Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak Lengkap Dengan Penjelasannya

by | Feb 6, 2023 | Impor

Mungkin sedikit diantara kamu yang mengetahui bahwa pajak dapat dibatalkan dengan pemberlakuan beberapa syarat. Namun kamu juga harus pahami surat yang diajukan untuk proses pembatalan pajak itu sendiri. Surat pembatalan faktur pajak merupakan bukti bahwa pihak pengusaha yang terkena pajak telah memungut pajak dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Ada beberapa penyebab terjadinya pembatalan faktur pajak seperti terdapat kesalahan dalam faktur pajak atau pembatalan pembelian, sehingga pengusaha harus membuat surat pembatalan faktur pajak.

Untuk mengajukan pembatalan faktur pajak kamu tidak bisa se enaknya sendiri membatalkan, tapi kamu harus menaati aturan yang telah ditetapkan mengenai faktur pajak dan telah terikat oleh Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012.

Pengertian Faktur Pajak

Faktur pajak adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat segala transaksi jual beli yang dilakukan oleh perusahaan. Faktur ini diperlukan untuk memenuhi kewajiban perpajakan perusahaan dan juga sebagai bukti transaksi yang sah.

Dalam prosesnya sering kali terjadi pembatalan faktur pajak karena terjadi kesalahan maupun pembatalan transaksi jual beli. Untuk mengurus hal tersebut dibutuhkan surat pembatalan faktur pajak.

Surat Pembatalan Faktur Pajak

Surat pembatalan faktur pajak ialah syarat administratif yang dibutuhkan oleh perusahaan atau seorang yang akan melakukan pembatalan pajak. Karena termasuk syarat untuk pembatalan pajak, maka jika tidak ada surat ini pembatalan faktur pajak tidak dapat dilakukan.

Oleh sebab itu contoh surat pembatalan faktur pajak banyak sekali dicari untuk membuat surat pembatalan itu sendiri tentunya.

Faktor Penyebab Pembatalan Faktur Pajak

Faktur pajak dibatalkan seringkali dialami oleh pengusaha kena pajak dengan berbagai macam penyebabnya dan juga bisa disebabkan oleh penjual atau pembeli. Namun kebanyakan penyebabnya adalah karena pembatalan transaksi sehingga pengusaha harus melakukan pembatalan faktur pajak.

Tidak hanya itu saja, pembatalan juga dapat disebabkan oleh kesalahan dalam pengisian. Pengisian disini dimaksudkan kesalahan dalam pengisian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang harus membatalkan faktur pajak yang sudah diterbitkan.

Fungsi Surat Pembatalan Faktur Pajak

Surat pembatalan faktur pajak memunyai fungsi yang sangat krusial bagi phak yang sedang berurusan dengan pajak. Berikut beberapa fungsi dari pembatalan faktur pajak.

1. Bukti Pengajuan Pembatalan Pajak

Salah satu fungsi surat pembatalan faktur pajak adalah sebagai bukti pengajuan pembatalan pajak yang sah. Karena hal ini erat kaitannya dengan sistem administratif  dari pemerintah yang perlu disematkan bukti sah berupa surat.

Dikarenakan sebagai bukti yang sah maka tanpa adanya surat ini maka pembatalan faktur pajak pun tidak dapat dilakukan.

2. Syarat Administratif Pembatalan Pajak

Kantor perpajakan sebagai lembaga negara yang dikenal tegas memerlukan pengajuan syarat yang legal dan baku. Salah satu syarat administratif yang diperlukan untuk mengajukan pembatalan adalah surat permohonan pembatalan faktur pajak.

Surat pembatalan faktur pajak sendiri setelah diberikan ke pihak yang berwenang nantinya akan segera diproses dan biasanya proses pembatalan tidak berlangsung lebih dari sehari. Maka dari itu ada baiknya untuk mengurus surat ini di hari kerja.

3. Arsip Bagi Pihak Perpajakan maupun Pihak yang Mengajukan

Fungsi surat pembatalan faktur pajak selanjutnya adalah sebagai arsip. Arsip tentunya dibutuhkan oleh pihak perpajakan ataupun pihak pengaju, karena bisa jadi sewaktu waktu memerlukan surat tersebut sehingga tidak perlu untuk melakukan pengurusan ulang.

Karena surat ini bersifat sangat penting maka ketika kamu melihat contoh surat pembatalan faktur pajak dan membuatnya sendiri, kamu juga harus melakukan duplikat dokumen tersebut untukmu sendiri.

Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak Karena Salah NPWP

Untuk membuat surat pembatalan faktur pajak karena salah dalam input npwp lebih baik mengikuti contoh yang sudah ada daripada harus membuat sendiri dan belum tentu isinya sesuai.

Berikut contoh surat pembatalan faktur pajak karena salah npwp:

 

BERITA ACARA PEMBATALAN FAKTUR PAJAK

No. BA-0111011/FP-BATAL/X/2023

Pada hari ini, Jumat, 3 Februari 2023 telah diterbitkan faktur pajak yang sah dengan data dan putusan berita berikut:

No. Faktur    : 011.102-02.10000523

Tanggal Faktur    : 10 Januari 2023

NPWP Pembeli    : 19902100001239154902

Nama Pembeli    : Reza Dwi Ardana

Alasan Pembatalan    : Tidak sesuainya input nomor NPWP sehingga transaksi batal.

Demikian berita acara ini kami buat berdasar data dan dokumen sah sebagai dokumen pendukung proses pembatalan faktur. Atas perhatian dan kerja sama Anda kami ucapkan terima kasih.

 

Surabaya, 03 Februari 2023

Pemohon,

 

Ryan Pranoto

Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak Karena Pembatalan Transaksi

Pembatalan faktur pajak juga bisa disebabkan karena kesalahan transaksi. Surat batal bisa diterbitkan dalam bentuk berita acara atau format langsung surat konfirmasi. Berikut contoh yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Batam, 17 Desember 2022

 

Nomor    : …………

Perihal     : Pembatalan Faktur Pajak

Kepada Yth,

  1. Sinar Jaya Cendekia

Jl. Mekar Tomo, No. 203, Mekar Tomo Barat

Ternate

 

Dengan hormat,

Berdasar transaksi pembelian cengkeh sebanyak 70 ton dengan seri faktur pajak No. 566.000-15. 20903922 pada tanggal 15 Desember 2022, dimohon untuk membatalkan transaksi tersebut karena terdapat kesalahan dan pembatalan transaksi di perusahaan pusat. Untuk mengganti biaya operasional kami akan membayar sejumlah uang pengganti yang dimaksud untuk menggantikan uang yang telah digunakan selama transaksi hingga pembatalan faktur ini dibuat.

Demikian surat pembatalan ini kami sebaik mungkin. Mohon maklum, dan dimohon segera memperbarui kelengkapan data transaksi menggunakan data terkini. Atas kerjasama saudara kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Roger Bangebuan,

Marketing Group Leader

Cara Pengajuan Pembatalan Faktur Pajak Secara Online

Seiring dengan perkembangan dunia digital, pihak pajak juga telah mengembangkan cara pengajuan pembatalan faktur secara online.

Berikut cara yang bisa dilakukan;

  • Buka web resmi pajak “efaktur.pajak.go.id
  • Setelahnya akan muncul kolom login, gunakan NPWP dan password yang sudah dimiliki.
  • Sekarang kamu akan masuk ke bagian mula laman utama, lalu pilih kolom Faktur.
  • Klik pada opsi Pajak Keluaran – Administrasi Faktur.
  • Langsung pilih faktur pajak yang ingin dibatalkan.
  • Langsung klik Batalkan Faktur yang tersedia di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga notifikasi batal akan muncul.

Cara ini bisa langsung dilakukan pada perangkat yang sedang digunakan.

Namun sebaiknya kamu menggunakan perangkat besar seperti PC atau minimal tablet untuk visualisasi yang utuh secara keseluruhan.

Lewat cara satu ini kamu tidak perlu melihat contoh surat pembatalan faktur pajak lagi dan tidak perlu membuat suratnya sendiri.

Itulah contoh surat pembatalan faktur pajak yang dapat menjadi refrensi kamu ketika ingin membatalkan faktur pajak. Kamu bisa menggunakan salah satu contoh diatas untuk mengajukan pembatalan faktur pajak.

Bagaimana cukup membantu bukan? Jika kamu ingin melakukan kegiatan ekspor tapi tidak mau repot jika terjadi pembatalan transaksi sehingga harus mengurus surat pembatalan faktur pajak maka kamu tidak perlu khawatir, karena ada AsiaCommerce yang siap membantu mu. Kamu tidak perlu bingung dan repot untuk mengurus berbagai dokumen ekspor karena semua akan dihandel oleh kami, sehingga kamu hanya perlu fokus pada bisnis ekspor mu saja. Jika kamu tertarik klik disini untuk informasi lebih lanjut atau klik pada banner dibawah.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments