Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

by | Jul 6, 2023 | Tips & Strategi Bisnis

Seringkali dalam memulai bisnis online, Ascomers mungkin juga bingung dalam menentukan produk apa yang akan dijual di marketplace seperti Shopee. Cara yang bisa Ascomers lakukan untuk menemukan produk yang ingin dijual salah satunya adalah dengan melakukan riset produk. Dengan riset produk bisa membantu kamu mengetahui produk apa yang sedang dicari masyarakat, kepada siapa kamu akan menjualnya, serta bagaimana cara terbaik memasarkannya. Yuk simak cara riset produk terlaris di Shopee pada blog berikut ini.

 

5 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

Menjalankan bisnis online akan lebih mudah jika kamu mengetahui kebutuhkan konsumen. Kenali kebutuhan konsumen dengan melakukan riset produk dengan beberapa cara berikut ini.

1. Pencarian Populer

Cara pertama untuk riset produk terlaris di Shopee adalah lewat pencarian populer. Fitur ini memang disediakan agar seller bisa melihat produk apa saja yang banyak dicari konsumen dalam periode waktu tertentu. Cara menggunakan fitur ini sangat gampang. Ascomers cukup scroll ke bawah di halaman beranda Shopee sampai menemukan menu “Pencarian Populer”.

Pada menu Pencarian Populer ini, Ascomers akan melihat banyak produk dengan pencarian dan penjualan paling banyak di Shopee. Nah, dari situlah kamu bisa mendapatkan ide atau pilihan produk yang sesuai dengan bisnis yang ingin dijalankan.

2. Produk Terlaris

riset produk terlaris di  shopee

Cara yang kedua adalah menggunakan fitur produk terlaris yang sudah disediakan oleh Shopee. Fitur ini tersedia bukan hanya untuk pembeli saja, namun juga untuk penjual. Ascomers bisa menemukan fitur produk terlaris di bagian beranda dengan menggeser sedikit layar ke bawah. 

Selain menampilkan produk yang paling banyak terjual, pada fitur ini kamu juga dapat melihat produk dengan harga terbaik. Ini berguna untuk Ascomers ingin mencari supplier dengan harga termurah dan menentukan harga jual nantinya.

Baca juga : Produk Terlaris di Shopee 2023 Untuk Ide Jualan

 

3. Riset Produk Berdasarkan Kategori

Cara riset produk ketiga adalah dengan mencari daftar produk berdasarkan kategorinya. Dengan cara ini kamu bisa lebih spesifik dalam mencari jenis produk yang ingin dijual. Namun cara ini tentunya juga membutuhkan waktu yang agak lama. Jadi pastikan kamu sudah menentukan kategori produknya secara spesifik terlebih dahulu agar ketika mencari tidak memakan waktu terlalu banyak.

4. Halaman Shopee Mall

riset produk terlaris di shopee

Cara selanjutnya adalah melalui halaman Shopee Mall. Untuk mengakses halaman Shopee Mall, kamu hanya perlu klik icon Shopee Mall. Kemudian Ascomers akan melihat berbagai menu seperti Toko Populer, Mall Flash Sale, Voucher Brand, dan lainnya. 

Kamu dapat mengecek di bagian Toko Populer dan Rekomendasi untuk melihat beberapa toko yang menjual produk terlaris. Klik toko yang ingin kamu lihat produk apa saja yang mereka jual. Begitu juga di bagian Rekomendasi, kamu bisa melihat informasi mengenai produk terlaris rekomendasi dari Shopee.

5. Riset Keyword dengan Google

Cara terakhir riset produk terlaris di Shopee adalah dengan melakukan riset keyword dengan Google. Tips ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan tools Google Keyword Planner. Dengan tools tersebut, kamu akan mendapatkan informasi mengenai berapa banyak orang yang mencari produk dengan keyword tertentu. Apabila produk yang kamu cari tidak ditemukan, berarti tidak banyak konsumen yang membutuhkannya.

Google juga akan menampilkan rekomendasi beberapa rekomendasi keyword lain yang relevan dan sedang banyak dicari pengguna. Dengan informasi tersebut bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual.

Manfaat Riset Produk

Dalam bisnis online, melakukan riset produk akan memiliki lebih banyak keuntungan. Berikut ini manfaat dari riset produk.

1. Memahami Kebutuhan Konsumen

Salah satu kunci utama agar bisnis berhasil adalah dengan memahami kebutuhan konsumen. Produk dan layanan yang kita tawarkan mampu menyelesaikan masalah konsumen atau sedang dibutuhkan pasar. Menjalankan bisnis tanpa melakukan riset produk sama halnya seperti pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi tanpa menggunakan peta.

Membuat atau menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh pasar juga akan merugikan bisnismu sendiri. Oleh sebab itu, riset produk ini juga penting untuk keberlangsungan bisnis. Jadi sebuah bisnis atau perusahaan harus memahami bagaimana produk atau layanannya bisa dibutuhkan oleh pasar atau konsumen.

2. Mengenali Produk Kompetitor

Tidak hanya memahami produk yang dibutuhkan oleh konsumen, riset produk juga membantu kamu dalam mengenali produk kompetitor. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terhadap produk kompetitor yaitu harga yang ditawarkan, keunggulan dan kekurangan produknya.

Informasi mengenai data produk kompetitor bisa kamu bisa kamu catat dan bandingkan dengan produk atau layanan yang akan kamu jual. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat menyediakan produk yang lebih unggu dibanding kompetitor dan dibutuhkan oleh konsumen.

3. Melihat Peta Persaingan Bisnis

Dengan mengenali kompetitor beserta produknya, kamu bisa melakukan analisis peta kompetitor. Analisis tersebut bisa menjadi acuan dalam memetakan persaingan bisnis. Peta persaingan bisnis akan menunjukkan kompetitor utama hingga yang paling bawah yang perlu kamu perhatikan. Peta persaingan bisnis ini akan menjadi acuan untuk menuntun bisnis dalam meraih tujuan atau target yang ingin dicapai.

4. Melihat Peluang dan Strategi Bisnis

Semua informasi yang terkumpul dari riset produk akan membantu bisnismu agar lebih jeli dalam melihat peluang bisnis. Peluang tersebut dapat berupa celah atau potensi pasar yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Tak hanya itu, data hasil riset juga berguna sebagai acuan dalam pengambilan keputusan bisnis agar lebih efektif. Dengan begitu setiap strategi bisnis yang dijalankan bisa diukur dan dieksekusi sesuai target yang ditentukan.

 

Pentingnya Memantau Kompetitor

Manfaat utama dari memantau kompetitor adalah mampu meningkatkan nilai dari bisnismu agar lebih unggul dibanding bisnis kompetitor. Jika kamu berhasil mengetahui celah atau kelemahan kompetitor, kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih berkualitas.

Cara tersebut bisa membuat bisnismu cenderung dilirik konsumen karena produk atau layanan yang kamu tawarkan lebih baik dibandingkan kompetitormu. Di lain sisi, kamu bisa mengantisipasi strategi kompetitor yang bisa merugikan bisnismu nantinya.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

 

Nah itu dia cara riset produk terlaris di Shopee yang bisa Ascomers lakukan untuk bisnismu. Jika kamu bingung dalam mencari produk terlaris atau rekomendasi produk yang ingin dijual, kamu dapat menghubungi AsiaCommerce untuk membantu menyelesaikan permasalahanmu. Kami akan membantumu mengembangkan bisnis yang kamu jalani, mencarikan kamu supplier, bernegosiasi, hingga melakukan quality control. Klik di sini atau banner di bawah ini untuk segera mendapatkan jawaban dari kerisauanmu!

Sourcing

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments