bentuk penawaran awal yang menarik bisa berupa : 

  • Potongan harga
  • Paket bundling
  • Beli banyak dapat bonus tambahan
  • Dapat voucher jika melakukan pembelian jumlah tertentu
  • Beli satu gratis satu
  • Memberlakukan sistem poin untuk pelanggan setia

Namun, hal yang terpenting apa pun betuk promosimu nantinya tetap selalu tekankan bahwa poromo tidak akan berlaku selamanya. Jadi kamu bisa mengadakan promo dengan penawaran terbatas di waktu atau momen tertentu. Dengan waktu terbatas seperti itu, pengunjung akan merasa terdesak untuk segera membeli produk kita.

Buat Program Afiliasi

Cara promosi produk online agar cepat cepat laku selanjutnya adalah membuat program afiliasi. Program afiliasi pada dasarnya strategi penjualan secara pasif dengan bantuan pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah pelanggan setia atau partner bisnis. Jadi, pihak ketiga ini akan mempromosikan sekaligus menjual produk kita. Setiap penjualan produk hasil rekomendasi pihak ketiga ini, mereka akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang sudah disepakati. 

Promosi Gampang Melalui Layanan Distribusi AsiaCommerce

Jika Ascomer mengalami kendala seperti kesulitan mencari order-an yang stabil, tim terbatas tapi banyak yang harus dikerjakan, tidak tahu cara mengembangkan reseller, atau banyak marketplace yang harus dicoba tapi tidak punya waktu untuk mencoba satu per satu. Apabila kamu mengalami kendala-kendala tersebut, Ascomers bisa menggunakan layanan distribusi dan reseller marketplace. Kami akan membantu kamu mulai dari distribusi produk bersama ribuan reseller melalui aplikasi AsiaCommerce, menyediakan layanan dropship, membantu menjualkan produk melalui berbagai marketplace, serta manajemen stok dari barang-barangmu.

Tunggu apa lagi? Segera klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera meningkatkan keuntungan bisnismu hingga berkali-kali lipat. Segera bergabung bersama kami dan rasakan perbedaannya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments