Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Potensi Ekspansi Bisnis ke Pasar Malaysia

by | Dec 21, 2023 | Ekspor

Ekspansi bisnis ke luar negeri bisa menjadi pilihan jika pebisnis ingin meningkatkan profit dan brand awareness. Salah satu tujuan ekspansi binis yang potensial adalah ke pasar Malaysia. Malaysia sendiri memiliki lokasi geografis yang sangat strategis di wilayah Asia Tenggara. Sehingga banyak pebisnis memilih untuk ekspansi ke pasar Malaysia. Berikut ini pembahasan mengenai mengapa perlu ekspansi bisnis ke pasar Malaysia, tren belanja online, peluang serta tantangan apa saja yang akan dihadapi.

Kenapa Ekspansi Bisnis ke Pasar Malaysia?

pasar malaysia
Freepik/lifeforstock

Malaysia memiliki lokasi geografis yang strategis di jantung Asia Tenggara. Malaysia adalah negeri yang kaya akan budaya, alam, warisan, dan modernitas. Sebagai salah satu negara dengan perekonomian paling dinamis di Asia, Malaysia menawarkan lingkungan bisnis yang dinamis dengan teknologi canggih dan infrastruktur yang berkembang dengan baik. Hal itu menjadi kombinasi menarik yang menjadi faktor daya tarik bisnis bagi perusahaan dan investor.

Malaysia adalah negara dengan ekonomi pasar terbuka dan industri baru. Masyarakat Malaysia pada umumnya memiliki gaya hidup yang lebih makmur dibandingkan masyarakat di negara-negara berpendapatan menengah ke atas lainnya (seperti Meksiko, Turki, dan Brasil) dan hal ini disebabkan oleh rendahnya pajak pendapatan nasional, rendahnya biaya pangan lokal, bahan bakar transportasi, ketersediaan barang-barang kebutuhan rumah tangga, dan akses terhadap pangan. 

Malaysia berperan sebagai pintu gerbang ke kawasan ASEAN, khususnya bagi Tiongkok, dan negara ini telah meluncurkan inisiatif dan kebijakan yang ramah bisnis untuk mendorong investasi asing secara langsung. Ada lebih dari 1.500 perusahaan Malaysia beroperasi di negara-negara ASEAN lainnya dan basis manufakturnya yang kuat, keragaman budaya dan talenta multibahasa membantu menghubungkannya dengan pasar-pasar utama di kawasan ini.

Faktor lain mengapa sangat bagus untuk berbisnis di pasar Malaysia antara lain :

  • Anggota ASEAN
  • Insentif pajak yang menarik
  • Infrastruktur canggih
  • Daya saing tinggi

Pemerintah Malaysia Mendukung Industri E-commerce

Pasar e-commerce Malaysia telah mengalami pertumbuhan eksponensial dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan Asia Tenggara, dengan proyeksi pendapatan sebesar 10,19 miliar USD pada tahun 2023. Karena negara ini memiliki banyak pengguna internet dan media sosial yang aktif, peluang pertumbuhan juga semakin besar.

Pasar e-commerce Malaysia perlahan-lahan mengambil alih pasar tradisional, terutama dengan meningkatnya minat remaja terhadap belanja online. Lonjakan pengguna yang tiba-tiba juga sebagian disebabkan oleh pandemi pada tahun 2020, yang menyebabkan semakin banyak orang bergantung pada pemasaran online.

Pemerintah Malaysia menawarkan banyak kebijakan yang mendukung dan penghapusan pajak bagi bisnis yang ingin berekspansi ke pasar e-commerce Malaysia.

Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC)

MDEC adalah lembaga pemerintah yang mengawasi ekonomi digital negara tersebut. Ini beroperasi di bawah Kementerian Komunikasi dan Digital. Tujuannya adalah menarik investor dan perusahaan baru sekaligus membantu perusahaan Malaysia memantapkan diri di pasar e-commerce. Inisiatif pemerintah ini tidak hanya membantu bisnis global dan lokal tetapi juga berupaya membuat penduduk Malaysia meningkatkan keterampilan digital dan gaya hidup mereka.

Insentif Pajak untuk Bisnis E-commerce di Malaysia

Perpajakan e-commerce di Malaysia juga diterapkan untuk membantu bisnis baru membangun diri mereka dalam perekonomian. Pengecer dan investor global menikmati pembebasan pajak yang besar berdasarkan hukum Malaysia, tergantung pada pendapatan perusahaan. Pembebasan pajak sebesar 20% ditawarkan selama 5 tahun untuk biaya pengembangan web. Tergantung pada industri dan bisnisnya, investor juga dapat menikmati berbagai jenis pengecualian pajak yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia.

Baca juga : Mulai Ekspansi Brand dan Produkmu ke Pasar Thailand

Tren Belanja Online di Malaysia

Seiring dengan semakin populernya belanja online di kalangan warga Malaysia, ada beberapa tren yang dapat diamati di kalangan konsumen yaitu : 

Pertumbuhan Ekonomi

Perekonomian Malaysia sedang booming saat ini. PDB Malaysia diperkirakan mencapai $634,98 miliar pada tahun 2028. Pertumbuhan ekonomi membuat lebih banyak konsumen bersedia membeli barang dari pasar online.

Pengiriman di Hari yang Sama

Banyak konsumen di Malaysia berbelanja online karena kenyamanannya. Dengan pengiriman di hari yang sama, produk yang mereka pesan dapat sampai dalam waktu 24 jam. Perusahaan yang menawarkan pengiriman di hari yang sama kepada pelanggan lebih berpeluang sukses di pasar e-commerce Malaysia.

Metode Pembayaran Digital

Terlihat juga bahwa banyak pengguna internet di Malaysia, terutama generasi muda, lebih memilih metode pembayaran digital. Sebagian besar perusahaan e-niaga menawarkan opsi pembayaran online yang cepat dan aman.

Kualitas Produk

Harga merupakan faktor penting dalam industri e-commerce Malaysia. Namun, konsumen lebih tertarik pada produk berkualitas tinggi dibandingkan harga lebih murah.

Konsumen yang Fleksibel

Konsumen Malaysia juga fleksibel saat mencoba produk baru. Mereka akan lebih tertarik pada produk yang menarik dan baru.

Berbelanja di Handphone

Sebagian besar pelanggan e-commerce di Malaysia menggunakan handphone mereka untuk berbelanja online. Mengoptimalkan aplikasi dan situs web untuk ponsel sangat penting agar bisnis dapat sukses di negara ini.

Peluang Bisnis Ekspor ke Pasar Malaysia

Ada banyak tren dan peluang e-commerce di Malaysia. Dengan populasi multikultural dan pertumbuhan ekonomi, Malaysia adalah negara yang tepat untuk mengembangkan bisnis online Anda. Namun ada beberapa pro dan kontra dalam mengembangkan bisnis Anda di Malaysia, yang akan dibahas berikut ini.

Keuntungan Ekspansi Bisnis ke Pasar Malaysia

pasar malaysia
Freepik/jcomp

Berikut beberapa keuntungan mengembangkan bisnis online Anda di Malaysia :

1. Ukuran Pasar: Keuntungan utama mengembangkan bisnis di Malaysia adalah jumlah penduduknya. Negara ini memiliki populasi 32,7 juta jiwa, yang sebagian besar memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan. Malaysia tidak memiliki hambatan budaya yang besar, karena masyarakat di sana hidup dalam harmoni. Ini memiliki pasar yang sangat besar dengan potensi pertumbuhan yang besar. Bisnis baru yang inginmelebarkan ekspansi di sana juga akan menemukan peluang yang menggiurkan.

2. Infrastruktur: Malaysia juga memiliki infrastruktur yang bagus dan pilihan logistik yang nyaman untuk bisnis. Biaya logistik di sana rendah, yang berarti peningkatan keuntungan bagi bisnis.

3. Kebijakan pemerintah: Pemerintah Malaysia menawarkan dukungan dan peluang besar bagi bisnis global yang ingin melakukan ekspansi di negara tersebut. Banyaknya pengurangan pajak dan kebijakan terbuka lainnya dapat memudahkan pendirian usaha di negara tersebut.

Tantangan Ekspansi Bisnis ke Pasar Malaysia

Ada juga beberapa tantangan yang mungkin harus dihadapi perusahaan ketika mencoba melakukan ekspansi di pasar e-commerce Malaysia:

1. Pergudangan dan Transportasi: Pengoperasian dan manajemen gudang bisa menjadi hal yang cukup sulit bagi bisnis baru di Malaysia. Karena konsumen Malaysia mengharapkan pengiriman pada hari yang sama untuk sebagian besar produk, akan sulit bagi bisnis baru untuk memenuhi permintaan pelanggan tanpa manajemen gudang dan pilihan transportasi yang tepat. Biaya logistik juga tinggi di Malaysia, sehingga dapat merugikan usaha kecil.

2. Masalah Keamanan Siber: Ancaman keamanan siber dan penipuan juga merupakan masalah besar bagi perusahaan e-commerce di Malaysia. Jika data pelanggan aman, konsumen akan mudah mempercayai perusahaan kembali.

Baca juga : Cara Ekspor Snack Indonesia ke Asia Tenggara

Mulai Ekspansi Produkmu ke Pasar Malaysia dengan Layanan AsiaCommerce

Bersama AsiaCommerce, Anda dapat dengan mudah dan aman memperluas jangkauan bisnismu ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara khususnya Malaysia.

AsiaCommerce hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnismu. Kami tidak hanya menyediakan layanan pengurusan bea cukai yang efisien, tetapi juga menangani semua aspek logistik untuk memastikan produk-produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.

AsiaCommerce juga membantu mencarikan calon pembeli potensial untuk produk Anda. Kami memahami pentingnya memiliki jaringan yang kuat di pasar asing, dan itulah mengapa kami siap membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang menjanjikan.Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu atau khawatir ketika hendak mengekspansi bisnismu ke Asia Tenggara. Segera klik di sini atau banner di bawah ini agar bisnismu bisa berekspansi sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments