Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Ciri Ciri Penipuan Paket Luar Negeri! Importir Wajib Waspada!

by | Jul 27, 2023 | Impor

Apakah anda mau impor barang? Kami sarankan anda lebih hati hati kalau mau impor barang, karena proses impor barang memiliki resiko terkena penipuan. Jika anda ingin impor, biasanya anda akan menggunakan jasa paket pengiriman luar negeri, nah hal ini sering dimanfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Hal ini bisa menyebabkan kerugian hingga jutaan rupiah. Modus penipuan sangat beragam, ada yang melalui email adapula yang sampai menelpon atau menghubungi melalui Whatsapp. Hal ini berbahaya karena banyak penipu yang bisa merugikanmu hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, penting untuk kita berhati hati agar tidak terkena penipuan saat melakukan impor barang. Berikut ciri ciri penipuan paket luar negeri yang wajib anda ketahui sebelum impor

10 Ciri Ciri Penipuan Paket Luar Negeri

 

1. Mendapatkan Kiriman Paket Tak Terduga 

Ciri ciri penipuan paket luar negeri yang pertama adalah penipu mencoba mengirim paket yang tidak anda pesan, atau tidak anda ketahui sama sekali. Jika anda mendapatkan pemberitahuan tentang paket yang datang dari seseorang atau perusahaan yang tidak anda hubungi sebelumnya, anda wajib tetap waspada. Lebih baik tidak perlu diperhatikan dan biarkan saja.

2. Meminta Informasi Pribadi

Ciri ciri penipuan lainnya adalah penipu berusaha mencoba untuk mencuri informasi pribadi anda. Jika ada seseorang yang meminta anda memberikan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor paspor, atau data identitas lainnya sebagai syarat untuk mengklaim atau mengirimkan paket, ini bisa menjadi tanda bahaya. Jadi jangan sembarangan dalam memberikan informasi pribadimu ya.

3. Meminta Biaya Tak Terduga 

Ini juga salah satu ciri ciri penipuan, jadi penipu dapat menggunakan alasan palsu seperti bea cukai, asuransi, atau biaya pengiriman tambahan sebagai dalih untuk meminta anda membayar biaya yang tak terduga sebelum atau setelah menerima paket. Perlu anda ketahui bahwa perusahaan pengiriman resmi biasanya tidak akan meminta pembayaran tambahan kepada anda dengan nomor atau alasan yang tidak jelas

4. Cara Komunikasi Buruk 

Ciri ciri penipuan paket luar negeri selanjutnya adalah anda perlu tata bahasa atau penulisan dalam email atau pesan yang buruk saat anda terima. Jika anda mendapatkan banyak kesalahan atau penulisan yang mencurigakan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang berurusan dengan penipu yang tidak profesional. Namun, bukan berarti kalau komunikasinya baik pasti bukan penipu ya, anda harus tetap waspada.

5. Alamat Email atau Situs Web Mencurigakan

Anda harus selalu periksa alamat email pengirim dan tautan situs web yang diberikan dengan cermat. Penipu sering menggunakan alamat yang mirip dengan perusahaan resmi untuk menyesatkan korban. Pastikan anda berurusan dengan situs web dan email yang sah. Jika ada yang menghubungimu dengan email yang tidak jelas, anda perlu waspada kalau itu adalah ciri ciri penipuan paket luar negeri.

6. Tidak Ada Informasi Kontak yang Jelas

Wasapai ciri ciri penipuan paket luar negeri yang ini, Jika anda tidak dapat menemukan informasi kontak yang jelas tentang perusahaan atau penjual yang terkait dengan paket, waspadalah. Perusahaan resmi akan menyediakan informasi kontak yang jelas dan mudah dijangkau. Jadi hindari berurusan dengan jasa pengiriman yang tidak memilki informasi kontak yang jelas.

7. Meminta Cepat

Ini juga salah satu hal pasti ciri ciri penipuan paket luar negeri, jadi penipu akan menciptakan rasa mendesak untuk membuat anda bertindak tergesa gesa. Jika anda diberikan batas waktu yang sangat singkat untuk mengambil tindakan, berhati-hatilah karena ini bisa menjadi taktik penipuan. anda sebagai customer harus berani untuk menolak jika ada yang mendesakmu untuk segera menyelesaikan proses pembayran.

8. Pengirim Tidak Dikenal

Ini juga perlu berhati hati, Jika anda menerima paket dari seseorang yang tidak anda kenal atau yang tidak pernah anda hubungi sebelumnya, ada kemungkinan itu adalah bagian dari skema penipuan. Jadi selalu cek paket yang datang ke anda, apakah pengirimnya sudah sesuai dengan pengirim yang anda ketahui. Oleh sebab itu, Jangan sampai menerima paket dari orang yang tidak anda kenal.

9. Metode Pembayaran Tidak Aman

Ini juga perlu diperhatikan bahwa penipu cenderung mendorong anda untuk menggunakan metode pembayaran yang tidak dapat dilacak atau tidak dapat dibatalkan, seperti transfer bank langsung atau pembayaran tunai. Pastikan anda menggunakan metode pembayaran yang sah dan aman. Jangan mau diarahkan membayar melalui metode pembayaran yang tidak jelas dan tidak aman.

10. Ketidakcocokan Isi Paket

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan dari ciri ciri penipuan adalah penipu akan mengirim paket dengan barang yang tidak sesuai dengan pesanan anda, ini juga bisa menjadi tanda penipuan. Anda harus selalu verifikasi isi paket sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Jadi penting untuk menggunakan jasa quality control saat anda melakukan kegiatan impor, apalagi jika anda impor dalam jumlah besar.

Baca Juga : Ketahui Modus Penipuan Jasa Impor dan Cara Menghindarinya

Tips Menghindari Penipuan Paket Luar Negeri

Setelah memahami ciri ciri penipuan paket luar negeri, anda tentunya perlu tips untuk menghindarinya. Tips dari kami adalah anda perlu bekerja sama dengan jasa yang bisa membantu proses impor anda agar bisa terjamin aman. Kami menyarankan hal ini karena lebih baik anda membayar jasa import daripada kehilangan barang atau uang akibat terkena penipuan.

Oleh karena itu, anda perlu bekerja sama dengan AsiaCommerce melalui solusi impor. Anda tidak perlu ribet dan takut dalam melakukan kegiatan impor karena tentunya AsiaCommerce siap membantu anda dalam mengurus kegiatan impor, mulai dari pencarian barang, pengiriman, hingga quality control. Segera impor bareng Asiacommerce dengan klik di sini atau klik banner di bawah ini ya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments