Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

10 Ide Bisnis Pasca Pandemi di Tahun 2023

by | Jun 17, 2020 | Tips & Strategi Bisnis

Diperbarui oleh Aviccena Izzul Wirawan pada 17 Februari 2023

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap sebagian besar bidang usaha. Tak sedikit bisnis yang awalnya meraup keuntungan besar, sekarang justru mengalami penurunan di masa pandemi. Ditambah lagi dengan adanya beberapa kebijakan, menuntut para pebisnis untuk memikirkan ulang strategi dalam menjalankan usahanya. Diperlukan inovasi dan kreatifitas untuk dapat bertahan dan melewati masa sulit ini, khususnya dalam berbisnis. Apalagi saat ini momentum yang bagus untuk memulai bisnis, karena kasus covid sudah menurun. Untuk itu, Ascomers perlu menerapkan ide bisnis yang tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumen tapi bisa bersaing dengan kompetitor yang menjalankan usaha serupa. Oleh karena itu, kami merekomendasikan 10+ ide bisnis pasca pandemi yang bisa Ascomers coba di tahun ini.

 

1. Camilan 

ide bisnis camilan

Ide bisnis pasca pandemi yang pertama adalah camilan. Usaha yang terdengar sangat umum, tetapi banyak hal baru yang bisa dieksplor agar bisnis camilan Ascomers berbeda dengan kompetitor lainnya. Jika diperhatikan, dari tahun ke tahun selalu ada saja camilan yang populer di pasaran. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bagi Ascomers yang tertarik dengan bisnis cemilan. Tidak harus dengan ide baru, Ascomers bisa menggunakan sistem ATM (amati, tiru, modifikasi) dalam menciptakan dan mengembangkan produk. Ada banyak contoh pengusaha sukses yang berawal dari bisnis camilan kecil-kecilan. Salah satu contohnya adalah Top Ittipat. Pengusaha asal Thailand ini berhasil menjadi milyarder muda lewat usaha cemilan rumput laut gorengnya, Tao Kae Noi. Kisah suksesnya tersebut juga diangkat menjadi sebuah film yang berjudul The Billionaire pada tahun 2011 silam.

 

2. Katering 

Ide bisnis pasca pandemi yang kedua adalah katering. Usaha ini pastinya sudah sering kita jumpai dan untuk memulai bisnis katering memerlukan keahlian khusus dalam memasak makanan agar tersaji sesuai pesanan dan selera pelanggan. Jika Ascomers sendiri atau ada keluarga yang ahli dalam memasak, kamu bisa mencoba bisnis yang satu ini. Apabila bisnis katering sudah mulai dikenal, bukan tidak mungkin katering yang Ascomers jalankan akan mendapat rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya. Dari testimoni kepuasan pelanggan itulah bisnis katering akan semakin berkembang dan dikenal luas.

 

3. Hidroponik 

Ide bisnis pasca pandemi yang selanjutnya yaitu hidroponik. Luas tanah yang terbatas bukan menjadi halangan untuk memulai bisnis ini, hidroponik bisa dilakukan di lahan yang sempit. Selain ramah lingkungan, hidroponik bisa mempercantik lahan sekitar dan sekaligus menjadi ladang bisnis, khususnya pada hidroponik sayur-sayuran. Pasalnya, dengan metode hidroponik, sayuran yang dihasilkan akan lebih bergizi dan dan lezat. Hasil panennya bisa kamu jual ke pasar, menjadi supplier untuk warung makan, dan lain sebagainya.

 

4. Buket Bunga atau Snack

Saat ini, bisnis buket gift tengah berkembang di Indonesia. Beberapa orang menggunakan buket sebagai bentuk ucapan selamat maupun belasungkawa. Ascomers pasti juga sering melihat buket yang berisi bunga atau jajanan untuk gift acara wisuda maupun pernikahan. Untuk memulai bisnis ini, Ascomers harus terlebih target pasar terlebih dahulu. Misalnya apakah saat ini sedang musimnya perayaan wisuda atau pesta pernikahan. Selanjutnya, Ascomers bisa mulai menentukan lokasi bisnis, kerja sama dengan pemasok bunga, jasa antar, dan sebagainya. 

 

5. Desain Grafis 

Profesi sebagai desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Hasil kerjanya pun tidak terbatas hanya untuk media cetak saja, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis membutuhkan keahlian atau skill yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak. Ada beberapa software yang sering digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Saat ini juga banyak sekali video pembelajaran untuk menggunakan beberapa software tersebut. Hal yang perlu kamu persiapkan adalah portofolio design atau hasil karya yang dipamerkan agar calon konsumen bisa melihat kualitas dari design yang kamu buat. 

Baca juga : Bisnis Menguntungkan di Tahun 2023

 

6. Fotografer dan Videografer 

Fotografi dan videografi termasuk salah satu bidang yang diperlukan, baik untuk dokumentasi hingga pembuatan media pemasaran. Apalagi di zaman media sosial seperti saat ini. Tingginya kebutuhan konten visual yang memanjakan mata menjadi alasan. Sebagaian besar industri saat ini memang digeluti oleh para profesional. Namun, tidak ada salahnya bagi pemula untuk ikut terjuan dan memulainya dari nol. Sudah banyak panduan belajar tentang fotografi dan videografi yang bisa Ascomers temukan. 

 

7. Pembuatan Konten

pembuatan konten

Tak banyak bisnis yang memiliki pegawai khusus untuk menangani pemasaran melalui konten media sosial. Karena biasanya semua itu dikerjakan oleh pemiliki bisnis itu sendiri. Di situlah peluang yang bisa kalian ambil sebagai penyedia jasa pembuatan konten. Tidak hanya sekedar upload foto dan membuat caption, seorang penyedia jasa pembuatan konten media sosial juga harus memahami konten visual baik foto maupun video, penulisan informasinya melalui konten media sosial. Ascomers bisa belajar dari brand-brand besar yang sudah sering membuat konten untuk media pemasarannya. Dan tak lupa juga lakukan riset agar konten yang kamu buat bisa menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan.

 

8. Blogger 

Apakah Ascomers hobi menulis? Ini bisa jadi kesempatan besar buat kamu untuk memulai bisnis sebagai blogger. Bisnis yang satu ini sudah mulai masuk perhitungan budget marketing oleh beberapa perusahaan besar. Untuk menjadi seorang blogger profesional memang memerlukan pengalaman yang banyak. Jadi, kamu bisa mulai dengan memperbanyak referensi dan menulis artiket dengan berbagai topik untuk melatih kemampuan menulismu.

 

9. Freelance Content Writer 

Satu ide bisnis pasca pandemi di bidang menulis, yaitu freelance content writer. Di era informasi saat ini, semakin banyak agensi atau perusahaan yang membutuhkan artikel untuk dimuat di laman mereka. Dari sini, Ascomers bisa menawarkan jasa menulis artikel kepada perusahaan yang membutuhkan. Selain itu, pekerjaan ini juga hanya membutuhkan peralatan yang simple, seperti laptop dan koneksi internet. Terlebih sudah banyak platform tersedia untuk Ascomers bisa manfaatkan untuk menawarkan jasa.

 

10. Reseller dan Dropshipper

Reseller termasuk bisnis yang minim modal, kamu dapat membeli stok produk dengan harga murah lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Banyak bisnis yang menawarkan program reseller kemudian kita dapat menjualnya di channel kita sendiri, baik menggunakan media sosial seperti instagram dan tiktok ataupun whatsapp. Sedangkan dropshipper adalah bisnis yang menjual produk orang lain tapi kita tidak perlu menyediakan stok sendiri. Kamu cukup menawarkan produk orang lain ke calon pembeli, setelah melakukan transaksi maka pihak penjual yang akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pelanggan, dan tentunya produk yang dikirim menggunakan nama toko kita sendiri.

 

Nah itu dia 10 ide bisnis pasca pandemi di tahun 2023 untuk sobat Ascomers. Yuk join AsiaCommerce sebagai reseller! Di AsiaCommerce, kamu akan dibimbing bagaimana langkah-langkah sukses dalam menjual produk dari supplier terpercaya. Kamu juga bisa memulai bisnis sebagai reseller bersama AsiaCommerce dengan cara mendownload aplikasi di Android atau iOS dan juga bisa melakukan Konsultasi Gratis dengan chat ke Customer Support Whatsapp kami.

join reseller

Bisnis Menguntungkan di Tahun 2023

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments