Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Peluang Bisnis Ekspor Batik ke Amerika

by | Feb 3, 2024 | Ekspor

Indonesia adalah produsen batik terbesar di dunia. Selain memenuhi kebutuhan dalam negeri, batik juga diekspor ke berbagai negara di dunia. Beberapa negara yang menjadi pasar ekspor batik Indonesia antara lain Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan Australia. Negara-negara tersebut sangat menghargai batik Indonesia karena keindahan dan keunikan motifnya. Pada blog ini akan membahas tentang jenis batik yang diekspor, potensi dan peluang, tantangan ekspor batik, serta dokumen yang dibutuhkan untuk ekspor batik.

Produsen dan Jenis Kerajinan Batik yang Diekspor

ekspor batik
Indonesia Travel

Indonesia memiliki banyak jenis batik yang berasal dari berbagai daerah. Beberapa batik Indonesia yang terkenal diproduksi dari daerah seperti Solo, Jogja, Bali, Pekalongan, dan lain-lainnya. Setiap batik dari daerah tersebut juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda, seperti motif, warna, dan teknik pembuatannya. Ada beberapa jenis produk batik yang sering diekspor ke luar neger, di antaranya : 

1. Kemeja Batik

Kemeja batik merupakan salah satu produk batik yang banyak di ekspor keluar negeri. Ekspor jenis  kerajinan batik yang banyak di ekspor, salah satunya kemeja batik. Jenis produk yang satu ini banyak digunakan oleh masyarakat saat ada acara – acara formal dan penting, atau acara biasa, dan kegiatan sehari – hari saja.

2. Outer Batik

Selain kemeja, outer batik merupakan salah satu atasan yang juga digemari. Banyak orang menggunakan kemeja outer ini untuk keperluan acara formal maupun informal. Kerajinan batik berupa outer ini juga memiliki desain dan motif yang berbeda, tergantung dari siapa yang membuat dan menciptakannya.

3. Kain Batik

Selain dua komoditi diatas, kain batik atau kerajinan batik yang hanya lembaran kain ini juga menjadi salah satu komoditi ekspor yang banyak diminati oleh masyarakat luar negeri. Walaupun batik tidak memiliki bentuk pasti seperti dua komodi diatas, namun ekspor batik kain juga dapat dijahit untuk jadi pakaian, seperti baju, celana, outer, atau barang lainnya sesuai kegemaran. batik jadi lebih banyak variasi apabila kalian tipe orang yang suka design sendiri pakaian yang kalian gunakan. Bisa bervariatif dan tidak hanya itu-itu saja.

4. Produk Batik lainnya

Tidak hanya jenis produk diatas saja yang di ekspor keluar negeri, namun ada beberapa ekpor kerajinan batik lainnya yang dikiriminkan. Beberapa barang tersebut seperti, udeng, tas batik, celana batik, dompet batik, dan beberapa aksesoris bernuansa batik lainnya. Kerajinan dari bambu juga banyak di minati turis asing, kerajinan dari anyaman bambu banyak di kirim ke luar negeri. Ekspor anyaman bambu ke luar negeri menggunakan jasa Kilo.id lebih aman dan sampai lebih cepat. 

Baca juga : 9 Cara Mengekspor Barang ke Luar Negeri Untuk Pemula

Potensi dan Peluang Ekspor Batik ke Amerika

ekspor batik

Menurut data Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementerian Perindustrian, pada tahun 2021 Indonesia mengekspor batik senilai US$35,45 juta. Negara yang membeli batik Indonesia paling banyak adalah Amerika Serikat (AS), dengan nilai ekspor ke sana mencapai US$24,7 juta. Kita patut berbangga karena produk batik Indonesia merupakan budaya nasional dan warisan leluhur yang saat ini sudah mendunia dan menjadi produk batik yang paling terkenal di dunia. 

Apalagi saat ini bisa kita lihat banyak tokoh-tokoh dunia maupun tokoh negarawan maupun artis-artis papan atas dunia yang mulai sering mengenakan baju batik dalam forum internasional. Banyak pula para designer Internasional yang mulai merancang desain fashion kombinasi batik yang unique dan elegant dengan mengadopsi batik Indonesia dalam karya busana mereka.

Pengakuan warisan budaya disampaikan UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009, sehingga sejak saat itu Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia akan budaya batik nasional sehingga secara massif dan bersama-sama melestarikan dan melindungi kekayaan warisan budaya leluhur kita.

Sejak pengakuan dan penetapan UNESCO tentang batik Indonesia tersebut, permintaan batik Internasional semakin meningkat dari tahun ke tahun ditunjang dengan upaya pemerintah untuk terus mempromosikan batik secara masif di berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

Kenyataan ini tentu membuat peluang pasar fashion batik menjadi sangat menjanjikan dan terbuka lebar di kancah perdagangan global. Bahkan Industri batik menjadi salah satu sektor yang memiliki daya dongkrak besar yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional sehingga mendapatkan prioritas pengembangan yang serius oleh Kementrian Perindustrian.

Tantangan Ekspor Batik ke Amerika

Ditengah ramainya penggunaan fashion batik Indonesia di kalangan forum Internasional, maka penggunaan batik Indonesia menjadi sangat populer dan menjanjikan peluang pasar dan potensi ekonomi yang sangat besar.

Melihat potensi pasar yang besar tersebut, beberapa negara seperti Malaysia dan Tiongkok mulai menggarap komoditas batik menjadi komoditas ekspor mereka dan digarap secara serius dengan mengembangkan teknologi tercanggih di bidang manufacturing untuk memproduksi printing batik.

Tak tanggung tanggung mereka juga memproduksi batik Indonesia dengan meniru berbagai corak batik-batik khas Indonesia seperti Batik Tulis Solo, Batik Pekalongan, Batik Trusmi Cirebon, dan lain-lain. Proses produksi batik corak Indonesia dengan menggunakan mesin printing tercanggih tentu saja membuat hasil produksi lebih bagus, lebih cepat, dan tentu saja biaya produksi menjadi lebih murah sehingga mereka dapat menjual dengan harga yang lebih murah daripada harga dasar batik yang dikeluarkan oleh para pengrajin batik Indonesia.

Inilah kendala dan tantangan utama yang harus dihadapi oleh para produsen batik Indonesia. Meskipun begitu, corak dan ciri khas batik Indonesia tetap tidak bisa dikesampingkan. Terutama untuk batik tulis, tetaplah unggul dan tidak bisa ditiru oleh mesin printing secanggih apapun.

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Ekspor Batik

Bagi Anda yang yang ingin ekspor batik ke luar negeri, berikut dokumen – dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengiriman batik ke keluar negeri.

Invoice Packing List (IPL)

Untuk pengiriman keluar negeri, salah satu dokumen yang diperlukan untuk pengiriman adalah IPL atau invoice packing list. Dokumen ini berisi mengenai berapa banyak barang yang dikirimkan, barang yang akan dikirimkan apa saja, kemudia juga tertera harga barang. Tidak hanya itu juga terdapat berat actual dan berat dalam hitungan volume untuk barang yang akan dikirimkan. Dokumen yang satu ini biasanya nanti akan digunkan untuk proses custom clrearance atau proses masuk saat dibea cukai negara tujuan. Kemudian untuk harga barang yang tertera dalam invoice packing list ini, nantinya akan digunakan untuk menentukan berapa biaya clearance yang akan ditagihkan untuk pengiriman anyaman kerajinan batik.

Air Way Bill (AWB)

Dokumen kedua yang diperlukan untuk proses ekspor  batik adalah air way bill atau sering disebut sebagai awb. Dokumen yang satu ini adalah salah satu dokumen terpenting yang diperlukan untuk proses pengiriman. Air way bill ini berisi nama penerima, kontak penerima, dan alamat penerima. Tidak hanya itu saja air way bill juga berisi summary barang yang dikirimkan. Air Way Bill juga menampilkan nomor tracking atau nomor resi yang bisa digunakan untuk cek barang yang Anda kirimkan. Nomor tracking bisa Anda gunakan untuk cek barang yang dikirimkan, sudah dimana, dan sudah sampai proses clearance atau belum.

Bill of Lading (B/L)

Bill of Lading merupakan bukti pengiriman barang atau tanda terima yang dibuat oleh shipping company untuk eksportir. Dokumen Bill of Lading akan dikeluarkan setelah kapal berangkat dari Indonesia.

Dokumen Bill of Lading dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan barang. Dalam hal ini eksportir yang memegang dokumen bill of lading adalah pemilik barang yang disebutkan dalam dokumen tersebut.

Polis Asuransi

Polis Asuransi merupakan dokumen ekspor yang dikeluarkan perusahaan asuransi. Fungsi utama dari dokumen asuransi polis ini yaitu sebagai surat bukti untuk menjamin keselamatan atas barang ekspor yang dikirim atas permintaan eksportir atau importir.

Baca juga : Eksportir Wajib Tahu Dokumen Ekspor yang Harus Dipersiapkan

Solusi Aman dan Anti Ribet Ekspor Batik ke Amerika

Anda ingin ekspor produk ke luar negeri dengan aman dan tanpa ribet? Anda bisa menggunakan layanan ekspor dari AsiaCommerce.

AsiaCommerce hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnismu. Kami tidak hanya menyediakan layanan pengurusan bea cukai yang efisien, tetapi juga menangani semua aspek logistik untuk memastikan produk-produkmu sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.

AsiaCommerce juga membantu mencarikan calon pembeli potensial untuk produk Anda. Kami memahami pentingnya memiliki jaringan yang kuat di pasar asing, dan itulah mengapa kami siap membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang menjanjikan. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu atau khawatir ketika hendak mengekspansi bisnismu ke Asia Tenggara. Segera klik di sini atau banner di bawah ini agar bisnismu bisa ekspor produk Anda sekarang juga!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments